3 Langkah Praktis Cara Membuat Kutek Sendiri dengan Bahan Rumahan
Makeup

3 Langkah Praktis Cara Membuat Kutek Sendiri dengan Bahan Rumahan

Buat kamu yang belum memahami cara membuat kutek sendiri, sini Marsha spill! Kamu juga bisa memilih warna sesuai dengan keinginan dan gaya penampilanmu.

Tips Praktis Cara Membuat Kutek dengan Pilihan Warna

Bagian pertama dari cara membuat kutek sendiri adalah menyiapkan alat dan juga bahan–bahannya.

Bahan dan Alat Membuat Kutek

Sebelum mulai pada cara pembuatannya, kamu harus menyiapkan bahan–bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kutek sendiri ini. Untuk itu, siapkan bahan dan alat berupa: 

  • Pewarna makanan sesuai dengan pilihanmu

  • Bedak tabur untuk bayi

  • Tempat membuat adonan kutek

  • Wadah penyimpanan dengan tutup yang rapat

  • Cotton bud atau kuas kecil

Setelah menyiapkan alat dan bahan tersebut maka Kamu bisa menuju ke langkah berikutnya.

Proses Pembuatan Kutek DIY

cara membuat kutek sendiri

Proyek kutek DIY atau Do It Yourself untuk menghasilkan kutek buatan sendiri ini bisa menghasilkan kutek sesuai dengan warna keinginanmu. Adapun cara buat kutek kuku yang harus Kamu lakukan adalah sebagai berikut: 

Langkah yang pertama adalah menyiapkan wadah untuk membuat adonan kutek. Pilih wadah sesuai dengan volume atau jumlah kutek yang ingin Kamu buat. Siapkan wadah berukuran kecil jika Kamu ingin membuat kutek dalam volume yang juga kecil.

Masukkan 8 hingga 10 tetes pewarna makanan dengan pilihan warna yang sudah Kamu rencanakan. Kemudian masukkan bedak bayi tabung dengan volume yang disesuaikan dengan cairan pewarna makanan yang digunakan. Aduk adonan ini hingga merata dan memiliki konsistensi yang cukup kental. 

Untuk memperoleh volume kutek yang lebih banyak Kamu bisa menggunakan pewarna makanan dalam jumlah yang lebih banyak dan memasukkan bedak tabur dengan volume yang juga lebih banyak. Semakin kental adonan kutek ini maka warna yang dihasilkan juga akan semakin kuat atau pekat.

Setelah mengental makakutek buatan sendiri ini sudah bisa digunakan. Simpan dalam wadah yang rapat agar tidak mengering jika nanti akan digunakan lagi. Simpan di tempat yang kering dan sejuk serta tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Penggunaan Kutek Buatan Sendiri

cara membuat kutek sendiri

Langkah penggunaan kutek buatan sendiri ini sama seperti penggunaan kutek buatan pabrik pada umumnya. Buka wadah penyimpanan kutek dan ambil kutek dengan menggunakan cotton bud atau kuas kutek berukuran kecil.

Kemudian oleskan ke permukaan kuku yang ingin diwarnai. Oleskan hingga merata sesuai dengan keinginan. Biarkan kutek yang sudah melekat pada kuku hingga mengering secara alami. Proses ini bisa membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Hindarkan kuku yang sudah diwarnai dari goresan ataupun terkena cairan.

Setelah kutek mengering maka kuku dapat dibilas menggunakan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan sisa pewarna yang tidak melekat pada kuku. Warna kutek yang sudah meresap pada kukumu akan tertinggal dan menghasilkan warna sesuai dengan pilihanmu.

Itulah 3 langkah dari cara membuat kutek kuku yang bisa Marshalova lakukan sendiri di rumah. Kutek buatan sendiri ini umumnya tidak memiliki daya lekat sekuat kutek pabrikan, namun kutek ini juga jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Kamu bisa membuat kutek dengan beragam warna dan mengganti warna kuku sesuka hati dengan kutek buatan sendiri ini

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.