4 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Ketombe Basah dan Ketombe Kering
Hair

4 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Ketombe Basah dan Ketombe Kering

Ketombe basah dan ketombe kering sering menjadi permasalahan kaum perempuan, karena hal tersebut sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu banyak perempuan yang mencari produk khusus mengatasi ketombe, supaya rambut mereka tetap sehat dan terawat. Karena tampilan rambut juga menjadi penentu kepribadian, misal ketika keadaannya berketombe maka kita akan dinilai jorok. 

Sedangkan ketika rambut kamu sehat dan bebas dari ketombe, maka orang akan menganggap bahwa kamu sangat menjaga kebersihan. Untuk itu sangat dianjurkan menjaga kebersihan rambut, supaya kamu tetap percaya diri ketika akan beraktivitas di luar.

Ketahui Penyebab dari Ketombe Basah dan Ketombe Kering Berikut

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketombe, baik menyerang kaum anak laki-laki atau perempuan. Hal tersebut biasanya akan ditimbulkan oleh beberapa faktor, baik dari jarang keramas atau sering terkena paparan debu dan polusi udara. 

Oleh karena itu kamu harus rajin berkeramas, serta gunakan produk perawatan rambut yang tepat. Karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya ketombe, dan rambut akan tetap sehat berkilau. Semua rangkaian produknya juga murah, serta dapat kamu temukan dimana saja. 

Ketombe juga dapat mengotori pakaian, terutama saat kamu menggosok rambut maka serpihannya akan beterbangan. Namun kamu juga harus mempelajari penyebab ketombe, supaya kedepannya nanti dapat tahu cara penanganannya. Permasalahan ketombe basah bau, juga banyak dialami oleh remaja dan orang dewasa.

Masalah ketombe sendiri dibagi menjadi 2 yaitu basah dan kering, tetapi penanganan dari ketombe basah jauh lebih rumit daripada yang kering. Oleh karena itu kita akan membahas beberapa penyebab, serta pencegahannya di bawah ini.

Baca juga:4 Cara Tepat Atasi Masalah Ketombe yang Tak Kunjung Sembuh

Apa Penyebab Ketombe di Rambut?

Hal tersebut karena adanya penumpukan minyak alami yang berlebihan, dan menempel di rambut dengan waktu yang lama. Sehingga ketika kamu terlalu banyak beraktivitas di luar, maka rambut akan mudah mengalami ketombe. Ciri ketombe basah biasanya, ditandai dengan rasa gatal di rambut.

Cara Mengatasi Masalah Ketombe Basah dan Kering

Setelah kita membahas pengertiannya, maka berikutnya adalah bagaimana cara pencegahannya yang tepat. Untuk kamu yang penasaran dengan ulasannya, maka wajib menyimak bacaan di bawah.

1. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Ketombe basah dan ketombe kering

Sangat dianjurkan untuk menggunakan shampo yang sesuai, karena memilih produk sembarangan justru dapat menimbulkan masalah ketombe. Selain itu kamu dapat memilih shampo yang mempunyai formula ringan, serta menggunakan bahan organik. Menggunakan produk shampo yang sesuai juga dapat mencegah kerusakan kulit, serta membantu kamu dalam mengontrol produksi minyak yang berlebih, ya.

2. Rajin Mencuci Rambut dengan Teratur

Ketombe basah dan ketombe kering

Masalah ketombe biasanya disebabkan oleh minyak yang berlebih, dan dapat membuat kepalamu terasa gatal. Sehingga kamu sangat dianjurkan untuk mencuci rambut, biasanya hal ini sebagai jalan efektif ketika akan mengatasi masalah ketombe. Karena mencuci rambut juga dapat mengurangi tumpukan sel kulit mati, dan mencegah produksi minyak yang berlebihan. Rekomendasi shampo untuk menghilangkan ketombe basah, dapat kamu lihat melalui aplikasi online ya.

3. Rutin Menyisir Rambut

Ketombe basah dan ketombe kering

Ketika kamu akan menyisir rambut, maka pilihlah sisir yang dapat memijat kulit kepala. Karena hal tersebut dapat membersihkan rambut dari kotoran, serta sangat bagus dalam menyehatkan sirkulasi darah. Kamu dapat memijatnya secara perlahan dan rutin, langkah ini juga dianggap sebagai cara alami mengatasi ketombe ya Girls.

Baca juga:Cultusia Creambath untuk Rambut Rontok dan Ketombe Worth It, Nyesel Ga Pake!

4. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Ketombe basah dan ketombe kering

Ketika kadar minyak di rambut kamu terlalu berlebihan, maka harus menggunakan produk perawatan yang sesuai. Karena pilihan produk yang sembarangan, dapat menjadi faktor utama munculnya ketombe di rambut. Ketika kamu tidak membilas bersih rambut sehabis keramas, maka kadar minyak akan cepat menumpuk dan akhirnya terjadi masalah ketombe.

Itulah beberapa hal mengenai ketombe basah dan ketombe kering, kamu dapat membaca artikel di atas ketika akan mengatasinya dengan tepat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.