4 Cara Ampuh Menghilangkan Milia di Wajah, Tepat dan Cepat
Skincare

4 Cara Ampuh Menghilangkan Milia di Wajah, Tepat dan Cepat

Punya bintik-bintik putih kecil di wajah terutama di sekitar dahi, bawah mata, dan pipi? Itu namanya milia! Mungkin banyak dari kamu yang kurang familiar dengan milia dan menganggap bintik-bintik kecil tersebut adalah whiteheads. Perawatan milia tentu saja berbeda dengan whiteheads karena milia tidak semudah itu untuk dihilangkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan di wajah? Tenang aja, Girls! Marsha Beauty akan rangkum 4 cara menghilangkan milia secara alami yang tepat dan cepat. 

Apa Itu Milia?

Mungkin kamu pernah dengar kata milia, tapi tidak familiar dengannya. Milia bukan nama orang ya, Girls. Apalagi nama pacarnya Dilan. Milia merupakan suatu kondisi pada wajah yang umum ditemukan pada semua usia tak terkecuali balita berupa bintik-bintik kecil berwarna putih dan biasanya muncul di area bawah mata dan pipi.

Milia sebenarnya bukan masalah serius. Milia biasanya terbentuk ketika kulit mengelupas. Milia merupakan keratin yang terperangkap di bawah kulit. Milia bisa disebabkan karena pemakaian pelembap yang terlalu tebal. Biasanya milia timbul di sekitar bawah mata disebabkan karena kulit area bawah mata terlalu tipis, sehingga ketika menggunakan pelembap terlalu tebal, maka produk akan terperangkap di bawah kulit dan menimbulkan milia.

Cara Menghilangkan Milia

Jika sudah mengetahui kalau bintik-bintik di bawah wajahmu itu adalah milia, kamu harus segera mengatasinya. Sebenarnya, kalau kamu rutin dan konsisten merawat kulit dengan menggunakan skincare, dengan produk yang betul-betul sesuai dengan jenis kulit, masalah milia ini pasti bisa teratasi dengan baik. Bahkan, milia tidak akan timbul di wajahmu.

Namun, kalau sudah terlanjur timbul milia, kamu harus melakukan 4 cara ini supaya milia segera hilang:

Gentle Exfoliation

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan milia adalah dengan melakukan gentle exfoliation. Seperti yang sudah Marsha Beauty sebutkan di atas bahwa milia disebabkan karena terperangkapnya keratin dan sel kulit mati di bawah kulit. Sehingga, kamu butuh eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan segala macam kotoran yang menyumbat pori-pori serta menghilangkan keratin yang terperangkap tersebut.

Cara menghilangkan milia di wajah yang paling ampuh adalah dengan chemical exfoliation menggunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, dan PHA. Melakukan eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari, melainkan cukup 2-3 kali dalam seminggu.

Selain chemical exfoliation, tentunya kamu bisa melakukan physical exfoliation dengan bahan-bahan yang ada di rumah sebagai cara menghilangkan milia secara alami. Kamu bisa gunakan kopi sebagai scrub wajah untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Selain mengangkat sel-sel kulit mati, kopi juga bisa mencerahkan wajah, lho!

Menggunakan Eye Cream

Cara menghilangkan milia di bawah mata adalah dengan menggunakan eye cream atau pelembap khusus mata. Karena kulit di area bawah mata lebih tipis dibandingkan kulit wajah, maka menggunakan pelembap yang terlalu tebal bisa menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya milia.

Lebih baik gunakan eye cream yang memang ditujukan untuk perawatan mata karena eye cream sudah diformulasikan untuk area mata sehingga lebih ringan, cepat meresap, dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya bisa sekaligus melembapkan, mencerahkan dark circle, menyamarkan kantung mata, dan menghilangkan kerutan halus.

Menggunakan Retinol

Retinol merupakan bahan aktif yang dapat mempercepat regenerasi kulit, sehingga penggunaan retinol bisa membantu menggantikan sel kulit yang terdapat milia dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan halus.

Namun, retinol baru boleh digunakan untuk kamu yang berusia 20 tahun ke atas. Retinol juga cukup digunakan satu hingga dua kali dalam seminggu saat malam hari. Kalau kamu belum terbiasa menggunakan retinol, kamu bisa gunakan produk yang mengandung retinol dengan persentase rendah terlebih dahulu.

Melakukan Ekstraksi Milia

Cara menghilangkan milia di wajah yang satu ini dilakukan oleh tenaga profesional di klinik kecantikan yang memang menyediakan perawatan khusus untuk menghilangkan milia. Perawatan ini dilakukan dengan mengekstraksi milia sehingga bintik-bintik putih tersebut dapat hilang sepenuhnya dan tekstur kulit kembali halus. Cara ini adalah yang paling cepat dan ampuh karena ditangani dokter yang ahli di bidangnya. Tentunya kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk perawatan ini. 

Nah, itulah 4 cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan milia di wajah. Asal rutin dan konsisten melakukan perawatan, semua masalah kulit pasti bisa teratasi dengan baik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.