4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah PIE (Post Inflammatory Erythema), Nomor 3 Manjur Banget!
Skincare

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah PIE (Post Inflammatory Erythema), Nomor 3 Manjur Banget!

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang paling banyak dialami oleh sebagian besar orang, baik itu pria maupun wanita. Kulit yang berjerawat bisa menjadi permasalahan yang serius karena seringkali jerawat meradang dan kemerahan, sehingga menimbulkan bekas yang tak kunjung hilang. Sudah susah-susah menghilangkan jerawatnya, eh bekas jerawatnya tetap nggak mau minggat dari wajah.  Biasanya, jerawat yang meradang akan meninggalkan bekas jerawat yang kemerahan dan menghasilkan bopeng yang disebut dengan Post Inflammatory Erythema (PIE). cara menghilangkan bekas jerawat PIE ini cukup sulit karena membutuhkan perawatan wajah dengan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bekas kemerahannya. Lalu, apa sih PIE itu dan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat merah PIE? Yuk, simak ulasan berikut ini lebih lanjut!

Apa Itu PIE?

PIE merupakan kepanjangan dari Post Inflammatory Erythema yang merupakan keadaan dimana saat kulitmu berjerawat yang disertai dengan peradangan, peradangan ini akan menimbulkan bekas jerawat yang berwarna merah keunguan. Biasanya, bekas jerawat PIE ini terjadi jika kamu berjerawat parah hingga satu muka. 

Biasanya PIE lebih jelas terlihat pada kulit yang cerah dan cenderung putih. Pada tipe kulit sawo matang atau cenderung tan, PIE ini tidak akan terlihat terlalu jelas. Pada kulit yang sawo matang, PIE akan terlihat berwarna kecokelatan dan lebih gelap. Post Inflammatory Erythema ditandai dengan rasa perih, sakit, dan cekat-cekit. 

Penyebab PIE

Timbulnya bekas jerawat yang kemerahan tidak semerta-merta karena jerawat saja, tapi ada juga beberapa penyebab lainnya, seperti:

Peradangan Parah

Salah satu struktur dari kulit manusia adalah adanya kapiler darah. Ketika terjadi peradangan kulit akibat jerawat, kapiler darah yang dekat dengan permukaan kulit akan pecah, sehingga menyebabkan permukaan kulit terlihat kemerahan. Penyebab utama dari PIE ini adalah jerawat yang meradang, terutama jika jerawat yang muncul merupakan cystic acne atau jerawat batu. Semakin parah peradangan yang terjadi, maka akan semakin parah juga bekas jerawat yang dihasilkan.

Durasi Berjerawat yang Panjang

Penyebab PIE kedua adalah durasi munculnya jerawat. Jika jerawat yang muncul di wajah tidak segera ditangani dengan menggunakan berbagai bentuk perawatan wajah, maka durasi kulitmu berjerawat akan semakin lama. Semakin lama durasinya, maka durasi peradangan juga akan lebih lama. Bila durasi peradangan semakin panjang, maka kemungkinan terjadinya PIE akan akan semakin besar.

Memencet Jerawat

Penyebab PIE yang ketiga ini adalah yang paling umum dilakukan oleh orang-orang yang sedang berjerawat. Saat kulit sedang berjerawat rasanya tangan gatal untuk memencet jerawat supaya jerawat cepat hilang. Padahal, memencet jerawat sembarangan justru akan menimbulkan bekas yang lebih parah dan mungkin bisa memicu timbulnya jerawat baru. 

Saat memencet jerawat, kapiler darah yang dekat dengan permukaan kulit tentu saja akan pecah. Makanya, kamu akan berdarah saat memencet jerawat. Kapiler darah yang sudah pecah ini akan membuat kulit terlihat kemerahan dan menimbulkan bekas berupa PIE.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

Kalau kamu sudah mengetahui apa saja penyebab PIE, kamu juga perlu memahami bagaimana cara mencegah timbulnya PIE setelah kulitmu berjerawat dan meradang. Selain itu, kalau kamu telah mengalami peradangan jerawat yang cukup parah dan terjadi di seluruh bagian wajah, ikuti 4 cara menghilangkan bekas jerawat PIE berikut ini supaya wajahmu tetap bersih dan mulus.

  1. Selalu Ingat untuk Menggunakan Sunscreen

cara menghilangkan bekas jerawat merah pie

Kalau kamu sedang berjerawat, usahakan untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi hari dan diaplikasikan ulang setiap minimal 2 jam sekali. Tidak menggunakan sunscreen akan membuat kulitmu mudah mengalami kerusakan yang lebih parah akibat radiasi sinar UV.

Saat kulit sedang berjerawat dan terkena radiasi sinar UV, maka kulitmu hanya akan semakin rusak dan semakin rusak lagi. Peradangan yang terjadi pun akan semakin parah. Ujung-ujungnya, PIE yang terjadi juga semakin parah. Oleh karena itu, penting banget untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari menggunakan payung atau topi saat sinar matahari sedang terik. 

  1. Rawat Jerawat dengan Cepat dan Tepat

cara menghilangkan bekas jerawat merah pie

Cara untuk mencegah terjadinya PIE adalah dengan segera merawat jerawat dengan tepat dan cepat. Saat mulai merasa akan timbul jerawat, kamu bisa cegah supaya jerawat tersebut tidak jadi muncul dengan mengoleskan obat totol jerawat. Jangan biarkan jerawat sampai parah dulu baru kamu gunakan perawatan wajah karena akan lebih sulit untuk mengobati jerawat tersebut. 

Jika sudah timbul jerawat yang masih baru, kamu bisa gunakan produk perawatan dengan kandungan yang bersifat anti inflamasi untuk mencegah terjadinya peradangan dan mencegah timbulnya PIE.

  1. Jangan Memencet Jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat merah pie

Tidak lain tidak bukan, cara yang paling ampuh untuk mencegah timbulnya PIE adalah dengan tidak memencet jerawat sembarangan. Seperti yang sudah Marsha Beauty jelaskan tadi, bahwa memencet jerawat menyebabkan pecahnya kapiler darah, sehingga meninggalkan bekas jerawat yang kemerahan. Jika kamu tidak memencet jerawat, maka sangat besar kemungkinan untuk tidak terjadi PIE. 

Jika jerawatmu sudah matang dan kamu sudah tidak sabar supaya jerawat tersebut cepat hilang, lebih baik kamu gunakan pimple patch atau langsung pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan penangan profesional. 

  1. Menggunakan Skincare dengan Kandungan yang Tepat

cara menghilangkan bekas jerawat merah pie

Untuk mencegah dan menghilangkan PIE, kamu butuh produk perawatan yang dapat memperbaiki skin barrier karena PIE terjadi setelah kulit berjerawat dan kulit yang berjerawat menandakan rusaknya skin barrier. Selain mencari produk perawatan yang dapat merawat skin barrier, kamu juga harus mencari kandungan atau bahan-bahan yang bersifat anti inflamasi dan untuk mencegah terjadinya peradangan akibat jerawat yang menyebabkan timbulnya PIE.

Bahan-bahan skincare yang ampuh untuk memperbaiki skin barrier antara lain, Niacinamide, Fatty Acid, dan Ceramide. Selain itu, ada pula bahan-bahan yang bersifat anti inflamasi yang ampuh untuk menghilangkan PIE, yaitu Azelaic Acid, Green Tea, Allantoin, dan Panthenol.

Itu dia penyebab PIE dan 4 cara ampuh untuk menghilangkannya. Jangan suka pencet-pencet jerawat lagi ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.