4 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Alami Selain Skincare
Skincare

4 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Alami Selain Skincare

Seiring dengan bertambahnya usia, garis halus dan kerutan mulai terbentuk di bawah mata. Meskipun fenomena ini sebenarnya bukanlah tanda masalah kesehatan yang serius, keduanya sebenarnya menunjukkan bahwa kulit sudah menua dan produksi kolagen mulai berkurang. Masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan produk skincare anti-aging, Marshalova. Akan tetapi, ternyata masih ada cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami yang juga bisa kamu coba, lho!

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Alami

Seperti yang sudah disinggung, produk skincare anti-aging bisa jadi pilihan cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cepat. Produk tersebut biasanya tersedia sebagai eye cream dengan kandungan bahan seperti retinoid atau retinol, hyaluron acid, dan vitamin C. 

Selain itu, kamu juga bisa coba cara menghilangkan kerutan di bawah mata lainnya tanpa harus bergantung pada produk skincare. Kalau begitu, apa saja ya caranya? Cek daftar dan penjelasannya berikut ini, yuk!

Coba Lakukan Facial Massage

cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami

Kalau kerutan di bawah matamu masih terbilang minim, kamu bisa lakukan cara ini dengan bantuan ahli, Marshalova. Cara yang satu ini dilakukan untuk bantu menstimulasi aliran darah hingga mengempiskan area sekeliling mata yang puffy.

Cara ini bisa kamu lakukan sambil meng-apply eye cream. Caranya keluarkan eye cream secukupnya ke jari manis, kemudian tepuk-tepuk krim perlahan dan pijat dari sisi luar ke arah dalam pada bagian bawah mata. Cara ini juga bisa bantu kulit menyerap eye cream dengan lebih baik, lho!

Rutin Pakai Sunscreen Setiap Hari

cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami

Selain menghilangkan kerutan di bawah mata, kamu juga perlu lakukan tindakan pencegahan. Dan salah satu cara yang perlu kamu coba adalah selalu menggunakan sunscreen atau sunblock setiap hari, bahkan saat kamu sedang tidak beraktivitas di luar ruangan sekalipun.

Terapkan Pola Makan Sehat

cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami

Menjaga kulit terhidrasi adalah salah satu kunci penting kulit kencang bebas garis halus maupun kerutan, termasuk kerutan di bawah mata. Oleh karena itu, mengubah pola makan jadi lebih sehat akan memberikan dampak yang luar biasa pada kulitmu, termasuk kulit di bawah mata.

Cara termudah untuk menerapkan pola makan sehat adalah mengonsumsi makanan berwarna pelangi, yang merupakan kombinasi berbagai sayur dan buah dengan warna-warni beragam. Selain itu, pastikan asupan makanan tinggi omega seperti alpukat, walnut, dan ikan salmon untuk menjaga kesehatan skin barrier dan hidrasi kulit.

Ubah Gaya Hidup

cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami

Pola makan sehat pasti juga berkaitan erat dengan gaya hidup sehat. Karena itu, kamu juga perlu terapkan gaya hidup yang lebih baik, salah satunya dengan menghindari kebiasaan penyebab kulit bermasalah. Contohnya konsumsi minuman beralkohol, yang sebenarnya bisa menyebabkan inflamasi dan dehidrasi, yang kemudian menyebabkan kulit jadi kering sehingga garis halus dan kerutan jadi lebih mudah muncul.

Kebiasaan lain yang juga perlu kamu jauhi adalah merokok. Dilansir dari Byrdie, asap rokok adalah karsinogen – penyebab kanker – yang merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit. Selain itu, asap rokok juga bisa menghalangi aliran darah segar yang kaya oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, yang kemudian membuat tampilan kulit jadi kusam selayaknya warna kulit para perokok pada umumnya.

Itu dia 4 cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami yang bisa kamu coba sendiri. Untuk hasil maksimal, kamu bisa lakukan bersamaan dengan penggunaan produk skincare yang tepat. Selamat mencoba, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.