4 Cara Tepat Atasi Masalah Ketombe yang Tak Kunjung Sembuh
Hair

4 Cara Tepat Atasi Masalah Ketombe yang Tak Kunjung Sembuh

Ketombe yang tak kunjung sembuh menjadi salah satu permasalahan yang harus diselesaikan supaya nanti kamu lebih percaya diri. Masalah seperti itu sangat mengganggu penampilan, terutama saat akan berkencan atau berkumpul bersama teman.

Oleh karena itu, buat kamu yang mengalami masalah tersebut, segera cari cara menghilangkannya. Ketika kamu menggunakan produk yang tidak cocok dengan rambut, justru hal tersebut menjadi shampo penyebab ketombe.

Biasanya kendala ketombe disebabkan oleh beberapa faktor seperti jarang berkeramas, sering diikat sebelum kering, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui cara perawatan rambut yang benar, supaya terhindar dari permasalahan ketombe.

Mengapa Masalah Ketombe Yang Tak Kunjung Sembuh?

Telah menjadi masalah yang umum, bahkan lebih dari 50% populasi di seluruh dunia. Biasanya ketombe muncul karena kulit kepala yang berminyak atau karena mikroba malassezia globosa. Namun tenang saja, karena masalah ketombe tidak akan menular.

Di bawah akan ada pembahasan mengenai penyebab serta cara mengatasinya. Sehingga dapat kamu simak baik-baik.

1. Kulit Kepala yang Berminyak

Ketombe yang tak kunjung sembuh

Ketika kepala kamu menghasilkan minyak yang berlebihan, maka ketombe akan mudah timbul. Sehingga nanti akan menyebabkan kepala menjadi gatal-gatal, karena banyaknya debu ketombe yang menempel.

Namun dapat kamu atasi dengan shampo khusus ketombe, selanjutnya hindari stress. Karena masalah ketombe juga dapat hadir dan dipicu dari hormon stress.

Baca juga:Kandungan Natur Hair Tonic Ginseng dari Berbagai Bahan Alami, Cocok untuk Rambu Rontok!

2. Karena Kulit Kepala yang Kering

Ketombe yang tak kunjung sembuh

Hal tersebut dapat terjadi karena suhu udara yang terlalu dingin, sehingga sedikit demi sedikit akan terkelupas dan menimbulkan ketombe. Tanda dari masalah ini biasanya kulit kepala terasa tegang,

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan shampo yang ada kandungan kondisionernya. Hindari menggunakan perawatan rambut, yang menggunakan suhu panas berlebih. Produk shampo untuk ketombe dan rambut rontok sering dicari karena permasalahan seperti ini umum terjadi.

3. Disebabkan Oleh Infeksi Jamur Malassezia Globosa

Ketombe yang tak kunjung sembuh

Salah satu bakteri yang dapat menghasilkan asam oleat, sehingga nanti akan menimbulkan ketombe di kulit kepala. Namun kamu harus tetap hati-hati, meskipun ketombe tidak menular.

Cara Mengatasi Ketombe

Selanjutnya untuk cara menghilangkan tergantung dari penyebabnya. Sehingga berikut ulasan lengkapnya.

1. Untuk Kulit Kepala Kering

Cara mengatasinya yaitu dengan hindari keramas menggunakan air panas, atau dengan shampo anti-ketombe. Produk yang direkomendasikan adalah Head & Shoulder Supreme Moisture, karena memiliki kandungan 10x moisturizer.

Sehingga dapat memberikan perlindungan anti ketombe, dan mengatasi secara tuntas. Selain itu juga kandungan argan oilnya dapat melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan.

2. Untuk Kulit Kepala Berminyak

Dapat dengan cara memilih shampo anti fungal, bakteri, serta ketombe. Untuk produknya dapat, menggunakan Head & Shoulder varian lemon. Karena mampu membasmi ketombe hingga tuntas, dan mengurangi produksi sebum berlebih.

Selain itu, dapat memberikan aroma yang tahan lama dan menyegarkan. Sehingga sangat cocok kamu gunakan untuk masalah ketombe. Namun jangan terlalu sering keramas, minimal 3x seminggu saja.

3. Sisir Rambut Setiap Hari dengan Baik

Langkah yang selanjutnya yaitu rajin menyisir karena hal tersebut dapat mengurangi ketombe. Serta membantu kamu dalam pengelupasan kulit kepala secara alami, lalu akan berdampak ke peredaran darah yang lancar. Lebih baik ketika kamu menyisir sebelum keramas, sehingga akan membantu efektivitas shampo yang digunakan.

Baca juga:Rekomendasi Produk Serum Rambut Kering, Mana Nih Favorit Kamu?

4. Batasi untuk Perawatan Rambut

Ketika kamu akan mengurangi masalah ketombe, maka kurangi melakukan perawatan rambut yang panas. Contohnya seperti hair dryer atau yang lainnya. Karena terlalu sering menggunakan alat tersebut, justru akan menyebabkan ketombe. Untuk rekomendasi shampo anti ketombe terbaik bisa kamu manfaatkan juga.

Itulah beberapa cara yang tepat untuk mengatasi masalah ketombe, kamu dapat membacanya secara teliti dan seksama. Sehingga nanti akan lebih tahu mengenai mengapa ketombe yang tak kunjung sembuh, dan paham cara mengatasinya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.