4 Jenis Makanan yang Ampuh untuk Menghilangkan Jerawat, Pejuang Jerawat Wajib Konsumsi!
Lifestyle

4 Jenis Makanan yang Ampuh untuk Menghilangkan Jerawat, Pejuang Jerawat Wajib Konsumsi!

Lelah karena terus-terusan berjerawat? Padahal, sudah pakai berbagai skincare dan treatment tapi jerawat enggak mau hilang. Nah, kamu harus cross check lagi penyebab timbulnya jerawat di wajahmu. Salah satu penyebab jerawat di wajah adalah karena pola hidup yang enggak sehat. Banyak jenis makanan yang menyebabkan jerawat yang mungkin sering kamu konsumsi. Berikut ini Marsha Beauty akan mengulas jenis-jenis makanan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dengan harga murah dan mudah didapat. Keep scrolling!

Penyebab Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Jerawat ditandakan dengan timbulnya benjolan berwarna kemerahan. Jerawat enggak cuma ada di wajah saja, tapi juga di bagian tubuh lainnya seperti punggung atau dada. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, yaitu produksi sebum dan keratin berlebih, infeksi bakteri penyebab jerawat, pori-pori tersumbat, dan pengaruh hormon.

Bukan hanya itu, pola hidup juga menjadi salah satu faktor utama penyebab jerawat. Kebiasaan makan sembarangan bisa memicu timbulnya jerawat lebih banyak. Mungkin kamu enggak sadar kalau makanan favoritmu adalah makanan yang menyebabkan jerawat.

Karbohidrat Olahan

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. Sumber karbohidrat bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, ubi, singkong, gandum, dan yang lainnya. Namun, jenis karbohidrat olahan seperti roti, pasta, sereal, dan olahan tepung lainnya bisa memicu timbulnya jerawat.

Karbohidrat olahan mengandung Glycemic Index yang tinggi yang bisa meningkatkan gula darah dan insulin. Insulin bisa memicu aktivitas hormon androgen yang bisa membuat regenerasi kulit lebih cepat yang mengakibatkan produksi sebum berlebih. Sebum yang berlebih adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Olahan Susu

Mungkin banyak dari kamu yang timbul jerawat setelah minum atau makan produk olahan susu, seperti susu sapi, yogurt, whey protein, atau keju. Produk olahan susu akan menstimulasi produksi IGF-1 (Insulin-like Growth Factor) dapat memperparah kondisi jerawat. 

Bukan berarti kamu enggak bisa minum atau makan produk olahan susu lagi, tapi kamu cukup mengurangi konsumsinya dan hindari mengonsumsi produk olahan susu yang memberikan pengaruh paling besar terhadap jerawatmu.

Makanan Cepat Saji

Sudah enggak heran lagi kalau makanan cepat saji menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh , makanan cepat saji berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan cepat saji mengandung kadar gula yang tinggi yang bisa mempengaruhi hormon penyebab jerawat. Kurangi konsumsi makanan cepat saji, ya!

Makanan untuk Menghilangkan Jerawat

Setelah kamu mengetahui makanan apa saja yang bisa memicu timbulnya jerawat, kamu harus hindari mengonsumsi makanan tersebut dari sekarang. Dengan begitu, kulit kamu akan jauh lebih sehat tanpa adanya jerawat. Kalau jerawat enggak muncul, bekasnya juga pasti enggak tertinggal di wajah. Nah, sekarang Marsha mau kasih tahu makanan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah.

Ubi

Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi juga memiliki manfaat lain untuk kulit, lho. Ubi memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi. Vitamin A bermanfaat sebagai anti inflamasi dan memperkuat skin barrier. Selain itu, Vitamin A juga bisa mempercepat regenerasi kulit sehingga cepat menghilangkan bekas jerawat. Ubi juga bisa mengoptimalkan perlindungan kulit dari sinar UV. Ubi juga bisa meningkatkan hidrasi kulit, sehingga membuat kulitmu tetap lembap.

Kamu bisa makan ubi dengan jenis olahan apapun, seperti di rebus, kukus, atau panggang. Kamu bisa ganti nasi menjadi ubi. Selain rasanya yang manis, harga ubi juga sangat murah. Enggak butuh keluar uang banyak untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas jerawat.

Pepaya

Buah ini punya seribu manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Pepaya mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B, dan tinggi serat serta antioksidan. Kandungan vitamin dan mineral dalam pepaya bisa membantu mencerahkan kulit, memperbaiki skin barrier, mencegah timbulnya jerawat dan memudarkan bekasnya. Selain itu, pepaya mengandung enzim papain yang bisa mengurangi garis halus dan memudarkan noda hitam di wajah. 

Pepaya jadi salah satu buah yang umum di Indonesia. Harganya murah, rasanya enak, dan banyak dijual di mana-mana. Jangan lupa stok buah ini di rumah, ya!

Wortel

Mungkin kamu sudah tahu kalau wortel mengandung Vitamin A atau beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain untuk kesehatan mata, wortel  juga bermanfaat untuk mengurangi inflamasi kulit, mempercepat regenerasi kulit, melawan bakteri penyebab jerawat, dan memperkuat barrier kulit.  

Kamu bisa membuat resep sayuran dengan tambahan wortel atau mengolahnya menjadi jus. Si oren ini emang paling keren, deh!

Tomat

Hayo, tomat itu buah atau sayur? Mau itu buah atau sayur, tomat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Tomat kaya akan antioksidan, Vitamin C, serta Vitamin A yang bisa menangkal radikal bebas, menghidrasi kulit, mencerahkan wajah, dan berperan sebagai anti kanker. Vitamin C pada kulit bisa meningkatkan produksi kolagen yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat.

Banyak yang menggunakan tomat sebagai masker wajah alami. Namun, sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan pengaruh pemakaian tomat secara langsung ke kulit. Lebih baik kamu konsumsi tomat dengan cara di jus atau dimakan langsung. 

Nah, itu dia jenis-jenis makanan yang bisa menghilangkan jerawat. Kalau kamu punya resep khusus dalam mengolah makanan di atas, share di kolom komentar, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.