4 Penyebab Bibir Hitam yang Sering Dilakukan, Stop Yuk dari Sekarang!
Skincare

4 Penyebab Bibir Hitam yang Sering Dilakukan, Stop Yuk dari Sekarang!

Punya bibir yang cerah, sehat, lembap, dan berwarna merah muda enggak cuma bikin percaya diri, tapi juga jadi bisa tampil stylish dengan warna lipstick apapun. Bibir gelap dan pucat suka bikin risih karena susah banget cari lipstick pigmented yang bisa menutupi kegelapan di bibir. Mungkin saja kebiasan yang sering kamu lakukan jadi faktor penyebab bibirmu hitam dan gelap. Ini dia 4 penyebab bibir hitam dan cara mengatasinya.

Penyebab Bibir Hitam

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan bibir menggelap dan jadi hitam! Cek berikut ini!

Tidak Pakai Sunscreen

Penyebab bibir kamu semakin hitam dan gelap adalah karena sering terpapar sinar matahari. Pasti kamu sudah tahu bahwa sinar matahari itu berdampak buruk kepada kesehatan kulit. Kulit bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang terkena dampak buruk sinar matahari. 

Jika kulit bibir sering terpapar sinar matahari, maka produksi melanin atau pigmen kulit akan meningkat sehingga menyebabkan kulit bibir menggelap. Oleh karena itu, penting banget untuk menggunakan sunscreen pada bibir. Kamu bisa menggunakan lipbalm yang ada kandungan SPF-nya sehingga bibir kamu tetap lembap dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Merokok

Duh, kebiasaan buruk yang satu ini bisa berakibat fatal bagi banyak hal, lho. Bukan cuma berdampak terhadap kesehatan tubuh, tapi merokok juga memberikan dampak negatif terhadap kulit. Merokok bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap karena kandungan nikotin dalam tembakau bisa meningkatkan produksi melanin. Makanya, seorang perokok akan terlihat dari bibirnya yang gelap. Say no to smoke!

Sering Minum Kafein

Mana, nih, pecinta kopi dan teh di sini? Apalagi sekarang lagi tren minuman kopi kekinian, setiap hari jadi jajan kopi deh. Minum kopi, teh, atau minuman lainnya yang mengandung kafein terlalu sering dapat membuat bibir jadi hitam, lho. Kafein merupakan zat diuretik yang bisa bikin kamu dehidrasi karena terlalu sering buang air kecil. Dengan begitu, kulit bibir akan kering, pecah-pecah, dan menggelap. Coba kurangi minum kafein dan beralih dengan memperbanyak minum air putih.

Menggunakan Lipstick Kedaluwarsa

Menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa bisa memberikan dampak negatif bagi kulit. Makeup kedaluwarsa menjadi sarang bakteri dan jamur penyebab kulit iritasi, breakout, dan meradang. Jika kamu menggunakan lipstick yang kedaluwarsa, hal tersebut bisa membuat bibir menghitam, panas, dan gatal. Segara buang dan jangan gunakan makeup itu lagi ya!

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Untuk mengatasi bibir yang gelap dan menghitam, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Menggunakan Lip Care

Bibir juga perlu dirawat karena kulit bibir lebih tipis dibandingkan kulit tubuh dan wajah. Kulit bibir juga enggak ada kelenjar minyak dan rambut halus sehingga lebih cepat kering. Oleh karena itu, perlu banget merawat bibir supaya lebih lembap dan cerah dengan menggunakan lip balm yang ada kandungan SPF atau menggunakan lip serum. Kurangi penggunaan produk bibir dengan hasil akhir matte karena akan membuat bibir semakin kering. Setelah ber-makeup, pastikan kamu menghapus bersih lipstick yang kamu gunakan supaya enggak bikin bibir gelap.

Minum Air Putih yang Cukup

Kunci bibir yang lembap adalah dengan banyak minum air putih. Air putih memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kulit, seperti melembapkan, mencerahkan, dan bisa menangkal radikal bebas. Usahakan minum air putih 8 gelas sehari supaya kulit tetap terhidrasi.

Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi bibir secara rutin sangat penting agar sel kulit mati terangkat dan bibir tampak lebih cerah serta halus. Kamu bisa gunakan lip scrub yang dijual di pasaran atau membuat lip scrub-mu sendiri dengan bahan alami seperti campuran madu dan gula. 

Itu dia 4 kesalahan yang mungkin sering dilakukan sehingga menyebabkan bibirmu hitam dan gelap. Ikuti cara di atas untuk mendapatkan bibir yang lebih cerah dan sehat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.