5 Bahan Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Diwaspadai
Skincare

5 Bahan Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Diwaspadai

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi terutama pada remaja di usia belasan. Marshalova mungkin juga mengalami masalah dengan jerawat dan berusaha terbebas dari masalah tersebut. Mengetahui makanan penyebab jerawat bisa sangat membantumu mengelola menu makan agar mengurangi resiko timbulnya jerawat.

Hubungan Makanan dan Jerawat

Jerawat muncul karena adanya infeksi setelah terjadi penyumbatan pada pori–pori akibat sebum yang diproduksi oleh kulit dan kotoran yang menempel. Kamu yang memiliki kulit berminyak berarti memiliki produksi sebum tinggi sehingga lebih rawan mengalami masalah jerawat. Produksi sebum atau minyak alami yang dihasilkan kelenjar di bawah kulit ternyata dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi. 

Hal inilah yang membuat makanan memiliki hubungan erat dengan kemunculan jerawat. Menghindari makanan yang menyebabkan jerawat bisa menjadi bagian dari rencana untuk bebas dari masalah tersebut.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat, Stop Mulai Sekarang

Beberapa Makanan Penyebab Jerawat, Kurang-kurangin, Girls!

Berikut ini beberapa makanan penyebab jerawat yang sebaiknya kamu hindari atau kurangi konsumsinya agar menurunkan resiko tumbuhnya jerawat baru. 

Susu dan Produk Olahan Susu

makanan penyebab jerawat

Susu merupakan sumber nutrisi yang sehat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan pertumbuhan. Namun konsumsi susu dan produk olahan susu yang berlebih bisa meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat. Susu memiliki kandungan lemak dan protein tinggi serta bisa memicu produksi hormon insulin serta IGF-1 yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. 

Produksi hormon insulin ini akan semakin tinggi jika kamu mengkonsumsi produk olahan susu dengan kandungan gula yang tinggi. Hal ini menyebabkan susu dan produk olahannya masuk dalam daftar makanan memicu jerawat yang sebaiknya kamu atur konsumsinya dengan teliti.

Cokelat

makanan penyebab jerawat

Cokelat merupakan makanan yang enak dan sangat banyak penggemarnya. Hanya saja kamu yang memiliki masalah jerawat sebaiknya menghindari atau mengurangi makanan dengan bahan ini. 

Cokelat bisa memicu peningkatan protein interleukin yang terlepas. Baik itu interleukin-1B dan interleukin-10 yang sama–sama memudahkan bakteri penyebab jerawat menginfeksi dan tumbuh di permukaan kulit. 

Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat, Aman & Ampuh!

Makanan Dengan Indeks Glikemik Tinggi

makanan penyebab jerawat

Indeks glimemik tinggi merupakan tanda bahwa bahan makanan tersebut memiliki kandungan gula atau glukosa yang tinggi. Beberapa jenis makanan yang sangat umum kita konsumsi seperti nasi putih, soda, minuman kemasan, permen dan mie merupakan makanan dengan nilai indeks glikemik yang tinggi. 

Kandungan gula dan karbohidrat tinggi akan memicu produksi insulin yang meningkat dan juga hormon lain yang meningkatkan produksi minyak. Semakin tinggi produksi minyak maka resiko munculnya jerawat juga semakin tinggi.

Fast Food

makanan penyebab jerawat

Kebanyakan produk–produk fast food atau makanan cepat saji memiliki kandungan gula, garam serta memiliki kalori yang tinggi. Kombinasi itulah yang membuat jenis makanan ini memiliki efek serupa dengan bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi. 

Makanan cepat saji yang digoreng juga merupakan makanan penyebab timbulnya jerawat karena memiliki peran meningkatkan produksi minyak di kelenjar kulit. Produksi sebum yang meningkat juga meningkatkan resiko Kamu memiliki kulit yang berjerawat.

Baca Juga: Apa Itu Sebum Minyak Alami Wajah yang Sering Dikira Penyebab Jerawat

Omega-6

makanan penyebab jerawat

Makanan dengan kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi seperti kedelai, jagung dan kacang–kacangan juga bisa berkontribusi besar meningkatkan resikomu terkena masalah jerawat. 

Kelebihan asupan makanan dengan kandungan omega-6 ini akan semakin membawa dampak buruk jika kamu kekurangan asupan omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki kontribusi mengurangi peradangan sehingga kekurangan asupan nutrisi tersebut bisa membuat jerawatmu meradang lebih lama.

Itulah 5 bahan makanan penyebab jerawat yang sebaiknya Marshalova waspadai dan kelola konsumsinya. Punya wajah mulus bebas masalah jerawat? Pasti bisa kalau kamu merawatnya dengan baik, menjaga asupan nutrisi dan menjalani pola hidup sehat. Siap Girls?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.