5 Bahaya Mandi Malam Hari dengan Menggunakan Air Dingin, Waspada!
Lifestyle

5 Bahaya Mandi Malam Hari dengan Menggunakan Air Dingin, Waspada!

Bahaya mandi malam hari bisa membuat kamu terserang berbagai penyakit. Terkadang terdapat beberapa kondisi yang memaksa kamu untuk mandi meskipun hari sudah malam.

Padahal terdapat beberapa efek samping mandi malam untuk kesehatan. Sebagian besar orang tidak menganjurkan untuk mandi saat malam hari. Kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan hal tidak baik untuk kesehatan. Sejumlah penyakit pun sering dihubungkan dengan bahaya dari mandi malam. Untuk itu berikut ini penyakit yang sering dikaitkan menjadi risiko mandi malam hari yang perlu Marshalova ketahui.

Bahaya Mandi Malam Hari Menggunakan Air Dingin

Meskipun bisa menjadi peningkat kualitas tidur, namun bahaya bisa saja kamu rasakan apabila sering dilakukan. Terlebih lagi jika kamu mandi malam hari memakai air dingin.

Bukan hanya itu saja, bahaya mandi pada malam hari juga dapat terjadi pada seseorang yang mempunyai kondisi medis tertentu. Bisa juga tidak memperhatikan suhu air serta udara yang dipakai. Nah, untuk itu berikut ini bahaya mandi malam hari.

Baca juga:5 Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Alami dan Efektif

Peradangan Sendi

Untuk bahaya yang pertama biasa dikenal dengan rematik atau peradangan pada sendi. Penyakit autoimun tersebut bisa membuat kamu merasa nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Untuk penyebabnya sendiri belum jelas, akan tetapi jika menurut para ahli kesehatan. Penyakit tersebut diakibatkan karena adanya kelainan genetik. Biasanya yang diserang yaitu orang-orang yang produktif.

Meskipun termasuk penyakit yang tidak berbahaya, namun kamu akan merasa kurang nyaman ketika rasa sakit itu menyerang Apabila tidak mau merasakan penyakit tersebut. Sebaiknya kamu mandi malam memakai air hangat. Hal tersebut bisa membantu dalam menyembuhkan rematik sera bisa membuat tidur kamu lebih lelap.

Hidung Meler

Tentunya kamu pernah mengalami hidung meler atau lendir secara terus menerus keluar ketika malam hari. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan terlalu sering mandi saat malam hari.

Dalam hal tersebut juga bisa terjadi karena tubuh yang seharusnya melakukan istirahat justru disiram dengan memakai air dingin. Maka suhu tubuh akan mengalami kenaikan bahkan bisa juga menjadi demam. Apabila hal tersebut tidak ingin terjadi, maka lebih baik mandi memakai air hangat.

Nyeri Otot

Bahaya mandi malam hari selanjutnya bisa membuat nyeri otot. Keadaan tersebut dapat terjadi dikarenakan air dingin masuk ke dalam tubuh dengan melewati pro-pori. Sehingga air yang masuk tadi akan menyebabkan otot nyeri.

Asam Urat

Efek samping mandi malam juga dikaitkan dengan serangan asam urat. Sebenarnya penyakit tersebut terjadi dikarenakan mengkonsumsi terlalu banyak zat purin pada tubuh. Maka kadar asam urat akan mengalami peningkatan. Bukan hanya itu saja, hal tersebut juga bisa mengakibatkan ginjal tidak dapat menampung atau membuang zattersbeut.

Apabila kamu tidak ingin merasakan asam urat. Sebaiknya mulai sekarang kamu mengurangi kebiasaan mandi di malam hari dengan menggunakan air dingin. Juga tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin.

Baca juga:Kenali Jenis Jerawat yang Boleh Dipencet dan Cara Aman Memencetnya

Risiko Hipotermia

Hipotermia sendiri merupakan keadaan ketika suhu tubuh menurun sampai di bawah 35 derajat C karena keadaan sedang dingin, basah, atau berangin. Pada umumnya, suhu udara saat malam hari akan terasa lebih dingin serta lembab daripada siang hari. Sehingga hal tersebut, bisa menjadi salah satu dampak buruk mandi malam hari memakai air dingin.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa keadaan hipotermia dapat ditandai dengan tubuh menggigil, gemetar dan bibir membiru, kulit pucat, sampai detak jantung meningkat. Keadaan tersebut biasanya rentan terjadi pada usia bayi, anak kecil, serta lanjut usia. Jika keadaan tersebut kamu abaikan, maka bisa membuat tubuh mengalami kehilangan energi banyak, pingsan, sampai dengan bisa mengakibatkan kematian.

Nah, itu tadi beberapa bahaya mandi malam hari dengan memakai air dingin. Maka sebisa mungkin saat mandi di malam hari menggunakan air hangat dan jangan dijadikan sebuah kebiasaan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.