5 Cara Memilih Shade Bedak agar Finishing Lebih Flawless
Makeup

5 Cara Memilih Shade Bedak agar Finishing Lebih Flawless

Bedak jadi produk make up yang akan membuat riasanmu kian sempurna. Sayangnya tak semua wanita tahu cara memilih shade bedak dengan benar. Meski sederhana, kesalahan pemilihan shade bedak bisa membuat wajah jadi belang. 

Jika kamu memilih bedak yang tepat, tak hanya wajahmu jadi lebih cerah, riasanmu juga jadi lebih flawless. Supaya hasilnya kian maksimal, kamu bisa ikuti panduan memilih shade bedak berikut ini ya. 

Panduan dan Cara Memilih Shade Bedak 

1. Ketahui Warna Kulit 

Mengetahui warna kulit sendiri akan membantumu menemukan shade bedak yang tepat. Kalau kulitmu punya warna putih atau cenderung pucat, gunakan bedak dengan shade pink. Sedangkan untuk kulit kuning langsat, bedak dengan shade warna krem akan jadi pilihan tepat. 

Cara lainnya adalah melihat jenis undertone kulit, kamu bisa melihat urat nadi yang ada di tangan. Jika warnanya kehijauan, maka termasuk undertone warm. Kalau warnanya kebiruan, masuk dalam kategori cool undertone. Jika diantara keduanya, termasuk neutral undertone. 

2. Pilih Warna Bedak yang Dekat dengan Warna Kulit 

Cara memilih warna bedak yang sesuai dengan warna kulit kadang memang tricky. Jika kamu kesulitan melihat warna kulit, kamu bisa pilih shade bedak yang paling mendekati tone warna kulitmu. Usahakan pilih warna yang tak terlalu gelap atau terang, sehingga hasilnya terlihat lebih natural. 

Langkah ini bisa kamu lakukan jika brand bedak pilihanmu memiliki varian shade yang beragam. Jika mereka hanya punya sedikit shade dan variannya terlihat kontras dengan kulitmu, kamu bisa pertimbangkan untuk mencoba brand lain. 

3. Coba di Pipi, Rahang, atau Leher

Alih-alih memoleskannya di pergelangan tangan, kamu bisa mencoba langsung bagaimana warna shade bedak pilihanmu di rahang, leher atau pipi. Tapi ingat, karena mencobanya di wajah sendiri, pakailah puff atau sponge pribadi. 

Ini karena sponge atau puff yang ada di toko kosmetik biasanya sudah digunakan banyak orang. Jika kulitmu sensitif, pemakaian alat rias bekas orang lain akan memberikan dampak buruk pada wajah. Kamu juga bisa menggunakan jari jika tak membawa puff sendiri. 

4. Pilih yang Bisa Memantulkan Cahaya 

Cara memilih shade bedak selanjutnya adalah memperhatikan efek bedak tersebut setelah digunakan. Shade yang tepat akan membuat wajahmu terlihat lebih cerah dan glowing. Walaupun finishing-nya matte, namun shade bedak yang sesuai warna kulitmu bisa memantulkan cahaya dengan baik. 

Kamu tak perlu khawatir riasanmu jadi berlebihan, efek glitter pada bedak hanya sedikit. Kilau yang didapatkan tak hanya dari shade yang kamu pilih, tapi juga pantulan dari cahaya yang mengenai wajahmu. 

5. Pilih Sesuai Jenis Kulit 

Setelah menemukan shade bedak yang sesuai dengan warna kulitmu, kamu bisa memilih bedak yang sesuai jenis kulitmu. Ini merupakan tips menggunakan bedak yang tak boleh kamu lupakan. Jenis kulit akan mempengaruhi hasil bedak yang kamu aplikasikan. 

Misalnya, jika wajahmu berminyak, gunakan bedak tabur untuk hasil yang matte. Berbeda kalau kulitmu cenderung kering, kamu bisa gunakan bedak yang punya kandungan moisturizer. Pemilik kulit normal bisa lebih tenang karena bebas memilih jenis bedak tanpa takut riasan gampang luntur. 

Cara Memakai Bedak dengan Benar 

Sekarang kamu sudah siap mengaplikasikan bedak sebagai finishing make up. Jangan sampai bedak yang bagus hasilnya malah tak maksimal karena salah pemakaian. Caranya dengan mempersiapkan wajah dengan memakai pelembap, sunscreen, foundation, atau concealer. 

Selanjutnya kamu bisa pulaskan bedak pada wajah, ingat untuk tak mengaplikasikan terlalu tebal karena rentan membuat wajah berminyak. Daripada memakai spons, kamu bisa gunakan kuas untuk pengaplikasian bedak yang lebih merata. 

Sekarang sudah tahu kan cara memilih shade bedak yang benar? Jadi jangan sampai salah lagi ya, girls.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.