5 Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Cepat Tanpa Efek Samping
Skincare

5 Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Marshalova, tahukah kamu kalau cara memutihkan kulit wajah tak hanya soal kecantikan saja? Soalnya, kulit putih dan cerah juga berhubungan dengan kesehatan. Malah, kulit cerah adalah salah satu tanda kulit yang sehat.

Akan tetapi, beberapa kebiasaan yang mungkin kamu punya kemudian membuat kulitmu jadi terlihat kusam. Untungnya, kamu bisa coba beberapa cara memutihkan kulit wajah agar kembali cerah tanpa harus langsung datang ke beauty clinic, lho!

Baca Juga: Kaya Bahan Aktif Terbaik, Ini 5 Serum Wardah untuk Memutihkan Wajah!

5 Tips Memutihkan Kulit Wajah dengan Aman

Berikut ini, Marsha Beauty akan bagikan 5 tips untuk membuat kulitmu kembali cerah dan sehat dari para pakar kecantikan dan dermatologis. Apa saja tipsnya?

1. Rutin cuci muka dengan menyeluruh

cara memutihkan kulit wajah

Kunci utama untuk kulit cerah adalah membersihkan wajah secara menyeluruh. Dengan begitu, kotoran seperti debu, minyak, dan polusi yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam pun bisa terangkat dan enyah.

Idealnya, cucilah wajah 2 kali sehari pada waktu pagi dan malam. Sambil meratakan sabun ke wajah, gunakan jari-jarimu untuk memijat wajahmu dalam gerakan memutar dengan lembut. Arah putaran yang paling dianjurkan adalah dari dalam ke luar, ya.

2. Eksfoliasi adalah harus

cara memutihkan kulit wajah

Eksfoliasi atau exfoliate merupakan proses untuk mengangkat dan menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati agar permukaan kulitmu kembali terasa lebih lembut dan tentunya terlihat makin bersih serta cerah. 

Kamu bisa pakai physical exfoliator seperti face scrub, atau chemical exfoliator seperti serum eksfoliasi atau face peel. Buat kamu yang punya kulit kering dan/atau sensitif, batasi penggunaan eksfoliator seminggu sekali saja. Untuk jenis kulit lainnya, kamu bisa eksfoliasi 2-3 kali seminggu.

Baca Juga: Ini 5 Serum Merk Korea untuk Mencerahkan Wajah, Bikin Kamu Jadi Eonnie Korea!

3. Hidrasi dan lindungi kulitmu

cara memutihkan kulit wajah

Agar kulit cerahmu kembali, pelembab jadi produk skincare wajib untuk kamu. Untuk kebutuhan ini, kamu perlu gunakan pelembab yang bersifat menghidrasi agar kandungan air di bawah permukaan kulitmu selalu terjaga. Dengan begitu, risiko kulit dehidrasi yang bisa sebabkan kulit jadi kusam pun berkurang.

4. Pilih skincare dengan kandungan bahan pencerah

cara memutihkan kulit wajah

Pada produk skincare seperti serum dan pelembab, kamu bisa cari produk yang mengandung bahan-bahan pencerah (brightening) atau yang meratakan warna kulit (skin tone-evening) dengan bahan aktif seperti:

  • Vitamin C, yang mengandung antioksidan untuk mencerahkan kulit dengan cara menghalangi enzim yang memproduksi pigmen penyebab kulit gelap maupun bintik-bintik hitam.

  • Niacinamide, yaitu salah satu jenis vitamin B3 yang bisa memperlambat produksi pigmen sehingga bisa memudarkan noda-noda hitam pada kulit wajah.

Gunakan produk dengan bahan pencerah kulit yang cocok dengan jenis serta kondisi kulitmu secara rutin setiap hari. Efeknya sendiri bisa kamu lihat dalam beberapa minggu, namun ada juga yang hasilnya baru kelihatan setelah 2-3 bulan.

5. Rutin melembabkan kulit

cara memutihkan kulit wajah

Kata siapa pelembab alias moisturizer hanya bisa dipakai kalau kulit sedang kering saja? Dan kata siapa pelembab tidak bisa dipakai oleh kamu yang punya kulit berminyak?

Krim atau lotion pelembab adalah skincare wajib untuk mencerahkan kulit dan harus digunakan secara rutin setiap hari, minimal pada waktu pagi dan malam hari. Penggunaan pelembab di malam hari juga berfungsi untuk mengembalikan hidrasi kulit.

Pilihlah jenis pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu. Misalnya, kamu bisa pilih pelembab yang lebih kental dan “berat” untuk kulit keringmu, atau pelembab yang teksturnya lebih ringan dan mudah menyerap untuk kulit berminyak.

Kalau kamu memakai face oil atau serum, aplikasikan pelembab sebagai langkah terakhir ritual skincare-mu (atau langkah kedua terakhir untuk skincare pagi sebelum sunscreen). Tujuannya adalah untuk mengunci kelembaban pada kulit.

Itulah 5 cara memutihkan kulit wajah agar kulit wajahmu kembali cerah tanpa resiko efek samping atau perawatan khusus. Selamat mencoba!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.