5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas Sesuai dengan Penyebabnya
Skincare

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas Sesuai dengan Penyebabnya

Kulit wajah mengelupas sebenarnya kondisi yang wajar sebagai respons dari regenerasi sel. Akan tetapi, dalam beberapa kasus kulit mengelupas disertai rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal, iritasi kemerahan, dan kulit kering. Kondisi ini pun pada akhirnya berujung mengurangi rasa percaya diri. 

Kulit mengelupas yang berlangsung secara tidak normal juga mengganggu kebutuhan menggunakan make up. Memaksakan mengaplikasikan riasan kiranya juga malah membuat kondisi kulit makin parah. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah kulit yang mengelupas dan perih ini? Marshalova tidak perlu khawatir. Berikut ini Marsha Beauty rangkum beberapa cara yang sebaiknya kamu coba.

Baca Juga: Kulit Wajah Mengelupas Karena Perawatan 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Solusi dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas Sesuai Penyebabnya

Agar masalah kulit yang mengelupas tidak berlarut-larut kamu harus melakukan perawatan sesuai dengan penyebab kemunculannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba lengkap dengan penyebabnya.

Mengaplikasikan Pelembab pada Wajah

kulit wajah mengelupas

Kulit mengelupas dapat disebabkan karena kulit kering. Salah satu cara mengatasi kulit mengelupas karena kulit kering yaitu dengan mengaplikasikan pelembab sesuai jenis kulit. 

Utamakan memilih pelembab wajah bebas kandungan pewangi ataupun minyak yang hanya akan membuat kulit semakin terasa kering. Oleskan pelembab secara rutin, terutama selesai mencuci wajah seperlu mengunci kelembaban kulit lebih lama.

Menghindari Penggunaan Skincare dengan Kandungan Tertentu

kulit wajah mengelupas

Jika kamu sedang bermasalah dengan kulit mengelupas dan perih karena kulit kering, baiknya kamu menghindari penggunaan skincare dengan kandungan tertentu. Kandungan yang dimaksud diantaranya AHA (Alpha Hydroxy Acid), Benzoyl Peroxide, dan Retinoid.

Sabun wajah dengan kandungan parfum dan bersiat antibakteri juga harus dihindari. Penggunaan face wash dengan kandungan tersebut hanya akan membuat kondisi kulit semakin kering dan lebih berisiko mengalami pengelupasan abnormal.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Rutin Perawatan Eksfoliasi Wajah

kulit wajah mengelupas

Secara alami benar kulit akan mengelupas dengan sendirinya. Di mana sel kulit mati akan digantikan dengan sel kulit baru. Sayangnya sel kulit mati bisa jadi menempel di permukaan kulit yang menyebabkan kulit wajah kamu terlihat mengelupas. Penyebab kulit wajah mengelupas ini perlu diatasi dengan rutin perawatan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. 

Eksfoliasi bisa dilakukan sendiri di rumah misal menggunakan produk scrub wajah. Alternatif lainnya kamu dapat memanfaatkan handuk lembut yang digosok-gosokkan pada kulit secara perlahan. Pastikan sebelumnya kamu membasuh wajah dengan air hangat agar sel kulit mati lebih mudah terangkat.

Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

kulit wajah mengelupas

Kurangnya asupan cairan tubuh juga dapat menyebabkan kulit kering yang berujung pada kulit mengelupas. Bila ini sebabnya, maka kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit terhidrasi dan memiliki kelembaban cukup.

Setiap harinya dianjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas air putih. Kebutuhan cairan tubuh ini bisa pula kamu penuhi dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya air seperti semangka, melon, mentimun, atau lainnya.

Berkonsultasi dengan Dokter Ahli

kulit wajah mengelupas

Ada kalanya kulit mengelupas disebabkan karena faktor yang belum diketahui. Jika demikian, sudah seharusnya kamu melakukan konsultasi dengan dokter ahli agar mendapat informasi akurat dan solusi terbaik.

Salah satu penyebab kulit mengelupas yang perlu diwaspadai misalnya dermatitis atopik atau psoriasis. Untuk kondisi ini dokter akan meresepkan krim oles khusus. Penyebab lainnya bisa juga karena adanya infeksi jamur yang umumnya bisa diobati dengan antibiotik.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih. Ada baiknya kamu mencari tahu penyebab kulit wajah mengelupas terlebih dulu agar bisa mendapatkan cara terbaik untuk hasil efektif.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.