5 Cara Pilih Warna Foundation Sesuai dengan Kulit, Jangan Sampai Salah
Makeup

5 Cara Pilih Warna Foundation Sesuai dengan Kulit, Jangan Sampai Salah

Salah satu cara wanita mempercantik diri adalah menggunakan makeup. Produk makeup yang sering digunakan untuk mempercantik diri adalah foundation atau alas bedak. Produk make up ini sangat berguna untuk membuat kulit wajah menjadi tampak sempurna. Nah, bagaimana cara pilih warna foundation sesuai dengan jenis kulit? Yuk simak! 

Baca juga: Foundation Wardah untuk Kulit Sawo Matang Apa Saja Sih? Cek di Sini!

5 Cara Pilih Warna Foundation Sesuai dengan Kulit, Jangan Sampai Salah! 

Dengan menggunakan foundation semua kekurangan pada kulit wajah. Seperti bintik-bintik hitam dan noda bekas jerawat bisa tertutupi. Karena foundation termasuk penting bagi wanita, maka jangan sampai salah memilih. Foundation kini hadir dengan berbagai shade atau warna yang beragam guna memenuhi kebutuhan kulit yang beragam. 

Permasalahanya tidak semua orang tahu cara memilih foundation dengan benar. Karena berdasarkan penelitian, terdapat 15 persen orang saja yang dapat menemukan warna foundation yang benar-benar sesuai kulitnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas bagaimana cara pilih warna foundation yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

1. Mengenali Warna Dasar Kulit 

Cara memilih warna foundation yang pertama adalah dengan mengetahui warna dasar kulit atau skintone. Kebanyakan orang Indonesia mengenalnya dengan istilah kuli putih, kuning langsat, dan sawo matang. Namun sebenarnya warna kulit bukan dibagi berdasarkan warna yang terlihat diluar, tetapi warna pembuluh darah setiap orang. 

Skintone ini dibagi menjadi tiga, yaitu Cool, Neutral, dan Warm. Orang yang memiliki skintone Cool memiliki pembuluh darah berwarna ungu muda dan biru tua. Sedangkan orang yang memiliki warna dasar kulit Neutral biasanya memiliki pembuluh darah berwarna biru muda, hijau tua dan biru tua. Orang yang biasanya dengan warm undertone mempunyai vena berwarna coklat dan hijau tua. 

2. Mencoba Beberapa Foundation Bersamaan

Setelah mengetahui warna dasar kulit, selanjutnya kamu mengetes produk foundation langsung ke kulit. Kamu bisa mencoba beberapa foundation secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui foundation mana yang paling cocok di kulit. Tidak disarankan untuk membeli foundation berdasarkan warna yang terlihat dari botol. 

Karena warna yang terlihat dari botol akan terlihat berbeda saat diaplikasikan ke kulit. Jika kamu membeli foundation di toko kosmetik besar, biasanya semua shade foundation akan memiliki tester. Kamu bisa mencoba semua warna yang dirasa cocok untuk kamu. 

3. Mencoba Foundation di Rahang Bawah atau Leher

Jika kamu orang yang suka mencoba pada kulit tangan, maka kini kamu harus mencoba foundation di leher atau rahang bawah. Cara mencoba foundation di kulit tangan kurang tepat, sebab kulit wajah tentu berbeda dari tangan. 

Saat kamu mencoba foundation pun tidak boleh asal oles, lihat, dan langsung menentukan. Kamu perlu menunggu selama beberapa menit untuk foundation menyatu dengan kulit kamu. Jika sesudah beberapa menit pengalikasian warna tersebut benar mirip dengan tone kulit, berarti kamu sudah menemukan foundation yang cocok untuk kamu. 

4. Pilih Warna yang Lebih Terang

Setelah beraktivitas seharian, wajah yang menggunakan foundation biasanya akan berubah menjadi lebih gelap atau kusam. Hal ini terjadi karena foundation mengalami oksidasi begitu terkena panas. Jadi, agar warna foundation tetap bagus meskipun telah seharian digunakan. Kamu disarankan memilih warna foundation satu tingkat lebih terang dari warna kulit. 

Baca juga: 4 Perbedaan Foundation Maybelline Dewy dan Matte, Wajib Tahu Sebelum Membelinya!

5. Pilihlah Jenis Foundation yang Tepat 

Sekarang sudah banyak jenis foundation yang bisa kamu temukan di toko-toko makeup. Mulai dari yang berbentuk cair, stick, krim, sampai tinted. Setiap jenis foundation tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Disarankan untuk memilih berdasarkan jenis coverage yang dibutuhkan kulit kamu. Kamu juga harus memilih foundation sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. 

Jadi sekarang Marshalova sudah tahu cara pilih warna foundation sesuai dengan jenis kulit. Beberapa tips untuk memilih foundation yang tepat. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam memilih foundation. Selamat mencoba!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.