5 Jenis Ketombe yang Berbahaya dan Bikin Gatal, Segera Atasi dengan Cara Ini!
Hair

5 Jenis Ketombe yang Berbahaya dan Bikin Gatal, Segera Atasi dengan Cara Ini!

Sering terasa gatal di kepala tapi belum tahu penyebabnya? Mungkin gatal tersebut disebabkan oleh ketombe. Ada banyak jenis ketombe di kepala yang menyebabkan rasa gatal berlebihan dan bau tak sedap. Ketombe bisa disebabkan karena kondisi kepala yang lembap, lepek, atau tidak bersih saat membilas shampoo dan conditioner. Cara mengatasi ketombe juga berbeda tergantung jenis ketombenya. Berikut ini 4 jenis ketombe yang berbahaya dan yang bikin gatal, serta cara mengatasi kepala gatal karena ketombe tersebut.

Jenis Ketombe

Ketombe merupakan masalah kulit kepala berupa serpihan berwarna abu-abu atau kuning yang terdapat di skuama atau lapisan tanduk dari sel epidermis yang sudah mati. Ketombe bisa ditemukan di kulit kepala, helai rambut, atau bahu. Ketombe juga ada jenis-jenisnya, lho. 

Ketombe Basah

Jenis ketombe basah terjadi karena kelenjar sebasea atau kelenjar minyak di kepala memproduksi sebum berlebih. Produksi minyak yang berlebih bisa disebabkan karena berbagai faktor, antara lain stres, perubahan hormon, dan kebersihan kulit kepala.

Minyak alami di kepala berperan untuk melembapkan rambut dan kulit kepala. Namun, jika minyak tersebut berlebihan dan bercampur dengan kotoran, maka akan memicu terbentuknya ketombe. Ketombe basah biasanya berupa serpihan berwarna kuning. Biasanya rambut juga terasa berminyak, lepek, dan kulit kepala terasa sangat gatal.

Ketombe Jamur

Kulit kepala yang terlalu berminyak bisa menjadi tempat berkembangbiaknya jamur Malassezza globosa yang menyebabkan timbulnya ketombe jamur. Kulit kepala yang berminyak membuat jamur ini dapat menyebar ke seluruh bagian kepala dengan cepat. Jenis ketombe ini berupa serpihan berwarna kuning dan putih.

Ketombe Akibat Produk Rambut

Banyak orang yang menggunakan berbagai produk perawatan saat mengalami masalah kulit tertentu. Memang benar bahwa produk-produk tersebut bisa mengatasi permasalahan yang dialami. Namun, terlalu banyak produk yang digunakan akan memberikan efek samping juga, salah satunya seperti ketombe akibat penumpukan produk perawatan rambut.

Ketombe bisa muncul akibat rambut dan kulit kepala terlalu sering terpapar produk-produk yang berbeda dalam jangka waktu yang singkat. Sisa-sisa produk tersebut akan menumpuk di permukaan kulit kepala dan bercampur dengan kotoran serta sel kulit mati yang menyebabkan timbulnya ketombe. Parahnya lagi, ketombe ini berpotensi membuat rambut mudah rontok juga. 

Ketombe Akibat Penyakit Kulit

Jenis ketombe ini diakibatkan karena penyakit kulit tertentu seperti Psoriasis. Kondisi ini menyebabkan sel-sel kulit kepala jadi lebih aktif sehingga jumlah sel kulit mati juga meningkat. Ketombe muncul karena sel kulit mati di kepala bercampur dengan kotoran dan sebum. Penyakit kulit lainnya yang memicu timbulnya ketombe adalah Seborrheic Dermatitis. Penyakit ini menjadi faktor yang paling sering menyebabkan ketombe. Penyakit ini ditandai dengan kulit yang memerah, berminyak, dan dilapisi dengan serpihan kulit kepala berwarna putih kekuningan.

Cara Mengatasi Ketombe yang Bikin Gatal

Kalau kamu sudah mengetahui jenis-jenis ketombe yang bikin kulit kepala gatal, kamu harus lakukan cara perawatan yang tepat untuk mengatasinya sesuai jenis ketombe tersebut. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ada sebagai berikut.

Membersihkan rambut secara teratur dengan air dingin

Ketombe basah umumnya terjadi karena kulit kepala dan rambut yang berminyak. Supaya rambutmu tidak berminyak, usahakan keramas secara teratur dengan air dingin. Hindari keramas menggunakan air hangat karena air hangat justru akan merangsang produksi sebum terus-menerus. 

Menggunakan produk perawatan anti ketombe

Produk perawatan rambut yang ampuh untuk melawan ketombe adalah yang mengandung formula anti dandruff.  Shampoo anti ketombe biasanya mengandung Zinc, asam salisilat, dan selenium sulfida yang berfungsi untuk memperkecil ukuran serpihan ketombe hingga tidak terlihat.

Menggunakan masker rambut alami

Ketombe dan kulit kepala yang gatal juga disebabkan karena kulit kepala yang kering. Kulit kepala kering dipengaruhi oleh faktor perubahan cuaca, sering mengganti produk perawatan rambut, dan eksim. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan lidah buaya atau Aloe Vera yang diaplikasikan ke kepala sebagai masker rambut. Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan sekaligus berperan untuk menghidrasi kulit. 

Tidak gonta-ganti produk

Sering gonta-ganti produk perawatan rambut akan menyisakan residu yang nantinya akan menumpuk dan menimbulkan ketombe. Untuk itu, jangan terlalu sering mengganti produk perawatan rambutmu. Sebagai perawatan dasar, kamu cukup gunakan shampoo dan conditioner secara rutin. Selain itu, pastikan selalu membilasnya hingga bersih agar tidak menyisakan residu. 

Nah, itu dia cara mengatasi ketombe yang bikin kulit kepala gatal. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan kulit kepala dengan pilihan produk yang tepat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.