5 Jenis Pinset Alat Penjepit Komedo, Kamu Pernah Coba yang Mana?
Tools

5 Jenis Pinset Alat Penjepit Komedo, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Marshalova, kamu memiliki masalah dengan komedo? Hmm rasanya pasti gemas sekali ingin mengeluarkan seluruh komedo tersebut supaya tidak mengganggu penampilan kamu, bukan? Nah, kali ini Marsha Beauty ingin menginformasikan beberapa alat penjepit komedo yang dapat kamu gunakan di rumah.

Cara yang terbilang cepat dan praktis untuk menghempas komedo yaitu dengan memakai pinset komedo. Pinset komedo ini pun terdapat beberapa macam yang bisa dipakai. Setiap macamnya pun mempunyai fungsi yang berlainan.

Rekomendasi Alat Penjepit Komedo

Komedo merupakan hasil dari penumpukan sel kulit mati dan juga kotoran yang bercampur dengan minyak pada pori-pori. Ya, membersihkan komedo dapat dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan memakai alat pencabut komedo.

Bukan hanya eksfoliasi kimia memakai toner BHA, menghilangkan komedo pun dapat kamu lakukan manual menggunakan alat bernama pinset. Pinset komedo atau yang terkenal juga dengan nama acne & blackhead tool ini mempunyai bentuk bermacam-macam.

Curette Shaped Extractor

Merupakan sebuah alat untuk 'memeras' komedo supaya keluar. Dengan ujung oval yang sangat panjang serta agak datar yang berfungsi untuk menekan komedo dan mengeluarkan komedo matang. Loop dengan ujungnya yang rata akan mengurangi memar serta iritasi pada kulit. Sehingga, alat ini menjadi alat favorit di kalangan ahli kecantikan.

Baca juga: Mau Beli Alat Pencabut Komedo? Cek Dulu 4 Jenis dan Tips Memakainya!

Extractor Stick

Tongkat ekstraktor alias extractor stick ini adalah alat untuk mengangkat komedo yang berfungsi untuk membersihkan komedo pada area yang sulit dijangkau. Dengan tekanan yang lembut di area yang kamu inginkan, tongkat ekstraktor tersebut akan melepaskan sebum yang terperangkap dan juga membersihkan pori-pori. Berikutnya, pakailah loop yang berbentuk lingkaran guna menekan komedo keluar. Ya, karena biasanya produk ini dual-ended.

Pimple Lancet Tool

Marshalova, pimple lancet tool ini merupakan 'pisau bedah' untuk jerawat. Alat ini berfungsi untuk memecah whitehead dengan cara menusuk pori-pori memakai lancet (sisi tajam menyerupai jarum). 

Biasanya alat penghilang komedo ini mempunyai dua sisi, yang satu tajam serta yang satunya lagi berbentuk oval atau lingkaran yang bernama loop. Nah, sesudah itu, ambilah komedo dengan memakai loop. Akan tetapi, banyak pula yang hanya single-ended tanpa memiliki sisi lingkaran.

Pimple lancet tool ini pun bisa kamu pakai untuk mengambil milia. Milia sendiri adalah benjolan putih kecil pada bawah mata serta sekitar hidung). 

Namun, apabila kamu ragu memakai lancet, alangkah baiknya untuk mengunjungi ahli kecantikan atau dokter kulit yang sudah berpengalaman di bidang ini. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari kesalahan yang bisa memicu munculnya jaringan parut.

Dual Loop Extractor

Twins tool atau dual loop extractor adalah alat pencabut komedo yang paling banyak kamu temukan. Bahkan kamu bisa mendapatkannya di swalayan juga, lho Girls. Alat penghilang komedo ini seperti 'standarnya' pinset komedo meskipun sebenarnya tool tersebut berfungsi sebagai penyingkir komedo dan jerawat.

Sesuai namanya twins/dual, dual loop extractor mempunyai dua ujung yang tiap-tiap ujungnya bentuknya berlainan. Alat tersebut sangat pas untuk mengeluarkan blackhead kecil-kecil yang sukar kamu jangkau. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup tekan pada area yang kamu inginkan. Komedo pun akan keluar lewat lubang kecil di tengah alat yang menyerupai mangkuk. Nah, untuk ujung yang satunya (lingkaran pipih) berfungsi untuk mengambil komedo atau jerawat yang besar-besar.

Baca juga: Waspada! Ini Jenis Minuman dan Makanan Penyebab Komedo

Blackhead Tweezer

Sesuai dengan namanya, tweezer merupakan alat yang berfungsi untuk memetik, menangkap, serta menarik komedo supaya keluar dari pori-pori kulit kamu. Bentuknya pun tidak seperti pinset komedo biasa yang hanya lurus dan agak runcing, lho Girls.

Blackhead tweezer ini merupakan alat penjepit komedo yang berbentuk melengkung dan mempunyai ujung tajam, menyerupai kail pancing. Alat tersebut akan dengan lembut menyodok serta mengekstrak komedo memakai ujungnya yang tajam Sedangkan, secara berbarengan meremas pori-pori dan menarik komedo agar keluar. Alat ini cocok kamu pakai untuk membersihkan komedo pada dahi, hidung, dan dagu. 

Girls, sebelum menggunakan alat-alat di atas, pastikan kamu sudah mengetahui caranya dengan benar atau dengan pengawasan profesional, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.