Marsha Beauty Skincare - 15/02/2023

5 Kesalahan Memakai Sunscreen yang Harus Segera Kamu Tinggalkan

5 Kesalahan Memakai Sunscreen yang Harus Segera Kamu Tinggalkan

Sunscreen jadi basic skincare yang tak boleh kamu tinggalkan. Sayangnya banyak orang masih belum tahu kesalahan memakai sunscreen berikut ini. Alih-alih melindungi kulit, sunscreen yang kamu gunakan malah sia-sia. 

Kalau kulitmu tak terlindungi dari sinar UVA dan UVB, kondisi dan teksturnya akan memburuk. Bisa kemerahan, iritasi, bahkan jerawat dan kanker kulit. Agar sunscreen yang kamu gunakan memberikan perlindungan maksimal, hindari kebiasaan berikut ini ya!

5 Kesalahan Memakai Sunscreen yang Paling Sering Digunakan 

1. Menggunakan Sunscreen dengan SPF Dibawah 30

Sun protection factor atau SPF merupakan angka yang mencerminkan kemampuan sunscreen melindungi kulitmu dari sinar matahari. Menurut pakar kulit, kamu sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. 

Jika sunscreen yang kamu gunakan tak memiliki SPF minimal 30, maka perlindungan yang diberikan tak akan optimal. Pilih juga sunscreen yang memiliki broad spectrum dan water resistant, dengan begitu aktifitas di luar ruangan tak akan merusak kulitmu.

Baca Juga: Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen, Lebih Efektif yang Mana?

2. Menggunakan Sunscreen Hanya Saat Cuaca Panas

Ada yang menganggap pemakaian sunscreen hanya dilakukan ketika cuaca sedang panas terik. Padahal sinar UVA UVB bisa menembus awan ataupun bangunan. Jika kamu sering keluar rumah tanpa sunscreen, bahkan di cuaca mendung sekalipun, kulitmu bisa saja terkena dampak buruknya. 

Setelah memakai sunscreen, kamu juga tak boleh langsung keluar rumah. Tunggu minimal 15 menit agar kandungan sunscreen meresap dengan baik. Kalau kamu langsung beraktifitas secara outdoor, kulitmu bisa terbakar matahari dan beresiko terkena polutan, lho!

3. Tidak Melakukan Re-Apply Sunscreen 

Kesalahan memakai sunscreen berikutnya adalah tidak melakukan apply kembali setelah 2 jam. Walaupun kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 50, kamu tetap harus melakukan re-apply untuk mendapatkan perlindungan maksimal. 

Sunscreen bisa luntur ketika kamu berkeringat, jadi efektifitasnya bisa turun makin lama kamu di luar rumah tanpa re-apply. Meskipun sekarang sudah banyak sunscreen dengan fitur waterproof, bukan berarti sunscreen-mu tak luntur ketika terkena air dan keringat ya.

Baca Juga: 7+ Cara Apply Sunscreen dengan Betul agar Berfungsi Maksimal

4. Hanya Mengandalkan Pelembap dan Bedak yang Mengandung SPF

Ada yang beranggapan bahwa pemakaian moisturizer atau makeup dengan SPF sudah mencukupi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Padahal anggapan tersebut salah, pelembap ataupun makeup tetap tak bisa menahan sinar UVA dan UVB walaupun punya kandungan SPF. 

Untuk mendapat perlindungan penuh, kamu tetap harus menggunakan sunscreen sebelum beraktifitas. Nantinya jika kamu menggunakan moisturizer atau bedak dengan tambahan SPF, produk-produk tersebut bisa menjadi tambahan perlindungan untuk kulitmu.

5. Tidak Teliti Membaca Label Produk 

Jangan anggap semua sunscreen sama ya, girls. Sunscreen punya label yang berbeda antar brand, jadi akan lebih baik kalau kamu menelitinya dulu sebelum membelinya. Kamu bisa lihat kandungan SPF yang dimiliki, rekomendasi penggunaan, hingga cara memakai sunscreen yang benar.

Serupa ketika memilih skincare ataupun makeup, memilih sunscreen juga harus kamu sesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit. Kalau kulitmu kering, kamu bisa gunakan sunscreen yang bertekstur krim dan losion. Pemilik kulit berminyak bisa pakai sunscreen gel atau semprot untuk mengurangi minyak. 

Ada cara memakai sunscreen yang harus kamu tahu nih. Ketika menggunakan sunscreen, gunakan sebanyak dua ruas jari dan usapkan secara merata ke seluruh wajah. Kamu juga bisa gunakan sunglasses atau topi jika ingin mendapat perlindungan tambahan. 

Berbagai kesalahan menggunakan sunscreen diatas harus kamu hindari ya, girls! Pemakaian sunscreen yang tepat tak hanya akan menjaga kulitmu dari dampak buruk sinar matahari, tapi juga melindungi dari penuaan dini.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.