5 Macam Perubahan Warna Kuku yang Sehat Ungkap Kondisi Kamu
Nails

5 Macam Perubahan Warna Kuku yang Sehat Ungkap Kondisi Kamu

Kuku yang sehat semestinya mempunyai tekstur halus. Terlebih warna kuku yang sehat mempunyai warna yang konsisten. Maka adanya kuku berubah warna bisa menjadi kelainan. Keadaan ini dapat terjadi karena adanya virus kutil ataupun efek samping dari obat-obatan yang sering kamu konsumsi.

Kuku bisa saja mengalami perubahan warna normal dapat terlihat menjadi putih, kuning, hijau. Kondisi tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai macam hal. Paling umum, adanya infeksi serta kondisi kulit merupakan penyebab dari berubahnya warna kuku.

Sehingga Marshalova perlu memperhatikan warna kuku dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Maka biasanya kuku akan diperiksa dengan sesama oleh dokter.

Penyebab Perubahan Warna Kuku yang Sehat

warna kuku yangs sehat

Untuk sebagian besar kaum hawa, kuku akan menjadi salah satu bagian tubuh yang rutin untuk melakukan perawatan. Akan tetapi, ada pula individu lainnya yang abai sebab menganggap tidak penting.

Padahal kuku kering atau perubahan pada warna dapat mengungkapkan masalah tubuh kamu. Maka dari itu, berikut ini perubahan warna kuku yang perlu kamu waspadai.

Baca juga:Simpel Banget, Begini Cara Merawat Kuku Kaki Agar Tidak Rapuh

Kemerahan

Warna kuku yang normal biasanya akan berwarna merah muda dan juga akan bercahaya. Akan tetapi, apabila warna merah muda berwarna lebih merah dari biasanya, hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengalami malnutrisi.

Apabila sedang mengalami keadaan tersebut, maka kamu memerlukan perhatian medis segera.

Hitam

Kuku yang mempunyai garis hitam dapat diakibatkan oleh berbagai macam masalah. Dimulai dari masalah yang serius sampai dengan yang biasa. Masalah kuku tersebut dikenal sebagai melanonychia linier yang sebagian besar dialami oleh orang Afrika-Amerika.

Perubahan warna pada kuku yang sehat menjadi gelap diakibatkan oleh pigmen melanosit yang berlebih. Cedera serta memar dapat pula menjadi penyebab dari perubahan warna kuku menjadi hitam.

Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi obat juga bisa menjadi penyebab kuku berwarna hitam. Antara lainnya seperti kemoterapi, kanker kulit, sampai dengan mengidap HIV serta lupus, meskipun hal tersebut jarang terjadi.

Maka dari itu, adanya tanda kuku muncul semacam tersebut semestinya tidak boleh kamu abaikan sebab dapat berujung serius.

Ungu

Kemungkinan besar perubahan warna kuku menjadi keunguan mengalami hematoma subungual. Umumnya, hal tersebut terjadi merujuk pada kuku yang mengalami memar.

Tidak memerlukan hal khusus dalam menyembuhkan memar tersebut. Akan tetap, pada sisi lain membutuhkan waktu yang cukup lama guna mengembalikan warna kuku yang sehat.

Warna kuku ungu atau biru akan hilang setelah kamu melakukan pemotongan. Akan tetapi, pada kasus tertentu yang mana tekanan darah terakumulasi pada lempeng kuku. Hal tersebut bisa membuat terasa sakit serta memerlukan konsultasi terhadap dokter.

Kuning dan Coklat

Warna kuning dan juga cokelat yang tebal pada kuku biasanya akan dikaitkan dengan infeksi jamur. Perubahan warna tersebut terjadi pada lingkungan yang gelap, hangat, serta lembab. Misalnya pada dalam sepatu. Masalah tersebut sering dimulai sebagai kaki atlet, adanya infeksi kulit yang menyebar sampai pada kuku.

Jamur tersebut dapat mengakibatkan kuku mulai menghitam, menebalkan, sampai tampak tidak enak saat pandang. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya akan dilihat dari tingkatan infeksi kuku.

Bukan hanya diakibatkan oleh jamur, melainkan perubahan warna kuku menjadi abu-abu kecoklatan juga dapat muncul sebab kekurangan dari asupan B12.

Baca juga:Cara Menghias Kuku dengan Kutek Jarum, Mudah Hanya Butuh 5 Menit!

Putih

Umumnya perubahan warna putih pada kuku dalam bentuk garis atau hanya berbentuk noda sebab adanya sebuah tekanan atau trauma. Apabila tekanan yang kamu berikan pada kuku begitu parah, hal tersebut bisa mengakibatkan menjadi memar serta berwarna ungu.

Kemudian munculnya warna putih yang ada pada kuku bagian kaki dapat terjadi akibat dari menggunakan sepatu yang tidak pas. Keadaan kuku mengalami gesekan pada tempat yang sama juga bisa memunculkan warna putih pada kuku kaki.

Untuk mengatasinya tidak banyak yang dilakukan. Vitamin untuk menguatkan kuku rambut serta kulit dapat menjadi solusi untuk kamu dalam penyembuhannya, Selain adanya tekanan, perubahan warna kuku yang sehat menjadi warna putih disebabkan karena anemia.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.