5 Penyebab Jerawat Batu yang Sering Menyebabkan Krisis Percaya Diri
Skincare

5 Penyebab Jerawat Batu yang Sering Menyebabkan Krisis Percaya Diri

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi, terutama pada masa usia remaja. Ada beragam tipe jerawat yang umum kemunculannya seperti jerawat batu. Marshalova mungkin juga mengalami masalah kulit ini dan sedang mencari solusi. Informasi tentang penyebab jerawat batu berikut bisa menjadi panduan untuk bisa menemukan solusi bagi masalah kulit tersebut.

Mengenal Beberapa Penyebab Jerawat Batu yang Umum Terjadi

Jerawat baru dan jenis jerawat lain terjadi karena adanya sumbatan pada pori – pori kulit akibat kotoran, sel kulit mati dan minyak yang kemudian mengalami infeksi karena bakteri. Akhirnya timbul jerawat berupa benjolan berisi nanah yang tumbuh di permukaan kulit. Kemunculan jerawat batu di dagu ataupun di bagian wajah yang lain juga terjadi karena kontribusi penyebab – penyebab berikut ini.

Faktor Hormon

penyebab jerawat batu

Bagian pipi, dahi ataupun sekitar dagu merupakan bagian wajah yang paling sering menjadi lokasi tumbuhnya jerawat batu. Adapun salah satu penyebab jerawat batu di pipi dan bagian wajah yang lain adalah faktor hormon. Usia remaja menjadi saat terjadinya perubahan kadar hormon yang berdampak pada bertambahnya produksi minyak dari kelenjar dalam kulit. Minyak atau sebum yang mengalami peningkatan produksi ini menjadi penyebab utama terjadinya sumbatan pada pori – pori kulit. 

Selain karena masa usia remaja, perubahan hormon ini juga bisa terjadi karena stres, siklus menstruasi, hamil ataupun penggunaan kontrasepsi bertipe hormon. Seseorang yang menjalani terapi hormon atau memiliki masalah sindrom ovarium polikistik juga sangat umum mengalami masalah jerawat batu.

Konsumsi Obat

penyebab jerawat batu

Konsumsi beberapa jenis obat bisa menjadi penyebab jerawat batu di dagu dan juga di bagian wajah yang lain. Obat – obatan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat antara lain adalah litium, fenitoin serta isoniazid. Seseorang yang mengonsumsi obat dengan kandungan kortikosteroid juga sangat mungkin mengalami masalah kemunculan jerawat. Ini terjadi karena obat – obatan tersebut bisa memicu terjadinya reaksi hormonal serta meningkatkan aktivitas kelenjar minyak.

Reaksi Produk Perawatan Kulit atau Kosmetik

penyebab jerawat batu

Pemakaian produk perawatan kulit yang kurang cocok juga bisa menjadi penyebab jerawat batu di dahi ataupun bagian wajah lain. Reaksi kulit saat terkena produk perawatan atau kosmetik yang tidak cocok bisa muncul dalam wujud jerawat. Produk kosmetik, lotion atau pelembap bisa menjadi penyebab utama reaksi ketidakcocokan produk kulit dalam wujud kemunculan jerawat batu. Efek yang paling sering muncul adalah peningkatan produksi minyak dan menjadi penyebab terjadinya sumbatan pada pori – pori kulit.

Faktor Genetis

penyebab jerawat batu

Hal lain yang bisa menjadi penyebab jerawat batu di hidung serta bagian kulit wajah lain adalah faktor genetis atau faktor keturunan. Seseorang yang memiliki orang tua dengan masalah kulit berupa jerawat batu di masa mudanya memiliki resiko lebih besar untuk mengalami masalah yang sama. Hal ini terjadi karena sifat – sifat yang diturunkan terutama jenis kulit yang dimiliki serta sifat – sifat kelenjar minyak yang berkembang.

Kondisi Lingkungan yang Lembap

penyebab jerawat batu

Faktor kondisi lingkungan yang bersifat lembap bisa menjadi penyebab kemunculan jerawat batu. Hal ini bisa diperparah dengan suhu yang panas dan lingkungan yang berdebu sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih mudah kotor. Suhu panas bisa menyebabkan seseorang lebih banyak berkeringat dan kondisi lingkungan yang lembap bisa sangat mendukung pertumbuhan bakteri ketika melekat pada kulit. 

Itulah 5 penyebab jerawat batu yang Marshalova harus tahu agar bisa mendeteksi penyebab dan menemukan solusi terbaik bagi masalah tersebut. Punya jerawat baru Girls? Cermati dan temukan solusinya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.