5 Penyebab Mata Merah yang Paling Umum Terjadi, Jangan Anggap Remeh!
Lifestyle

5 Penyebab Mata Merah yang Paling Umum Terjadi, Jangan Anggap Remeh!

Mata merah membuat rasa tidak nyaman, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun beberapa kemerahan yang terjadi pada area mata tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan benar. Marsha Beauty, kamu wajib kenali penyebab mata merah yang paling sering terjadi agar mudah ditangani. 

Kira-kira, Apa Saja Penyebab Mata Merah dan Cara Mengobatinya?

penyebab mata merah

Mata merah menjadi salah satu indikasi jika keadaan mata sedang tidak sehat. Biasanya, terjadi ketika pembuluh di mata bengkak atau iritasi. Kondisi ini bisa saja semakin parah jika tidak diberikan pengobatan yang benar. Sebab, mata bagian tubuh yang paling sensitif karena mudah terpapar oleh debu dan udara kotor. Penyebabnya pun beragam, agar kamu nggak bingung. Yuk, simak penyebab mata merah sebelah.

Masuknya Benda Asing Ke Dalam Mata

Seperti yang sudah disampaikan, mata area paling sensitif karena mudah terkena polusi, debu, hingga pasir. Benda asing yang masuk dapat menggores kornea, sehingga menyebabkan mata menjadi merah, berair, dan lebih sensitif terhadap cahaya.

Saat mata terasa gatal seperti ada yang mengganggu, sebaiknya jangan langsung dikucek apalagi dengan kondisi tangan yang kotor. Kamu bisa langsung membersihkannya menggunakan tissue bersih untuk mengambil kotoran yang masuk ke mata. 

Apabila mata merah tapi tidak sakit, jangan dianggap remeh dahulu. Berikan perawatan dengan meneteskan obat mata agar tidak terjadi iritasi yang semakin parah. Jika tidak kunjung membaik, kunjungi dokter spesialis mata. 

Menggunakan Lensa Kontak Terlalu Lama dan Kurang Tepat

Kamu sering menggunakan lensa kontak? Bisa jadi, ini salah satu penyebab mata menjadi merah. Lensa kontak yang digunakan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan iritasi kornea mata. Tak hanya itu, lensa kontak juga membuat mata kamu semakin kering. 

Jika kamu sudah merasa kurang nyaman, segera lepas dan biarlah mata kamu beristirahat dari lensa kontak. Cara mengatasi mata merah bisa dilakukan dengan rutin mengganti lensa mata atau membersihkannya dari kotoran dan debu. Sebaiknya, penggunaan kaca mata jauh lebih baik daripada softlens.

Adanya Penyakit Glaukoma

Penyebab mata merah sebelah bisa diakibatkan oleh penyakit glaukoma. Penyakit ini terjadi karena adanya kerusakan pada saraf akibat meningkatnya tekanan pada bola mata. Kondisi ini harus ditangani dengan benar dan tidak boleh dianggap remeh. Bila tidak teratasi dengan benar, glaukoma dapat menyebabkan penglihatan terganggu dan terancam mengalami kebutaan. Selain itu, pengidap glaukoma sering merasakan pusing, sakit kepala, dan mual. 

Mata Merah Akibat Kelelahan

Kebiasaan yang dilakukan setiap hari, terkadang membuat kamu nggak sadar kalau dapat mengakibatkan efek buruk. Misalnya, terlalu lama melihat layar laptop membuat mata menjadi lelah, kering, dan sering berair. 

Sama halnya dengan mata merah karena hp, aktivitas ini membuat area mata kering karena jarang berkedip saat sibuk menatap layar. Maka dari itu, kamu harus memberikan waktu sejenak untuk beristirahat. Paling tidak 15 – 20 menit atau teteskan obat mata jika membutuhkan. 

Kondisi Mata yang Terlalu Kering 

Kondisi mata yang kering dapat terjadi saat kelenjar air mata tidak memproduksinya dengan cukup. Alhasil, membuat mata lebih terasa kering, iritasi, dan muncul kemerahan. Mata kering juga bisa disebabkan faktor lain, seperti cuaca panas, penggunaan lensa kontak yang terlalu lama, cuaca yang berangin, hingga adanya peradangan pada kelopak mata. Meskipun tidak terlalu berbahaya, tetapi ada kalanya menimbulkan rasa sakit yang perih dan terbakar. Cara menghilangkan mata merah bisa ditangani dengan memberikan obat tetes mata atau membuat air mata. Yuk, kenali 5 penyebab mata merah agar lebih mudah diobati!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.