5 Tips Memilih Bedak untuk Kulit Berminyak Bebas Kilap Seharian
Makeup

5 Tips Memilih Bedak untuk Kulit Berminyak Bebas Kilap Seharian

Bagi MarshaLova yang punya kulit berminyak, kamu mungkin sering kesulitan ketika perlu memilih bedak yang tepat buat kulitmu. Katanya bedak tabur paling cocok untuk kulit berminyak, dan bedak padat sebaiknya dihindari. Akan tetapi, sebenarnya apa ya bedak untuk kulit berminyak yang paling pas?

Kalau kamu bisa memilih bedak untuk kulit berminyak yang tepat, kondisi kulitmu yang sering terlihat mengkilap karena minyak pun bisa dikurangi dengan maksimal. Di samping itu, bedak yang tepat juga tidak akan menyumbat pori-pori yang bisa jadi jerawat jika terus menumpuk dan tercampur dengan minyak.

Tips Memilih Bedak untuk kulit Berminyak

Untuk membantumu memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak, yuk simak tipsnya berikut ini agar kamu tak salah pilih lagi

1. Pilih bedak dengan formula non-comedogenic dan bebas minyak.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat memilih bedak yang tepat adalah mengecek labelnya. Pastikan bahwa bedak yang akan kamu pilih memiliki formula yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak akan menyebabkan jerawat.

Selain itu, pilih juga bedak yang formulanya oil-free alias bebas minyak. Dengan begitu, bedak tidak akan membuat wajahmu terlihat makin mengkilap. Soalnya, kulit berminyak secara alami memang sudah punya tampilan mengkilap karena minyak.

2. Pilih bedak dengan finishing matte.

Pada dasarnya, makeup untuk kulit berminyak idealnya perlu memberikan finishing matte. Dengan begitu, wajah nantinya tidak akan terlihat shiny karena minyak. Hal yang sama juga berlaku saat kamu memilih bedak. Biasanya, bedak dengan finishing matte juga bisa bantu mengontrol tampilan minyak di wajah. Dengan begitu, hindari bedak dengan finishing glowing atau shining, yang malah bisa memperparah tampilan kilap di wajahmu.

3. Sebaiknya pilih bedak tabur.

Kamu mungkin sudah sering dengar kalau bedak tabur paling direkomendasikan untuk kulit berminyak dibandingkan bedak padat. Dan hal ini memang terbukti.

Bedak tabur punya tekstur yang jauh lebih halus dibandingkan bedak padat. Dengan begitu, bedak bisa memberikan coverage yang lebih baik dan merata pada kulit berminyak sekalipun. Ditambah lagi, bedak tabur juga bekerja dengan lebih efektif dalam menyerap minyak yang diproduksi kulit wajah secara alami. Dengan begitu, kamu tidak akan terganggu dengan kemunculan garis-garis bedak pada wajah karena bedak yang menjadi cakey di tengah aktivitas sekalipun.

4. Cek kandungan bahan di dalam bedak.

Bedak tak hanya berfungsi sebagai bagian dari makeup wajahmu, apalagi buat kamu yang punya kulit berminyak. Pasalnya, bedak juga bisa bantu merawat kulit berminyak agar produksi minyak terkontrol hingga mencegah risiko iritasi kulit hingga jerawat.

Oleh karena itu, bedak untuk kulit berminyak biasanya juga dilengkapi dengan bahan aktif seperti hyaluronic acid yang bisa menghidrasi kulit dan bantu kurangi minyak. Atau salicylic acid alias asam salisilat maupun sulfur yang bisa bantu kempeskan jerawat. Pilihlah yang kandungan bahan aktifnya cocok serta sesuai dengan kebutuhan kulitmu agar makeup-mu tak hanya flawless, tapi juga mampu merawat kulitmu dengan baik.

5. Perhatikan cara menggunakan bedak.

Kamu juga perlu terapkan cara pengaplikasian bedak yang tepat agar bedak bisa menempel dengan sempurna pada kulitmu. Pastikan kamu sudah memakai primer terlebih dahulu yang bisa bantu kontrol produk minyak dan memberikan hasil akhir matte.

Selain itu, sebaiknya kamu gunakan kuas alias brush saat mengaplikasikan bedak. Dengan begitu, kamu juga bisa kontrol jumlah bedak yang kamu gunakan sambil memberikan coverage yang lebih merata pada wajahmu.

Itu dia 5 tips memilih bedak untuk kulit berminyak. Semoga informasi di atas  bermanfaat buatmu ya, MarshaLova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.