Marsha Beauty Skincare - 05/05/2023

6+ Cara Membuat Wajah Tidak Kusam dan Lebih Cerah

6+ Cara Membuat Wajah Tidak Kusam dan Lebih Cerah

Punya kulit kusam memang tidak menyenangkan dan bisa membuat kurang percaya diri. Lalu bagaimana cara membuat wajah tidak kusam? Tenang, permasalahan ini bisa diatasi dengan beberapa cara yang cukup mudah untuk dilakukan.

Wajah yang kusam sendiri disebabkan oleh beberapa hal, misalnya efek terpapar sinar matahari, stres, penuaan, atau penumpukan sel-sel kulit mati. Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk tahu bagaimana mengatasi kulit wajah yang kusam. 

Cara Membuat Wajah Tidak Kusam

1. Tidur Cukup

Wajah yang kusam bisa muncul ketika kamu kurang istirahat. Jadi, cara pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi kekusaman pada wajah adalah tidur yang cukup. Durasi tidur yang disarankan untuk orang dewasa setidaknya 6 hingga 8 jam sehari.

Bukan hanya durasi, penting juga untuk memperhatikan kualitas tidurnya. Saat tidur, kult akan melakukan regenerasi, yaitu membentuk sel-sel yang baru dan membentuk kolagen. Jika waktu tidur berkurang, proses regenerasi terganggu dan kulit pun menjadi kusam.

2. Eksfoliasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit yang kusam juga bisa disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati. Jika sel kulit mati menumpuk, proses regenerasi juga bisa terhambat. Oleh karena itu, penting untuk melakukan eksfoliasi wajah dengan rutin.

Kamu disarankan untuk mengeksfoliasi kulit 1 hingga 2 kali dalam satu minggu. Untuk eksfoliasi, kamu bisa menggunakan toner atau serum. Jika lebih suka physical exfoliation, kamu bisa memakai produk scrub.

3. Pakai Moisturizer dan Sunscreen

Penyebab muka kusam lainnya adalah paparan sinar matahari. Sehingga langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya adalah memakai moisturizer serta sunscreen saat pagi hingga sore hari. Moisturizer wajib digunakan pada pagi dan malam hari untuk membuat kulit menjadi lebih lembap.

Kemudian sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A dan B. Sunscreen wajib untuk di-reapply atau digunakan ulang setiap 2-3 jam sekali ketika beraktivitas di luar ruangan. Hal ini wajib dilakukan untuk memastikan proteksinya tetap maksimal.

Baca juga: Rekomendasi Cleansing Oil untuk Kulit Berminyak, Ampuh Bersihkan Kotoran Wajah!

4. Rajin Olahraga

Stres merupakan salah satu faktor yang bisa membuat kulit menjadi kusam. Untuk mengatasi stres, kamu bisa berolahraga secara rutin. Berolahraga dapat meningkatkan produksi hormon norepinefrin yang berfungsi sebagai antidepresan.

Saat berolahraga, kamu juga akan berkeringat. Hal ini bagus untuk membantu tubuh mengeluarkan kotoran dari pori-pori kulit. Itulah mengapa rajin olahraga termasuk ke dalam cara mengatasi wajah kusam secara alami.

5. Konsumsi Cukup Cairan

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat wajah menjadi kering dan terlihat kusam. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup. Dalam sehari, setidaknya ada 8 gelas air putih yang harus dikonsumsi.

Untuk mendapatkan cairan yang lebih banyak, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan banyak kandungan air. Contohnya antara lain semangka dan pear.

6. Ubah Pola Makan

Tahukah kamu bahwa makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kondisi kulit secara keseluruhan? Untuk membuat kulit tidak kusam, konsumsi buah dan sayur harus ditingkatkan. Buah dan sayur punya kandungan vitamin yang tinggi.

Vitamin sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya penuaan dini serta mencerahkan warna kulit.

Baca juga: Skin Barrier Mulai Rusak? Inilah Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin barrier yang Bisa Dicoba

7. Temukan Skincare yang Cocok

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam adalah menggunakan skincare yang cocok. Pilihlah produk yang punya klaim mencerahkan dan membantu mengatasi kulit kusam. Jangan lupa untuk memilih produk dan ingredients sesuai dengan jenis kulit.

Cara membuat wajah tidak kusam sebenarnya tidak begitu sulit. Jika kamu melakukan langkah di atas, maka tidak perlu waktu lama untuk membuat wajah menjadi lebih cerah. Kuncinya hanya satu, yaitu konsisten.

Kamu juga bisa mencari skincare yang fokus untuk menghidrasi dan mencerahkan kulit untuk menghilangkan kulit yang kusam di sini:

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.