6 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok, Mudah dan Anti Ribet
Hair

6 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok, Mudah dan Anti Ribet

Rambut panjang membutuhkan perawatan yang intens agar mencegah kerontokan. Sebenarnya, rambut rontok termasuk hal yang normal. Namun, bila kerontokan sudah melebihi 30 – 50 helai per harinya, kamu patut mewaspadainya. Marsha Beauty, kamu perlu mengatasinya agar tidak memperparah kondisinya. Yuk, intip cara merawat rambut agar tidak rontok berikut ini.

Lalu, Apa Saja Tips dan Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok?

Merawat rambut memang tidak mudah, terutama untuk kamu yang mempunyai rambut panjang. Tak hanya itu, pemilik rambut panjang juga harus memperhatikan produk yang digunakan. Jika tidak cocok, tentu akan memperparah kerontokannya. Biar kamu nggak bingung, kamu bisa melihat cara merawat rambut panjang wanita di bawah ini.

Usahakan Tidak Terlalu Sering Mengganti Sampo

cara merawat rambut agar tidak rontok

Apakah kamu masih sering gonta-ganti sampo? Tanpa kamu sadari kebiasaan seperti ini dapat memperparah kondisi kerontokan rambutmu. Jika kamu sedang mencoba produk baru, tunggulah sampai rentang waktu 2 minggu untuk memastikan khasiatnya cocok atau tidak. Usahakan untuk tidak mengganti sampo bila kamu sudah cocok dengan produk tersebut. Jangan lupa, pastikan kandungannya khusus untuk rambut rontok.

Gunakan Air Hangat dan Air Dingin

cara merawat rambut agar tidak rontok

Langkah berikutnya adalah menggunakan air hangat untuk membasahi rambut. Tujuannya agar membantu membuka pori-pori kulit kepala, sehingga nutrisi sampo yang digunakan benar-benar terserap. 

Bila kamu sudah selesai keramas, bilaslah rambut menggunakan air dingin. Dengan begitu, pori-pori kepala dapat tertutup kembali agar mengunci nutrisi yang sudah terserap oleh kulitmu. Menggunakan air dingin juga membantu merawat rambut agar sehat dan tetap lembab.

Menggunakan Kondisioner Khusus Rambut Rontok

cara merawat rambut agar tidak rontok

Untuk mencegah kerontokan semakin parah, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner setiap keramas menggunakan sampo. Kondisioner dapat membantu memberikan nutrisi, mengatasi permasalahan rambut, hingga melembutkan setiap helai rambut.

Saat kamu menggunakan kondisioner, sebaiknya jangan dioleskan pada akar rambut karena dapat menyebabkan kulit kepala semakin berminyak. Aplikasikan saja mulai dari bagian tengah sampai pada ujung rambutmu. Jangan lupa untuk mencuci bersih agar residunya benar-benar hilang, girls.

Mengaplikasikan Serum Rambut Habis Keramas

cara merawat rambut agar tidak rontok

Serum juga tak kalah pentingnya dengan kondisioner. Menggunakan serum sehabis keramas dapat memperkuat akar rambut, melebatkan rambut, menambah kilau, hingga mencegah kerontokan semakin parah. Tak hanya itu, serum memang dilanjutkan untuk digunakan merawat rambut agar tidak mudah rontok.

Jika ingin mencegah kerontokan, kamu bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin E, ginseng, madu, dan aloe vera. Keempat kandungan tersebut, sudah dikenal efektif dalam mengatasi rambut yang rontok. 

Rutin Mengaplikasikan Masker Rambut 

cara merawat rambut agar tidak rontok

Selain serum dan kondisioner, kamu juga harus rutin mengaplikasikan masker rambut sebelum keramas. Masker rambut dapat membantu memberikan nutrisi dan mencegah kerontokan pada rambut yang panjang. Kamu bisa menggunakan masker dari bahan alami, seperti lidah buaya, putih telur, minyak zaitun, dan madu. Namun, bila ingin memakai masker yang instan, usahakan kandungannya cocok untuk rambut rontok, ya. 

Mengurangi Penggunaan Styling Rambut

cara merawat rambut agar tidak rontok

Menggunakan alat styling rambut, tentunya dapat menunjang penampilan sehari-hari. Namun, terlalu sering menggunakannya bisa membuat rambut mengalami kerontokan yang berujung pada kebotakan. Alat styling mengeluarkan hawa panas yang dapat membuat akar rambut mudah rapuh, sehingga mengalami kerontokan yang berlebihan.

Cara merawat rambut panjang bisa kamu lakukan dengan meminimalkan penggunaan styling setiap harinya. Jika memang terpaksa, kamu wajib gunakan vitamin untuk mengurangi kerusakan pada rambut. Kira-kira, itulah 6 tips dan cara merawat rambut agar tidak rontok. Selamat mencoba!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.