6 Panduan Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan Agar Pulih Maksimal
Body

6 Panduan Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan Agar Pulih Maksimal

Merasa ada perubahan pada tubuh yang membuatmu kurang nyaman setelah melahirkan, MarshaLova? Kalau iya, kamu sebenarnya tak perlu panik karena persalinan memang merupakan sebuah proses yang menguras tenaga. Oleh karena itu, kamu perlu lakukan perawatan tubuh pasca melahirkan agar kamu bisa kembali pulih secara fisik maupun mental.

Baca juga : Langsingkan Tubuh dengan Paket Perawatan Pasca Melahirkan Mustika Ratu

Tips Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan

perawatan tubuh pasca melahirkan

Simak penjelasan di bawah ini untuk rangkuman tips dan perawatan tubuh pasca melahirkan yang sudah Marsha Beauty siapkan buat kamu. Selamat membaca!

1. Pemulihan vagina

Selama sekitar 6 minggu setelah melahirkan, vagina akan mengeluarkan cairan yang pada mulanya mirip seperti darah menstruasi yang sedang kencang dan deras. Akan tetapi, cairan tersebut secara perlahan akan berkurang dan jadi mirip seperti keputihan.

Demi kenyamananmu, jangan gunakan tampon dan lebih baik pilih pembalut dengan daya tampung besar. Selain itu, pilih pembalut tanpa parfum atau lapisan luar khusus yang malah bisa mengiritasi vagina, dan bahkan bisa memperlambat proses pemulihannya.

2. Perawatan luka episiotomi

Kalau dokter melakukan episiotomi pada saat persalinan, dokter akan membuat jahitan yang bisa jadi terasa tidak nyaman selama masa pemulihan. Apalagi, area perineum di sekitar vagina secara alami akan membengkak pasca persalinan tanpa harus ada jahitan sekalipun.

Untuk mempercepat kesembuhan dan meredakan rasa tak nyaman, kamu bisa lakukan ini:

  • Jaga kebersihan area vagina dan sekitarnya selama mandi dengan sabun biasa dan air bersih.

  • Selama beberapa hari setelah persalinan, kamu bisa kompres area vagina dengan kompres dingin.

  • Selama sekitar 1 jam setiap hari, lepaskan pembalut agar ada aliran udara untuk mempercepat proses pemulihan. Kamu bisa lapisi sprei dengan handuk bersih jika kamu ingin berbaring di tempat tidur.

  • Percepat proses kesembuhan dengan melakukan senam kegel sesuai dengan arahan dan rekomendasi dokter.

3. Mengatasi keringat yang banyak

Selama beberapa hari setelah melahirkan, tubuhmu secara alami akan berkeringat dalam jumlah banyak, terutama di malam hari. Selain itu, kamu juga mungkin akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Karena volume darah meningkat selama kehamilan, tubuhmu akan menyingkirkan kelebihan air agar kadar air dalam tubuh kembali seperti semula setelah melahirkan.

Baca juga : Kenali Perawatan Dasar Pasca Melahirkan Untuk Tetap Menjaga Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

4. Mengatasi masalah pencernaan

Setelah persalinan, secara alami tubuhmu akan sulit untuk buang air besar. Soalnya, tubuhmu sudah terlanjur terbiasa dengan adanya berat janin selama kehamilan. Setelah berat bayi hilang, sistem pencernaanmu butuh beradaptasi untuk beberapa waktu. Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi makanan tinggi serat.

5. Meredakan rasa sakit pasca persalinan

Uterus membesar jadi seukuran semangka selama 38 minggu. Namun, uterus akan kembali ke ukurannya semula hanya dalam 6 minggu. Jadi, tak heran kalau prosesnya juga akan menimbulkan rasa tak nyaman.

Di samping itu, masih ada rasa tak nyaman pada payudara yang disertai dengan pembengkakan ukuran payudara. Untungnya, hal tersebut bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah, yaitu cukup dengan menyusui buah hatimu. Di luar jam ASI bayi, kamu bisa pompa ASI dari payudara untuk bantu meredakan nyerinya.

6. Stabilitas secara emosional

Wajar kalau secara emosional kamu jadi merasa terbebani dengan status barumu sebagai ibu. Ditambah lagi, bayimu juga bisa membuatmu jadi sangat sibuk, misalnya karena bayi rewel. Apalagi kalau ini adalah kali pertama kamu jadi ibu, di mana segala hal terasa sangat baru buatmu.

Oleh karena itu, kamu tak perlu ragu untuk mengungkapkan perasaanmu terutama kepada pasangan. Karena pada akhirnya, parenthood bukanlah tugasmu saja seorang ibu, tapi tugas kalian berdua sebagai orang tua. Pastikan bahwa kamu dan pasanganmu selalu memberikan dukungan selama membesarkan si kecil.

Itu dia panduan singkat perawatan tubuh pasca melahirkan, baik fisik maupun mental. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat buatmu!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.