6 Perawatan Kulit secara Alami ala Perempuan India, Dijamin Gampang!
Body

6 Perawatan Kulit secara Alami ala Perempuan India, Dijamin Gampang!

Setiap negara memiliki perawatan kulit secara alami yang unik sekaligus bisa ditiru, tak terkecuali perawatan ala perempuan India. Jika Marshalova perhatikan, perempuan-perempuan dari negara Asia Selatan ini mempunyai rambut hitam legam yang memesona, kulit kecokelatan yang bersih, serta mata lebar yang memukau. 

Untuk artikel kali ini, Marsha Beauty akan memberikan ulasan rahasia perawatan kulit yang khas dari India. Seperti apa ya?

Baca Juga: 5 Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah untuk Dapatkan Produk Perawatan yang Tepat

Ini Perawatan Kulit Secara Alami ala Bollywood

Kecantikan kaum Hawa dari Negeri Barata memang tak terlepas dari produk perawatan herbal yang turun temurun diwariskan. Adapun bahan-bahan alami yang bisa kamu pakai mencakup:

Bunga saffron

Saffron adalah sejenis tanaman rimpang yang mengandung aneka vitamin (A, B, C). Salah satu keunggulan yang ditawarkan bunga saffron adalah meratakan sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Cocok buat kamu yang pengin mendapatkan kulit glowing dan ideal.

Pemakaian bunga saffron sebagai produk skincare juga cukup mudah. Kamu tinggal mengambil satu sendok makan bubuk saffron, lalu campurkan dengan lemon dan susu. Jadikan sebagai masker alami yang digunakan secara teratur.

Neem 

Dikenal juga sebagai mimba, neem adalah tumbuhan yang umum dijumpai di India. Perempuan di negara tersebut sering kali memanfaatkan ekstrak daun neem buat merawat kulit maupun rambut. Sifat anti-bakteri di dalamnya dikenal ampuh buat mengatasi kulit berjerawat.

Perempuan-perempuan di India biasanya menggunakan daun neem yang sudah diolah jadi pasta sebagai masker. Sementara untuk rambut, bahan alami ini dijadikan selayaknya kondisioner untuk mencegah ketombe dan rambut rontok.

Baca Juga: Perawatan Wajah Jafra untuk Kulit Wajah Lebih Cerah Bercahaya

Kunyit 

Kamu pastinya akrab dengan rempah satu ini. Seperti di Indonesia, kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang kerap dipakai buat memasak. Sementara dalam perawatan kulit secara alami, kunyit akan dibuat menjadi masker wajah bernama ubtan.

Membuat ubtan sangat mudah, yakni dengan mencampurkan kunyit tumbuk, air mawar, susu, kayu cendana, serta tepung beras. Kemudian, oleskan ubtan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Amla 

Berikutnya ada amla, buah yang difavoritkan perempuan India untuk merawat kecantikan sejak zaman dahulu. Buah yang di Indonesia disebut sebagai buah Malaka tersebut mengandung vitamin B kompleks dan C yang mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit.

Amla bisak kamu konsumsi langsung atau mengolahnya menjadi minuman dengan menambahkan sari madu. Seperti bahan-bahan alami lainnya, amla bisa kamu jadikan masker juga, entah untuk perawatan kulit wajah maupun rambut untuk mencegah munculnya uban.

Tepung besan

Besan sebenarnya merupakan tepung yang masyarakat India gunakan untuk membuat makanan. Dilansir dari Skinive, besan juga ternyata digunakan perempuan di negara tersebut sebagai bahan skincare alami untuk mendapatkan kulit bersih nan bercahaya.

Penggunaan besan untuk perawatan kulit hampir sama seperti saat kamu memakai scrub atau lulur. Kamu juga bisa memanfaatkannya dengan memadukan setengah cangkir besan bersama seperempat cangkir moong dal, setengah makan bubuk kunyit, dan sedikit susu atau air.

Multani mitti

Berbeda dari bahan-bahan sebelumnya, multani mitti sebenarnya merupakan sejenis tanah liat dengan kandungan mineral cukup tinggi. Masyarakat India pun percaya bahan yang satu ini mampu mencegah jerawat, komedo, hingga dark spot.

Bagaimana cara memakainya? Tambahkan yoghurt dan daun mint bersama multani mitti, lalu aduk sampai teksturnya membentuk pasta. Aplikasikan campuran tersebut pada bekas jerawat atau noda hitam dan diamkan selama 30 menit sebelum kamu bilas dengan air hangat.

Jadi, perawatan kulit secara alami mana yang akan Marshalova praktikan?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.