7 Cara Menyisir Rambut Kusut Agar Tidak Menyebabkan Kerontokan
Hair

7 Cara Menyisir Rambut Kusut Agar Tidak Menyebabkan Kerontokan

Rambut yang kusut bisa menjadi masalah yang serius dan menimbulkan kerusakan. Marshalova mungkin juga pernah atau sering mengalami masalah rambut kusut ini. Untungnya ada cara menyisir rambut kusut yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Rambut yang rontok sebenarnya adalah hal yang wajar. Hanya saja jika terjadi kerontokan yang sangat banyak maka Kamu tidak hanya harus menyisir rambut dengan benar, namun juga mencari tahu masalah apa yang menyebabkan rambutmu menjadi lebih mudah rontok.

Beberapa Cara Menyisir Rambut Kusut Agar Tidak Menyebabkan Rontok 

cara menyisir rambut kusut

Ada beberapa tips sederhana yang bisa membuat rambut yang kusut menjadi lebih mudah disisir agar kembali rapi dan tertata. Untuk mengatasi rambut yang khusus tersebut, Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Menggunakan Tipe Sisir yang Tepat

Salah satu penyebab rambut kusut dan kemudian menjadi rontok ketika disisir adalah penggunaan jenis sisir yang tidak tepat. Rambut dengan tipe lurus dapat disisir dengan menggunakan sisir bergigi sempit, sedangkan rambut dengan tipe bergelombang seharusnya disisir dengan memakai sisir yang bergigi lebih lebar. Menyisir rambut lurus yang panjang sebaiknya juga diawali dengan menggunakan sisir bergigi lebar sebelum memakai sisir bergigi sempit. Hal ini akan mencegah rambut menjadi kusut dan kemudian menjadi patah, pecah atau mengalami kerontokan.

Menggunakan Sisir yang Baik

Selain faktor tipe sisir yang tepat, masih ada hal lain yang tidak kalah penting terkait dengan alat yang digunakan ini. Sisir yang kotor atau memiliki gigi yang rusak sebaiknya tidak digunakan untuk menyisir rambut. Bersihkan sisir yang kotor sebelum digunakan kembali dan ganti sisir yang rusak dengan sisir baru yang dalam kondisi baik. Sisir yang kotor atau rusak justru bisa membuat rambut kusut dan rontok.

Mulai Menyisir dari Ujung

Salah satu tips penting untuk menyisir rambut yang kusut agar lebih mudah terurai adalah dengan menyisir rambut dengan diawali pada bagian ujung. Kusut yang ada di bagian ujung akan terurai terlebih dahulu dan tidak memudahkan bagian rambut selanjutnya agar tidak kusut saat disisir.

Menyisir Menggunakan Jari

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko rambut menjadi kusut dan kemudian rontok adalah menyisir memakai jari sebelum menggunakan sisir. Hal ini bisa memungkinkan rambut kusut terdeteksi lebih cepat dan segera diurai sebelum semakin kusut karena terkena sisir.

Arah Menyisir

Model potongan dan jenis rambut akan menentukan arah menyisir yang tepat agar rambut tidak menjadi kusut. Rambut pendek dan lurus dapat disisir perlahan dengan arah dari bawah ke atas. Sedangkan rambut yang bergelombang atau ikal sebaiknya disisir dengan arah ke bawah dan diawali dari bagian ujung sebelum bergeser semakin naik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan rambut terurai dan menghindarkan rambut menjadi kusut saat disisir.

Menggunakan Bedak Bayi

Rambut yang sudah terlanjur mengalami kondisi kusut bisa lebih mudah terurai dengan bantuan bedak bayi. Cara membuat rambut tidak kusut memakai bantuan bedak bayi ini bisa dilakukan dengan menaburkan bedak bayi secukupnya di bagian rambut yang kusut. Kemudian rambut yang kusut disisir secara perlahan.

Jadwal Menyisir

Sehelai rambut bisa bertahan hidup hingga 7 tahun dan kehilangan 120 helai rambut dalam sehari masih dikatakan normal bagi manusia. Salah satu cara mengurangi resiko rambut kusut dan rontok adalah dengan menyisir dengan secukupnya saja; satu atau dua kali dalam satu hari.

Itulah 7 cara menyisir rambut kusut yang bisa Marshalova praktekkan untuk mencegah rambut mengalami kerontokan. Perawatan yang baik dan tepat juga bisa membuat rambut menjadi sehat dan lembut sehingga tidak mudah kusut atau rontok.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.