8 Cara Merawat Tubuh Setelah Lahiran yang Simple dan Efektif
Body

8 Cara Merawat Tubuh Setelah Lahiran yang Simple dan Efektif

Para ibu yang telah melahirkan wajib belajar cara merawat diri. Banyak bahasan cara merawat tubuh setelah lahiran di internet, tapi rata-rata sulit dilakukan sendiri. Jika kamu ingin coba cara yang mudah dan simpel untuk diterapkan, Marsha Beauty akan membahasnya pada artikel ini.

Mungkin sebagian dari kamu memang belum mengalami hal ini ya, Marshalova. Namun, pembahasan ini bisa sebegai pengetahuan untuk kamu gunakan nantinya.

Tips dan Cara Merawat Tubuh Setelah Lahiran

Pada dasarnya perawatan yang akan disajikan di bawah ini merupakan kebiasaan atau aktivitas yang sudah tidak asing lagi bagi kamu. Namun, siapa sangka jika kebiasaan-kebiasaan berikut ini ampuh dalam merawat tubuh pasca melahirkan, tubuh pun bisa cepat pulih dengan optimal.

Coba Gaya Hidup Sehat

cara merawat tubuh setelah lahiran

Gaya hidup sehat biasanya terdiri dari mengontrol asupan nutrisi, rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Untuk asupan nutrisi, setelah melahirkan kamu harus utamakan sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan. Protein, vitamin dan mineral dari makanan tersebut akan bantu tubuh untuk recovery.

Rajin olahraga memastikan kamu bisa kembali memiliki bentuk tubuh menarik dan kencang seperti semula. Olahraga yang dipilih juta tidak harus berat, sesederhana jalan pagi dan senam lantai ringan saja sudah baik.

Cara melangsingkan tubuh setelah lahiran dengan gaya hidup sehat berikutnya adalah istirahat cukup. Waktu tidur adalah waktu tubuh recovery sel dan organ penting. Jadi pastikan dapat waktu tidur minimal 6 sampai 8 jam sehari.

Kelola Level Stress

cara merawat tubuh setelah lahiran

Stress adalah salah satu penyebab gangguan kesehatan. Sayangnya, banyak ibu-ibu mengaku mengalami stress setelah melahirkan. Stress ini datang dari rasa khawatir berlebihan akan Si Buah Hati dan juga efek hormon yang tidak seimbang setelah melahirkan.

Untuk kurangi efek stress ini, pastikan kamu beristirahat dengan cukup, melakukan kegiatan yang menghibur atau belajar relaksasi. Penggunaan senam yoga dan juga meditasi akan sangat efektif digunakan melawan rasa stress setelah melahirkan.

Konsumsi Suplemen Tambahan Kesehatan

cara merawat tubuh setelah lahiran

Cara merawat tubuh setelah lahiran seperti makan sehat, olahraga dan istirahat cukup memang baik. Tapi dalam kondisi ibu sibuk mengurus anak dan juga pekerjaan rumah lain, pasti melakukan semua hal bagus tersebut bisa terbatas.

Untuk membantu para ibu, penggunaan suplemen kesehatan tambahan bisa jadi solusi. Contoh saja jika tidak bisa olahraga dan diet, suplemen bantu jaga berat badan bisa digunakan. Jika merasa sulit tidur, suplemen bantu tidur juga bisa digunakan. Pastikan hanya gunakan solusi ini jika kepepet saja.

Hindari Makanan Instant dan Kemasan Sementara

cara merawat tubuh setelah lahiran

Kondisi badan setelah melahirkan pasti dalam proses recovery. Untuk membantu proses ini, sebaiknya kamu jangan banyak makan hidangan instan dan kemasan. Rata-rata makanan seperti ini mengandung banyak zat kimia sintetis yang bisa mengganggu kondisi tubuh. Jika kondisi tubuh lemah, gangguan ini pasti lebih terasa. Jadi lebih baik dihindari dulu sampai kamu benar-benar sehat.

Perbanyak Minum Jamu dan Herbal

cara merawat tubuh setelah lahiran

Tips merawat tubuh setelah lahiran secara tradisional tapi tetap jitu adalah minum jamu dan herbal. Contoh saja ramuan daun katuk yang baik untuk mengembangkan ASI ibu. Herbal ini bisa disesuaikan untuk kebutuhan ibu dan menjaga kesehatan tubuh. Jamu dari kunyit, asam dan sirih misalnya, bisa membantumu untuk diet dan mendapatkan nutrisi yang baik. Jadi jangan remehkan penggunaan cara tradisional ini untuk merawat tubuh kamu!

Rutin Kunjungi Dokter Untuk Check Up

cara merawat tubuh setelah lahiran

Cara merawat tubuh setelah lahiran yang mudah bisa dimulai dengan konsultasi dokter. Jika sering konsultasi, Kamu dengan mudah diarahkan untuk jaga kondisi tubuh. Dokter juga akan lakukan test untuk memastikan kondisi organ internal tidak bermasalah setelah melahirkan. Kamu bahkan bisa langsung mendapatkan obat untuk mengurangi masalah nyeri, masalah kurang tidur ataupun mendapatkan suplemen dari dokter setelah check up.

Pergi Ke Spa Atau Tempat Perawatan Kulit

cara merawat tubuh setelah lahiran

Setelah melahirkan, kamu disarankan datang ke tempat spa ataupun perawatan kulit. Di sini, kamu tidak hanya dimanjakan tapi juga dibantu dalam hadapi masalah kulit yang muncul karena hamil. Selama mengandung, hormon dalam tubuh wanita berubah dan pastinya akan pengaruhi penampilan kulit. Untuk kembalikan lagi kulit sehat dan cantik, tidak ada salahnya mengunjungi tempat perawatan ini.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit Secara Rutin

cara merawat tubuh setelah lahiran

Perawatan tubuh pada wanita tentu tidak cukup hanya jaga berat badan saja. Kamu tentu ingin kembali tampil cantik dengan kondisi kulit seperti semula. Stretch mark karena hamil adalah musuh utama para ibu setelah melahirkan. Sebagai solusi masalah ini, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Biasanya krim malam dan luluran akan membantu hal ini. Cari produk yang memberi nutrisi pada kulit dan mendukung perkembangan sel baru. Sel kulit baru yang dihasilkan tubuh akan bentuk pulihkan tampilan kulit yang bermasalah selama mengandung.

Sekian bahasan tentang 8 cara merawat tubuh setelah lahiran yang mudah dan simpel. Mudah – mudahan bahasan di atas bisa membantumu sebagai ibu yang baru melahirkan agar tetap sehat.

Sumber : alodokter, id.theasianparent, popmama

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.