AHA BHA Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja? Apa Bahayanya?
Skincare

AHA BHA Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja? Apa Bahayanya?

Kini banyak produk perawatan kulit wajah yang beredar di pasaran. Beberapa produk tersebut bahkan mengandung bahan aktif yang efektif untuk mengatasi masalah kulit wajah. Salah satu bahan aktif tersebut adalah AHA BHA. Beberapa orang juga menganggap bahwa menggunakan skincare berlapis dapat mempercepat mengatasi masalah kulit wajah. Namun sebenarnya bahan aktif tidak boleh digunakan berlapis secara sembarangan. Kemudian, AHA BHA tidak boleh dicampur dengan apa saja?

Salah-salah menggunakan bahan aktif bersamaan secara sembarangan justru dapat menyebabkan iritasi bahkan masalah kulit yang lebih serius. Jadi Marshalova harus berhati-hati dalam menggunakan skincare ini ya!

Kandungan AHA BHA Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja?

AHA merupakan salah satu bahan kimia yang dapat meng eksfoliasi sel kulit. Sedangkan BHA merupakan salah satu bahan kimia yang membantu proses penyembuhan pada luka dan membantu pembentukan lapisan kulit.

Ada beberapa bahan aktif yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan AHA BHA karena berbahaya. Berikut bahan-bahan tersebut:

1. AHA BHA dan Retinoid

Mencampurkan AHA atau BHA dan retinoid dapat meningkatkan potensi iritasi. Selain itu, kemungkinan AHA BHA menonaktifkan retinoid juga tinggi. Hal ini karena retinoid memiliki struktur yang kurang stabil.

Jadi, ketika AHA BHA dan retinoid digabungkan Anda justru tidak mendapat manfaat dari skincare Anda. Bahkan dapat memperburuk keadaan kulit Anda.

Baca Juga: Eiem Beauty Brightening Serum, Inilah Kandungan yang Ada di Dalamnya

2. AHA BHA dan Niacinamide/Vitamin B3

Marshalova penggemar dua bahan ini dalam rangkaian perawatan? Sebenarnya AHA BHA tidak boleh dicampur dengan apa saja, ya? Benarkah tidak boleh dicampur dengan niacinamide atau vit B3?

Menggabungkan penggunaan AHA BHA dan niacinamide atau vit B3 sebenarnya boleh. Tetapi, Anda harus memberikan jeda minimal 30 menit. Hal ini akan memberi waktu untuk bahan pertama menembus kulit dan menjaga tingkat pH.

Untuk menghindari iritasi dan agar lebih aman, Anda juga dapat mengatur penggunaannya. Misal menggunakan niacinamide di pagi hari dan menggunakan AHA BHA di malam hari. Dengan cara ini iritasi akan sangat mungkin Anda hindari.

3. AHA dan Vitamin C

Antioksidan vitamin C memiliki struktur yang sangat tidak stabil. Vitamin C juga sangat sensitif terhadap perubahan pH. Mencampurkan AHA dengan vitamin C akan mengurangi penyerapan bahan ke kulit.

Mengkombinasikan AHA dan vit C dapat membuat iritasi yang hebat. Terlebih bagi Marshalova yang memiliki kulit sensitif terhadap vitamin C. Kedua bahan ini menyebabkan pengelupasan kulit dan pergantian sel kulit. Jika tidak ingin mengalami iritasi parah, coba hindari menggunakan kedua bahan ini bersamaan, ya!

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja Kandungan Dalam Skincare Dan Manfaatnya

4. BHA dan Benzoyl Peroxide

Menggabungkan BHA dan benzoyl peroxide akan membuat kedua bahan ini bekerja secara lebih aktif. Namun karena kerjanya yang lebih aktif, kulit akan mengalami pengelupasan yang hebat disertai dengan iritasi yang parah.

Untuk mencegah kemerahan pada kulit, pisahkan penggunaan BHA dan benzoil peroksida. Semua bahan BHA dan benzoil peroksida menyebabkan pergantian sel yang cepat disusul dengan kemerahan dan iritasi parah.

Meski demikian, Marshalova tetap boleh, kok, menggunakan bahan-bahan di atas asal berhati-hati. Pelajari betul-betul kandungan skincare Anda dan jangan asal menggabungkan skincare, ya! Jangan lupa pula selalu gunakan tabir surya setiap hari terutama bila menggunakan AHA BHA juga bahan-bahan aktif lain.

Gunakan juga pelembab untuk menghindari iritasi. Demikian informasi tentang AHA BHA tidak boleh dicampur dengan bahan apa saja dan bahaya yang ditimbulkannya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.