Aneka Perawatan Ampuh untuk Menghilangkan Uban di Rambut, Cobain Deh!
Hair

Aneka Perawatan Ampuh untuk Menghilangkan Uban di Rambut, Cobain Deh!

Bagaimana sih cara menghilangkan uban secara alami dan hasilnya permanen? Munculnya uban di rambut di usia yang masih muda tentu bikin was-was ya, Girls. Meski hanya satu-dua helai saja, tapi kehadiran uban ini sangat mencolok di tengah lebatnya rambut hitam. Ini jelas bisa mengganggu penampilan dan semakin membuat tidak percaya diri.

Seperti yang dilansir dari Healthline, peristiwa perubahan warna rambut dari warna asli menjadi warna abu-abu atau putih merupakan sesuatu yang alami. Hal ini dikarenakan dalam tubuh memiliki folikel rambut yang berupa kantung kecil yang melapisi sel kulit. Di dalam folikel inilah terdapat melanin yang memberikan warna pada rambut. Folikel akan kehilangan pigmen seiring bertambahnya usia, sehingga rambut pun jadi memutih.

Penyebab Timbulnya Uban di Rambut

Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang menyebabkan uban, yakni sebagai berikut:

1. Genetika: Faktor keturunan ini tidak bisa kita hindari. Jika kamu punya orangtua atau saudara yang ubanan di usia muda, bisa jadi kamu akan mengalaminya juga. Faktor genetika ini punya pernana yang besar terkait pertumbuhan uban pada rambut.

2. Efek Kimiawi pada Produk Perawatan Rambut: Seperti yang diulas pada Medical News Today, uban pada rambut ditimbulkan akibat efek kimiawi yang ada pada produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner atau produk pewarnaan rambut.

Kandungan kimia pada produk perawatan rambut yang memicu terjadinya uban salah satunya adalah hidrogen peroksida. Jika kandungan ini digunakan secara berlebihan, maka bisa mengirangi produksi melanin sehingga rambutpun memutih.

3. Kekurangan Vitamin B-12: Vitamin B-12 berperan penting dalam memberikan energi serta menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Jika kekurangan zat ini, maka tubuh bisa mengalami anemia pernisiosa, sehingga produksi sel darah merah yang membawa okisgen ke sel-sel rambut jadi terhambat. Kurangnya asuoan oksigen ini menyebabkan sel rambut yang melemah, serta mengurangi produksi melanin.

4. Stress: Faktor ini tidak kalah penting lho, Girls! Bekerja terlalu keras, banyak pikiran, tubuh capek yang menimbulkan stress bisa memicu tumbuhnya uban pada rambut.

Stress bisa dialami oleh siapa saja, bisa menyebabkan gangguan susah tidur, rasa gelisah, nafsu makan menurun dan tekanan darah naik. Seperti yang dilansir dari sebuah studi Nature Medicine tahun 2013, stress bahkan bisa memicu penipisan sel induk pada folikel rambut serta menguras zat yang memberikan warna alami pada rambut.

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan uban secara alami:

Cara Menghilangkan Uban dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi kemunculan uban pada rambut. Seperti yang dikutip dari Nutrution Inside, caranya adalah dengan menumbuh beberapa helai daun jambu biji. lalu mencampurkannya dengan 2 sendok makan mustard oil. Setelah itu, campuran tersebut tinggal diaplikasikan pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

Cara Menghilangkan Uban dengan Teh Hitam

Selain daun jambu biji, teh hitam juga bisa mengatasi ubanan. Caranya adalah sebagai berikut: rebus 2 sendok teh hitam di dalam satu gelas air, lalu diamkan beberapa saat hingga dingin. Saring rebusan tersebut sampai terpisah antara daun dengan airnya. Aplikasikan cairan tersebut ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala, sesekali pijat dengan lembut. Diamkan selama satu jam, dan yang terakhir adalah bilas hingga bersih.

Cara Menghilangkan Uban dengan Daun Salam

Cara menghilangkan uban secara alami lainnya adalah dengan menggunakan daun salam. Daun salam sendiri biasanya digunakan sebagai rempah untuk makanan. Namun siapa sangka, daun salam juga bermanfaat baik bagi kesehatan rambut. 

Caranya adalah cukup dengan mengoleskan air rendaman daun salam pada rambut. Diamkan selama 15 - 20 menit. Lakukan hal ini secara teratur agar hasilnya lebih optimal.

Cara Menghilangkan Uban dengan Kopi

Cara menghilangkan uban selanjutnya adalah dengan menggunakan kopi. Selain menutupi uban, kopi juga dapat membuat rambut terlihat lebih hitam. Namun, yang perlu kamu ketahui adalah kopi tidak akan membuat rambut berubah warna secara drastis, sifatnya pun hanya bertahan sementara saja. 

Caranya cukup mudah, seduh kopi hitam dalam segelas cangkir. Ambil setengah cangkir seduhan kopi tersebut, lalu campurkan dengan 2 sendok makan kopi bubuk dan 1 cangkir conditioner. Aduk hingga merata. Aplikasikan campuran tersebut pada rambut rambut yang sudah dicuci bersih. Biarkan selama satu jam, tunggu hingga mengeras. Langkah terakhir adalah membilas rambut hingga bersih

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.