Apa Itu Ceramide Dalam Skincare? Ternyata Inilah Sejumlah Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Ceramide
Skincare

Apa Itu Ceramide Dalam Skincare? Ternyata Inilah Sejumlah Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Ceramide

Marshalova, kamu pernah tidak sih melihat sebuah produk skin barrier dengan kandungan ceramide? Penasaran tidak apa itu ceramide dalam skincare?  Sebenarnya, ceramide sendiri adalah lemak alami yang ada di kulit manusia dan membentuk sekitar 30-40 persen lapisan kulit luar atau epidermis.

Ceramide sendiri adalah bagian dari lipid atau lemak, yang dikenal sebagai sphingolipid. Pada dasarnya ada 9 jenis ceramide yang ditemukan di kulit manusia namun fungsi semuanya tetap sama. Kira-kira apa sih manfaat dari ceramide dan mengapa produk ini banyak muncul di berbagai skin barrier?

Apa Itu Ceramide Dalam Skincare 

Ceramide sangat penting untuk kulit karena membantu mengunci hidrasi kulit. Saat wanita mencapai usia 30-an, kulit kehilangan sekitar 40% ceramide dan akan meningkat menjadi 60% ketika mencapai usia 40-an.

Ceramide sendiri adalah lemak yang menjaga kulit dari beragam faktor kerusakan dan mencegahnya kehilangan kelembapan.

Ceramide itu apa? Ceramide terdiri dari sesuatu yang dikenal sebagai sphingosine, yang pada dasarnya adalah rantai atom karbon dengan asam amino yang melekat padanya. Jenis ceramide berubah berdasarkan sphingosine dan asam lemak yang mengikatnya.

Ceramide yang ada pada skin barrier adalah bahan yang paling banyak digunakan saat ini. Struktur dan fungsi pelindung kulit bergantung pada ceramide, yang merupakan molekul lipid.

Ceramide diproduksi dalam tubuh manusia, tetapi seiring bertambahnya usia, kadarnya di kulit menurun. Itulah mengapa kamu perlu yang namanya produk skin barrier dengan ceramide.  Kalau kamu kurang ceramide, maka kulit akan jadi lebih kering dan sensitif.

Untuk meningkatkan kesehatan kulit, krim ceramide atau pelembap ceramide dapat digunakan sebagai produk skincare rutin. Skin barrier dengan ceramide dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat Ceramide Dalam Produk Skin barrier

Marshalova, menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan dengan ceramide ke dalam rutinitas harianmu bisa membantu melindungi lapisan kulit kamu dan meningkatkan hidrasi kulit dengan lebih baik.

Inilah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan produk yang ada ceramidenya :

1. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Seiring bertambahnya usia, tingkat ceramide dalam kulitmu akan turun, melemahkan stratum korneum, atau lapisan pelindung luar kulit dan mendorong munculnya tanda penuaan.

Hilangnya penghalang kulit ini juga dapat membuat infeksi dan iritasi kulit lebih mungkin terjadi. Nah, kamu butuh yang namanya ceramide untuk bisa membuat kulitmu tetap sehat

2. Meningkatkan Hidrasi

Ceramide untuk kulit dapat meningkatkan hidrasi dan membantu mempertahankan kelembapan. Dehidrasi hanyadapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah.

Ketika kamu kekurangan ceramide, maka kulitmu jadi lebih mudah kering dan meradang bahkan menyebabkan pengelupasan dan juga garis-garis halus. Ceramide membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam sehingga tekstur kulitmu lebih halus secara keseluruhan.

3. Memulihkan Skin barrier

Pengelupasan kulit yang berlebihan dan penggunaan sabun yang keras merusak skin barrier. Skin barrier yang kehilangan ceramide bisa membuat tanda penuaan di wajahmu jadi lebih jelas

Ketika skin barrier terganggu, bakteri dapat dengan mudah masuk ke kulit yang akhirnya menyebabkan iritasi. Jika kamu ingin menjaga skin barrier tetap utuh, maka penting untuk menutrisinya dengan ceramide

4. Meredakan Peradangan Kulit

Jika skin barrier kamu tidak berfungsi dengan baik, kulit akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya air epidermal sementara, yang menyebabkan kulit meradang dan kering.

Jenis kulit ini juga rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat, eksim, rosacea, dan psoriasis. Ceramide bekerja untuk memastikan skin barrier lebih sehat sehingga tidak ada masalah yang terjadi.

Marshalova sudah tahu apa itu ceramide dalam skin barrier dan seberapa besar manfaatnya bukan? Kalau ingin membuat kulit wajah jadi lebih sehat, pilihlah skin barrier yang mengandung skin barrier. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.