Apa itu Niacinamide Dalam Skincare dan Apa Manfaatnya Untuk Wajah?
Skincare

Apa itu Niacinamide Dalam Skincare dan Apa Manfaatnya Untuk Wajah?

Pertanyaan apa itu niacinamide dalam skincare dan apa saja manfaatnya untuk kulit wajah mungkin pernah muncul di kepala Anda. Niacinamide sendiri memang sering ditemukan pada sejumlah produk skincare tertentu, mulai daritoner hingga serum.

Produk yang mengandung niacinamide tersebut juga ramai digandrungi oleh orang-orang penggemar produk perawatan kulit karena dianggap mampu memberikan manfaat yang baik untuk wajah.

Apa itu Niacinamide dalam Skincare dan Apa Manfaatnya?

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang merupakan nutrisi esensial bagi tubuh. Vitamin B3 sendiri merupakan anggota vitamin B kompleks yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit, sistem pencernaan bahkan kesehatan mental.

Niacinamide yang terkandung dalam produk skincare memiliki potensi manfaat yang beragam untuk membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Karena itu tak heran jika kini banyak bermunculan skincare yang menggunakan niacinamide dalam komposisi pembuatannya.

Dalam label produk skincare, niacinamide tertulis niacin dan nicotinamide. Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari menggunakan skincare yang memiliki niacinamide ini berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Melembapkan Kulit

apa itu niacinamide dalam skincare

Manfaat kandungan niacinamide untuk wajah yang pertama yaitu mampu melembabkan kulit wajah. Menurut beberapa ahli, niacinamide dapat membantu menghasilkan ceramide atau lapisan penghalang lemak di wajah serta menghasilkan protein pada kulit.

Hal ini lah yang mampu mempertahankan kelembaban wajah dan dapat mencegah kerusakan. Manfaat ini juga dapat dirasakan oleh berbagai kulit apalagi untuk kulit kering atau kulit yang sudah menua.

Baca Juga:Alpha Arbutin Boleh Digabung dengan Bahan Aktif Skincare Apa Saja?

Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan      

apa itu niacinamide dalam skincare

Niacinamide juga mampu meminimalisir tanda penuaan di kulit wajah. Kandungannya sebanyak 5 % dapat membantu untuk mengurangi kerutan serta garis halus diwajah yang biasanya terjadi karena terkena paparan sinar matahari langsung.

Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

apa itu niacinamide dalam skincare

Manfaat niacinamide selanjutnya yaitu dapat menyamarkan noda hitam seperti bekas jerawat diwajah. Hal ini karena niacinamide mampu merangsang adanya produksi kolagen di wajah. Untuk hasil yang maksimal tentunya kamu harus menggunakan produknya dengan rutin.

Mengobati Jerawat

apa itu niacinamide dalam skincare

Manfaat niacinamide untuk kulit berjerawat yaitu mampu meredakan dan mengatasi jerawat serta membuat tekstur kulit lebih baik. Selain itu, kandungan ini juga mampu mengatasi peradangan pada kulit seperti eksim dan rosacea.

Mengendalikan Produksi Minyak

apa itu niacinamide dalam skincare

Untuk kamu yang memiliki wajah berminyak maka skincare dengan kandungan niacinamide dapat membantumu. Hal ini karena niacinamide memiliki kandungan vitamin B3 yang mampu mencegah kerja kelenjar sebasea yaitu kelenjar yang memproduksi minyak diwajah agar tidak memproduksi minyak yang berlebih.

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

apa itu niacinamide dalam skincare

Paparan sinar matahari di kulit saat beraktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan berbagai kerusakan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kandungan niacinamide dalam skincare mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

Mencegah Stres Oksidatif

apa itu niacinamide dalam skincare

Stres oksidatif merupakan stres pada kulit yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Kandungan niacinamide mampu meminimalisir hal tersebut dan akan membangun sel kulit serta melindunginya dari paparan stres lingkungan seperti polusi, racun dan paparan sinar matahari.

Baca Juga:Yuk Kenali Keunggulan Vitamin B5 dalam Skincare!

Mencegah Melanoma

apa itu niacinamide dalam skincare

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang muncul pada sel penghasil melanin yaitu pigmen pemberi warna kulit yang terjadi akibat paparan sinar UV. Niacinamide dalam skincare dipercaya dapat meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak karena sinar UV sehingga mampu mencegah kanker melanoma.

Dengan berbagai manfaat ini kamu dapat mulai mempertimbangkan untuk menggunakan skincare yang mengandung niacinamide.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.