Apa Saja Perbedaan Celana Bahan dan Chino? Yuk, Simak Penjelasannya!
Lifestyle

Apa Saja Perbedaan Celana Bahan dan Chino? Yuk, Simak Penjelasannya!

Celana chino dan celana bahan sangat sering dipakai cewek-cewek untuk sehari-hari. Mungkin kamu juga cukup sering menggunakannya. Tapi apakah kamu sudah tahu perbedaan celana bahan dan chino? Penting untuk mengetahuinya agar kamu bisa menggunakan jenis celana yang tepat.

Pemilihan celana sedikit banyak akan mempengaruhi penampilanmu secara keseluruhan, Girls. Oleh sebab itu, pemilihan modelnya juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai memilih celana yang salah sehingga looks-nya menjadi kurang bagus.

Mengenal Celana Bahan dan Chino

Sebelum masuk ke pembahasan terkait perbedaan celana bahan dan chino, sebaiknya kamu memahami pengertian dari masing-masing jenis bawahan tersebut.

  • Apa Itu Celana Bahan?

Celana bahan merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut celana formal, baik untuk pria maupun wanita. Celana bahan untuk wanita kebanyakan memiliki potongan slim fit atau mengikuti bentuk kaki.

Celana ini umumnya dilengkapi dengan resleting dan pengait di bagian depan. Beberapa jenis celana juga dilengkapi dengan ban karet untuk memudahkan pemakaian, terutama untuk wanita yang memiliki ukuran pinggul besar tapi pinggangnya kecil.

Celana bahan seperti ini umumnya dilengkapi dengan saku di bagian samping. Tapi ada juga celana bahan yang tidak dilengkapi saku sama sekali. Tidak ada saku di bagian belakang celana formal wanita.

Bahan yang digunakan pada celana bahan umumnya adalah katun yang dipadukan dengan kain lainnya agar sedikit lebih stretchy. Namun celana bahan biasanya tidak bisa melar terlalu lebar agar tetap mempertahankan looks formalnya. 

Model celana ini bisa kamu pasangkan dengan kemeja, blazer, maupun blouse. Meski namanya adalah celana formal, kamu tetap bisa memakai celana ini ketika berbusana semi formal maupun casual, Girls.

  • Apa Itu Celana Chino?

Istilah chino sendiri diambil dari negara tempat kain katun twill berasal, yaitu Cina. Celana chino awalnya didesain untuk digunakan oleh laki-laki. Namun seiring dengan perkembangan fashion, banyak juga wanita yang memakainya hingga kemudian dibuatlah celana chino khusus untuk wanita. 

Chino umumnya dibuat menggunakan kain twill, yaitu katun 100 persen. Namun tidak sedikit yang mencampurkan bahan spandex ke kain twill agar lebih stretchy dan lentur. Umumnya, celana satu ini dibuat dengan potongan yang mirip dengan trouser.

Celana chino lebih fleksibel untuk digunakan kalau dibandingkan dengan celana bahan. Pasalnya, jenis bawahan satu ini tetap cocok untuk looks yang formal, semi formal, hingga casual atau santai. 

Kalau kamu masih bertanya-tanya, apakah celana chino termasuk celana formal? Jawabannya adalah iya, kamu bisa memakainya untuk looks resmi.

Ciri khas dari celana ini adalah memiliki kantung di bagian samping dan belakang. Di bagian samping, model sakunya sama seperti celana formal. Namun saku di bagian belakang celana chino umumnya memakai mode passepoille yang hanya terlihat belahan dua lajur atas dan bawah.

Banyak wanita yang suka mengenakan celana chino untuk keseharian karena potongannya membuat kaki tampak lebih jenjang. Kamu bisa memadukannya dengan atasan apa saja, Girls. Punya satu celana chino saja sudah cukup untuk membuat beragam OOTD yang menarik.

Perbedaan Celana Bahan dan Chino

Di atas sudah dijelaskan tentang pengertian celana bahan dan celana chino. Jadi, ada beberapa perbedaan di antara keduanya dan kamu dapat menyimaknya pada tabel berikut ini.

Celana Bahan

Celana Chino

Looks formal

Looks formal dan casual

Tidak terlalu stretchy

Umumnya lebih stretchy dan lentur

Tidak terdapat saku sama sekali atau hanya ada di bagian samping    

Ada saku di bagian samping dan belakang     

Dengan membaca penjelasan di artikel ini, tentu kamu sudah memahami perbedaan celana bahan dan chino kan, Girls? Jadi, jangan terlalu bingung ketika akan memilih salah satu di antara keduanya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan serta looks yang ingin kamu tampilkan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.