Apa Saja Perbedaan EDT dan EDP? Yuk Simak di Bawah Ini!
Fragrance

Apa Saja Perbedaan EDT dan EDP? Yuk Simak di Bawah Ini!

Perbedaan EDT dan EDP berikut ini mungkin tidak disadari oleh sebagian orang. Bahkan mungkin ada yang mengira bahwa keduanya sama. Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Eau de Toilette dan Eau de Parfum bukan? Kedua istilah tersebut pastinya sering kamu temukan pada botol parfum berbagai merek.

Mungkin dalam mencari parfum kamu juga memperhatikan orang lain mencari parfum dengan kedua istilah tersebut. Atau kamu sendiri juga sama. Lalu apa sebenarnya Eau de Toilette dan Eau de Parfum? adakah perbedaannya? Yuk simak penjelasannya berikut.

Ketahui Perbedaan EDT dan EDP

Sebenarnya Eau de Toilette dan Eau de Parfum merupakan salah dua dari beberapa jenis parfum. Wewangian badan yaitu parfum memang memiliki beberapa jenis yang berbeda. Dua di antaranya sudah disebutkan di atas, sedangkan jenis lainnya yaitu Extrait de Parfum, Eau de Cologne dan juga Eau Fraiche. Setiap jenis parfum tersebut memiliki perbedaan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah kali ini kita akan berfokus pada perbedaan antara Eau de Toilette dan Eau de Parfum.

Eau de Toilette

Eau de Toilette atau yang disingkat sebagai EDT parfum adalah pewangi tubuh yang memiliki aroma ringan sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Jenis ini memiliki essential oil hanya sebesar 5-10 % sehingga membuatnya hanya mampu bertahan 2 sampai 3 jam saja.

Jika menggunakannya kamu pun harus sering-sering menyemprotkan EDT lagi agar tubuhmu tetap wangi kapan pun itu. Aroma yang dimiliki juga biasanya lebih segar dan memberi kesan ceria. Meskipun hanya memiliki daya tahan yang sebentar namun EDT merupakan jenis parfum yang paling populer. Apalagi harganya juga lebih terjangkau karena memiliki kadar alkohol yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Parfum Wanita Murah di Indomaret Wangi Tahan Lama

Untuk mendapatkan wangi yang maksimal dalam menggunakan EDT kamu bisa menyemprotkannya pada titik-titik nadi. Misalnya yaitu pada bagian pergelangan tangan, sisi kanan dan kiri leher, serta belakang siku. Jangan lupa untuk menyemprotkannya lagi setelah beberapa jam.

Eau de Parfum

Eau de Parfum atau EDP parfum adalah jenis wewangian tubuh yang memiliki aroma lebih kuat serta paling sering ditemui pada pusat perbelanjaan. EDP memiliki tingkat konsentrasi essential oil yang lebih tinggi yaitu sebesar 10-15% sehingga aromanya mampu bertahan hingga 10 jam di kulit dan sekitar 16 jam pada pakaian. Dengan daya tahan tersebut, maka wajar jika harga EDP akan lebih mahal.

Karena memiliki aroma yang kuat pun, tidak semua orang tahan dan menyukai bau EDP ini. Biasanya orang-orang juga hanya menggunakan EDP ketika menghadiri acara yang besar daripada digunakan untuk sehari-hari. Agar aroma EDP bisa benar-benar keluar dan menempel kuat seharian, maka kamu bisa menyemprotkannya pada baju dan rambut. Namun jangan menyemprotkannya terlalu banyak karena aromanya yang sudah kuat. Gunakan secukupnya saja.

Baca Juga: Perbedaan Body Mist dan Eau De Toilette, Jangan Sampai Salah Beli

Perbedaan

Dari penjelasan antara EDT dan EDP di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang paling menonjol antara keduanya yaitu pada kandungan essential oil. EDT hanya memiliki kandungan essential oil 5-10% sedangkan EDP memiliki kandungan 10-15%. Kemudian aroma EDT lebih ringan sedangkan EDP lebih kuat. Dari segi harga, EDT lebih terjangkau sedangkan EDP akan lebih mahal.

Mungkin Anda juga memiliki pertanyan parfum yang tahan lama EDT atau EDP, maka jawabannya yaitu EDP. Demikianlah pembahasan tentang perbedaan antara Eau de Toilette dan Eau de Parfum. Setelah mengetahuinya tentunya kamu bisa menentukan untuk menggunakan jenis parfum mana.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.