Apakah Alis Kalau Dicukur Bisa Tumbuh Lagi, Cari Tahu Yuk
Hair

Apakah Alis Kalau Dicukur Bisa Tumbuh Lagi, Cari Tahu Yuk

Alis adalah salah satu pendukung penampilan seseorang agar terlihat menarik. Beberapa cara dilakukan untuk mempercantik tampilan alis. Salah satunya dengan mencukur alis sesuai dengan model yang kamu inginkan. Namun ada yang masih belum tahu apakah alis kalau dicukur bisa tumbuh lagi.

Ada mitos yang mengatakan bahwa mencukur alis bisa membuatnya tidak tumbuh kembali. Padahal yang terpenting harus memperhatikan sisi higienis saat mencukur sehingga tidak memicu  iritasi. Untuk berapa lama alis akan tumbuh kembali setelah cukur, biasanya tergantung masing-masing individu. 

Ketahui Apakah Alis Kalau Dicukur Bisa Tumbuh Lagi

Alis dan bulu mata yang berfungsi untuk menjaga mata agar bebas dari kotoran. Jika kamu berencana untuk mencukur habis, maka sedikit lebih rentan terhadap hal-hal seperti debu, kotoran, dan keringat yang masuk ke mata. Cara aman mencukur alis seperti bagian tubuh lainnya yang halus, yakni perlu kamu lakukan dengan hati-hati.

Saat mencukurnya sendiri, lakukan dengan lembut untuk menghindari torehan dan luka. Selain itu, penting pula mengambil tindakan pencegahan secara ekstra. Pastikan selalu memegang pisau cukur pada sudutnya saat bercukur. Pilihan lainnya untuk menghilangkan rambut, seperti tweezing atau waxing. Namun akan lebih baik jika seorang profesional yang melakukannya.

Baca Juga: Shampoo apa yang bisa Meluruskan Rambut? Temukan Jawabannya di Sini!

Sebenarnya mencukur alis bisa membuatnya tumbuh kembali. Namun hindari untuk mencukur habis alis agar tidak mempengaruhi kesehatan mata. Rambut alis berguna sebagai penghalang debu atau air sehingga tidak langsung mengenai mata. Bahkan mencukur habis alis bisa mengakibatkan alis tidak tumbuh kembali dengan sempurna. 

Bahaya Mencukur Alis dan Risikonya

Meski mencukur alis cukup aman, namun bukan tanpa risiko. Tentu ada beberapa bahaya mencukur alis yang mesti kamu perhatikan. Sebab, berada pada area wajah, tentu harus lebih hati-hati untuk melakukannya. Ini nantinya bisa berdampak pada penampilan wajah. Bahaya mencukur alis juga memberikan beberapa risiko jaringan parut, namun jika melukai kulit saat sedang mencukur. Bahkan juga bisa mengalami iritasi, seperti saat kamu mencukur area lainnya.

Jika tidak cukur dengan teknik yang tepat, mencukur bisa menarik rambut dan mengiritasi folikel. Hal ini bisa menyebabkan benjolan pisau cukur yang memerah. Selain itu, pencukuran berulang dan teratur pada area yang sama juga bisa memicu iritasi kulit, perubahan tekstur, serta pigmen sekunder.

Apalagi, rambut setiap orang bisa tumbuh kembali dengan tingkat yang berbeda. Alis mungkin tumbuh berbeda untuk kecepatannya daripada rambut kepala. Sehingga bisa membuat mencukur alis kamu cukup berisiko. Tentu tidak bisa memprediksi berapa lama waktu yang kamu butuhkan alis untuk tumbuh kembali. Tingkat pertumbuhan rambut yang sifatnya genetik dan berkaitan dengan usia.

Baca Juga: Apa Warna Rambut yang Bagus untuk Rambut Pendek? Cek di Sini!

Cara Mencukur Alis yang Tepat

Ada cara mencukur alis yang tepat, yakni pegang kulit alis kamu dengan kencang dan menariknya perlahan ke arah dahi. Sebaiknya menggunakan tangan yang tidak dominan untuk memegang kulit dan tangan yang dominan untuk mencukur alismu. Coba gunakan petroleum jelly untuk menutupi seluruh rambut yang ingin kamu pertahankan. Hal ini juga bisa membantu kamu agar tidak mencukurnya secara tidak sengaja.

Pastikan menggunakan bilah khusus alis dan usap dengan lembut rambut ke arah pertumbuhan. Kamu perlu melewati area bertekstur, seperti noda atau tahi lalat. Untuk membantu meminimalisir kemungkinan terjadinya luka akibat pisau cukur, maka hindari terlalu sering mencukur pada area yang sama. Selanjutnya cuci wajah dengan lembut untuk menghilangkan rambut sisa cukur dan krim cukur atau pelumas.

Apakah alis kalau dicukur bisa tumbuh lagi, tentu bisa tumbuh kembali. Asalkan tidak mencukur habis alis, sebab bisa membuatnya tidak tumbuh dengan sempurna. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.