Apakah Cushion Sama dengan Foundation? Simak Jawabannya Biar Nggak Salah Pilih
Makeup

Apakah Cushion Sama dengan Foundation? Simak Jawabannya Biar Nggak Salah Pilih

Ada dua base yang sering dipakai dalam makeup, yaitu cushion dan foundation. Apakah cushion sama dengan foundation? Meski keduanya sama-sama digunakan untuk base dalam makeup, ternyata ada beberapa perbedaan, Girls.

Nah, kalau kamu ingin mengetahui perbedaan antara cushion dan foundation, sebaiknya simak penjelasan yang akan diberikan di sini. Kalau kamu sudah memahami perbedaannya, tentu jadi tidak bingung lagi untuk memilih base makeup yang sesuai kebutuhan.

Apakah Cushion Sama dengan Foundation?

Dua produk ini berbeda, Girls, meski sama-sama bisa dipakai untuk makeup. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa hal yang membedakan keduanya.

1. Kemasan atau Packaging

Hal pertama yang membedakan antara cushion dan foundation adalah kemasannya. Foundation lebih sering dikemas dalam botol kaca maupun botol tube. Ada juga yang mengemasnya dalam bentuk botol pump untuk mempermudah pemakaian.

Dalam kemasan foundation juga tidak disertai dengan aplikator. Jadi, kamu harus membeli aplikator secara terpisah untuk memakainya.

Sementara cushion lebih sering dikemas dalam sebuah wadah yang mirip seperti compact powder. Di dalam kemasan tersebut juga sudah tersedia aplikasi yang berupa puff atau spons. Artinya, cushion jauh lebih praktis kalau dibandingkan dengan foundation.

2. Tekstur

Kalau dari segi kepraktisan, cushion memang menang. Tapi masih banyak yang mempertanyakan lebih bagus cushion atau foundation? Pertanyaan tentang perbandingan kualitas produk yang berbeda ini memiliki jawaban relatif. 

Pasalnya, kedua produk ini memiliki tekstur yang cukup berbeda. Cushion umumnya lebih kental dan tidak terlalu runny sehingga tidak mudah tercecer atau tumpah dari wadahnya.

Sedangkan foundation memiliki tekstur yang lebih cair dan runny. Sebaiknya kamu berhati-hati saat menuangkan produk foundation ke tangan. Tekstur yang seperti ini juga membuat foundation kurang praktis saat dibawa ke mana-mana.

3. Shade Warna 

Saat membeli cushion atau foundation, kamu tentu harus memilih shade yang sesuai dengan warna kulit. Memang cukup sulit untuk mendapatkan produk yang shade-nya benar-benar cocok, Girls.

Foundation yang dijual di pasaran saat ini memiliki jenis shade yang sangat beragam. Mulai dari shade yang sangat terang hingga ke shade gelap. Oleh karena itu, kamu akan lebih mudah menemukan foundation yang sesuai dengan shade kulit.

Sementara cushion lebih didesain untuk kepraktisan dan mudah dibawa ke mana-mana. Tidak heran kalau saat ini pilihan shade-nya masih sangat terbatas. Kebanyakan brand hanya memiliki shade yang basic saja untuk cushion.

4. Coverage

Saat mencari cushion terbaik atau foundation, coverage tentu menjadi satu hal yang dipertimbangkan. Kalau kamu mencari alas bedak yang memiliki full coverage, foundation adalah pilihan yang paling tepat. Banyak sekali foundation full coverage yang dijual di pasaran.

Sementara untuk cushion, kemampuan coverage-nya tidak sebaik foundation. Umumnya cushion hanya memiliki kemampuan medium coverage. Sehingga kurang bisa diandalkan untuk menutupi noda-noda maupun jerawat yang ada di wajah.

Kalau kamu mencari produk untuk daily makeup, cushion masih dapat diandalkan karena lebih ringan kalau dibandingkan foundation. Sebaiknya kamu perhatikan lagi tingkat coverage karena setiap produk mungkin saja memiliki kemampuan berbeda untuk hal ini.

5. Cara Penggunaan

Poin terakhir yang membedakan antara cushion dan foundation adalah cara penggunaannya. Penggunaan cushion kurang lebih sama seperti memakai bedak two way cake. Tap-tap ke wajah dan sedikit digoyang agar cushion menempel dengan baik.

Sementara untuk foundation, kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan tangan langsung, kuas, maupun beauty blender. 

Jadi, apakah cushion sama dengan foundation? Berbeda ya, Girls, tapi keduanya sama-sama bisa kamu pakai untuk alas bedak. Jangan bingung untuk memakai foundation atau cushion dulu karena kamu bisa memilih salah satunya saja.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.