Apakah Cushion Sama dengan Foundation? Yuk Kenali Perbedannya!
Makeup

Apakah Cushion Sama dengan Foundation? Yuk Kenali Perbedannya!

Sebagai alas bedak, ternyata masih banyak yang belum tahu perbedaan antara cushion dan foundation. Bahkan ada yang terang-terangan bertanya apakah cushion sama dengan foundation. Supaya tak salah pakai ketika mengaplikasikannya, kamu harus tahu perbedaan diantara keduanya ya, girls. 

Sekilas cushion dan foundation memang sama-sama bisa menyamarkan flek hitam, kerutan, hingga warna kulit yang tak merata. Kamu bisa menggunakan salah satu dari produk ini atau dua-duanya sekaligus untuk dapatkan hasil riasan yang maksimal.

Apakah Cushion Sama dengan Foundation? 

1. Kemasan dan Kepraktisan Produk 

Antara cushion dan foundation, cushion lebih unggul karena kemasan yang lebih travel friendly. Kamu pun tak akan kesulitan membawanya kemana-mana, apalagi untuk sekedar touch up riasanmu. 

Cushion punya kemasan serupa compact powder, lengkap dengan cemin dan aplikator. Ini tentu berbeda dengan foundation yang punya kemasan lebih berat dan besar. Bentuknya juga serupa pump atau tube, sehingga kurang praktis untuk dibawa travelling. 

2. Shade Warna yang Dimiliki 

Perbedaan cushion dan foundation juga bisa kamu lihat dari shade warna yang dimiliki. Foundation lebih unggul karena punya pilihan shade yang jauh lebih beragam dari cushion. Jadi kalau ingin menggunakan riasan terlihat natural, foundation bisa kamu pilih karena sesuai dengan tone warna kulit.

Foundation biasanya juga menawarkan pilihan shade warna dari tone gelap hingga terang. Berbeda dengan shade cushion, warnanya terbatas dan hanya tersedia varian untuk kulit kuning langsat, putih, atau cokelat sawo matang. 

3. Cara Pemakaian 

Cushion dan foundation juga punya cara pemakaian yang berbeda. Cushion lebih mudah karena sudah tersedia aplikator berupa spons dan cermin kecil. Kamu pun bisa menggunakan cushion dimana saja tanpa perlu ribet. 

Sedangkan pemakaian foundation tidak sepraktis cushion. Foundation tak dilengkapi dengan cermin, spons, atau aplikator yang mendukung. Jadi untuk memakainya kamu perlu menyiapkan aplikator sendiri, bisa brush, beauty blender atau spons. 

4. Coverage yang Dihasilkan 

Apakah cushion sama dengan foundation jika dilihat dari sisi coverage-nya? tentunya berbeda. Foundation menawarkan coverage yang full, sehingga cocok untuk style heavy makeup. Berbagai kekurangan wajah juga bisa tersamarkan dengan pemakaian foundation yang pas. 

Hal yang berbeda berlaku untuk cushion, kamu hanya akan mendapatkan medium coverage. Karena sifatnya inilah, cushion lebih cocok kalau kamu gunakan untuk daily make up, sebab coverage-nya yang lebih ringan dari foundation. 

5. Kandungan yang Tersedia 

Cushion lebih unggul di bidang kandungan daripada foundation, ini karena formulanya yang serupa dengan skincare. Jadi selain mendapatkan coverage, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari kandungan skincare yang ada di dalamnya. 

Meski tak memiliki kandungan skincare, foundation juga tak kalah menarik. Kandungannya lebih berfokus untuk menutupi kekurangan pada wajah, sehingga hasil riasan jadi lebih flawless. 

6. Tekstur yang Dimiliki 

Jika dilihat dari teksturnya, foundation dan cushion punya tekstur yang nyaris sama. Tekstur foundation sebenarnya lebih cair dibandingkan cushion, sebab isian cushion lebih creamy dan kental. Sehingga kamu bisa lebih mudah mengaplikasikannya dengan aplikator.

Ada tips nih kalau kamu ingin menggunakan foundation. Karena teksturnya yang lebih cair, kamu bisa mengambil sedikit saja dan meratakannya di permukan wajah. Jangan gunakan terlalu banyak kalau kamu tak ingin wajah jadi terasa berat dan terlihat cakey. 

Pertanyaanmu mengenai apakah cushion sama dengan foundation akhirnya terjawab, kan? Dari kedua produk ini, mana nih yang paling kamu sukai? 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.