Apakah Deodoran Membuat Ketiak Hitam? Berikut Cara Mengatasinya!
Body

Apakah Deodoran Membuat Ketiak Hitam? Berikut Cara Mengatasinya!

Apakah deodoran membuat ketiak hitam? Sebagian besar orang mengalami masalah dengan ketiak hitam. Masalah tersebut bisa terjadi baik perempuan maupun laki-laki. Sehingga akan membuat kamu tidak merasa nyaman.

Walaupun masalah tersebut bukan sesuatu hal yang sangat serius. Akan tetapi kulit ketiak yang menghitam bisa membuat rasa percaya diri kamu akan berkurang. Lantas, apakah keadaan kulit ketiak menjadi gelap dikarenakan penggunaan deodoran setiap hari? Untuk mengetahui lebih detail, Marshalova bisa simak ulasan berikut ini.

Apakah Deodoran Membuat Ketiak Hitam?

Adanya penjelasan dari ahli yang mengatakan bahwa deodoran memang bisa mengakibatkan penggelapan pada kulit dikarenakan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Hal tersebut terjadi karena kerusakan pada kulit kamu atau iritasi. Hiperpigmentasi sendiri mengakibatkan produksi melanin atau pigmen yang berlebih sehingga terjadi penggelapan kulit.

Sebagian besar orang memakai deodoran untuk menghindari bau busuk ketiak yang mengganggu. Namun terdapat pula produk-produk deodoran yang bukan hanya bisa menghilangkan bau saja, melainkan juga bisa membuat kulit ketiak menjadi lebih cerah.

Bukan hanya bisa melindungi tubuh kamu dari bau yang tidak enak karena keringat berlebih. Namun, adanya perubahan pada ketiak juga bisa terjadi karena menggunakan deodoran.

Dalam deodoran terdapat alumunium yang bisa berinteraksi dengan bakteri hidup pada ketiak kamu sehingga, bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi menghitam. Bukan hanya itu saja, adanya kandungan bahan kimia yang terdapat di deodoran yang juga diklaim berbahaya. Pasalnya mampu membuat kulit ketiak menjadi iritasi,  apabila sudah terkena iritasi maka warna kulit ketiak akan berubah menjadi hitam.

Baca juga:Racikan Lulur Pemutih Badan Permanen Ini Mudah Dibuat, Mari Coba!

Cara Mencerahkan Ketiak Secara Efektif

Namun, Marshalova tidak perlu khawatir lagi memiliki permasalahan ketiak yang hitam. Pasalnya, beberapa Dokter telah membagikan tips untuk atasi ketiak hitam yang cepat serta efektif dalam mencerahkan kulit ketiak. Cara tersebut mampu menenangkan radang pada kulit atau mencerahkan ketiak yang telah berubah warna. Untuk itu berikut ini solusi efektif menjawab apakah deodoran membuat ketiak hitam.

Lidah Buaya

Adapun cara yang pertama. Kamu bisa menggunakan lidah buaya segar. Untuk cara pemakaiannya juga mudah. Ekstrak gel-nya bisa kamu oleskan pada ketiak. Kurang lebihnya selama 15 sampai 20 menit. Diamkan sampai mengering, kemudian bilas. Supaya hasil lebih efektif, kamu bisa melakukan cara tersebut dua hari sekali.

Namun, pastikan juga kamu telah membersihkan area berpigmen pada ketiak. Apabila mencukur bulu ketiak, pastikan kamu tidak mencukur kering sebab bisa menambah iritasi pada kulit ketiak kamu.

Krim Pencerah

Untuk solusi mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Kamu bisa menggunakan krim pencerah. Adapun krim pencerah tersebut memiliki kandungan hydroquinone, niacinamide, retinol, azelaic acid, atau kojic acid. Hal tersebut bisa membantu kamu dalam mencerahkan untuk bagian kulit yang memiliki warna lebih gelap.

Baca juga:Bio Oil untuk Bekas Luka Hingga Stretch Mark, Teruji Klinis Aman Digunakan!

Peel serta Laser

Peel juga laser merupakan sebuah perawatan yang cepat serta aman apabila dilakukan oleh dokter kulit di klinik. Pada umumnya, hasil perawatan dapat terlihat dalam jangka waktu yang lebih singkat. Biasanya klinik kecantikan akan menawarkan peralatan atau teknologi maupun produk yang bisa membantu memberikan hasil yang optimal.

Perlu kamu ketahui, bahwa warna kulit bisa saja dipengaruhi oleh sebuah sel pigmen yang biasa disebut dengan melanosit. Apabila sel tersebut terbelah lebih cepat serta hasilnya banyak. Maka akan membuat kulit ketiak kamu akan menjadi lebih mundur.

Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu dengan menggunakan deodorant. Pasalnya dalam deodoran memiliki bahan yang dapat menimbulkan adanya penggelapan pada area ketiak.

Deodoran yang memiliki kandungan alkohol, paraben, pewangi, dan lain sebagainya bisa mengakibatkan kulit kmu iritasi. Juga bisa menyebabkan adanya peradangan yang nantinya akan berujung pada penebalan. Kemudian kulit akan menghitam seiring berjalannya waktu.

Nah, pertanyaan apakah deodoran membuat ketiak hitam sudah terjawabkan. Pastikan kamu memilih deodoran ringan yang memiliki kandungan aluminium zirconium tetrachlorohydrex. Pasalnya bisa lebih tahan lama serta lembut.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.