Apakah Jerawat Bisa Hilang Sendiri Tanpa Harus Diobati? Ini Faktanya
Lifestyle

Apakah Jerawat Bisa Hilang Sendiri Tanpa Harus Diobati? Ini Faktanya

Apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati? Mempunyai jerawat memang akan membuat kamu menjadi kesal namun sekaligus dengan rasa gemas. Pasalnya jerawat bisa muncul kapanpun, meskipun kamu sedang tidak mengalami pubertas.

Memang terdapat beberapa orang yang mempunyai tipe kulit yang berminyak, sehingga mudah sekali mengalami jerawat. Namun, bukan berarti mereka yang tipe kulit kering akan terbebas dari bintik kecil tersebut lho.

Biasanya sebagian besar wanita akan memilih jalur medis serta pergi ke dokter guna menghilangkan jerawat tersebut. Padahal sebenarnya ketika Marshalova mengalami jerawat tidak perlu langsung mengunjungi dokter. 

Apakah Jerawat Bisa Hilang Sendiri Tanpa Diobati?

Berdasarkan sebuah study, 80 persen jerawat bisa sembuh dengan sendirinya. Maka kamu tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan, terlebih jika hanya 2 saja misalnya. kamu tidak perlu repot-repot ke dokter.

Apabila kamu masih bertanya-tanya apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati? jawabanya bisa. Akan tetapi, tergantung pada tingkatan keparahan jerawat. Pada umumnya jerawat akan hilang secara sendirinya pada akhir saat masa pubertas. Walaupun juga masih banyak orang yang mengalami masalah jerawat saat sudah tidak pada masa pubertas.

Terdapat beberapa macam jenis jerawat. Bahkan setiap orangnya mempunyai tipe yang berbeda-beda. Keadaan jerawat bisa menjadi pengaruh apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati atau tidaknya. Untuk itu, biasanya jerawat akan mengalami penyembuhan paling lamanya setelah 6 minggu. Terlebih , jika binti tersebut adalah jerawat tunggal atau yang lebih kecil lagi, kemungkinan besar akan sembuh atau menghilang dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari.

Adapun waktu tepatnya kapan jerawat bisa hilang memang tidak bisa untuk kamu pastikan. Pasalnya setiap individu akan berbeda-beda. Namun terdapat kabar baik, hampir secara keseluruhan jerawat bisa kamu atasi dengan perawatan yang paling sesuai untuk masalah yang kamu hadapi.

Baca juga:Berikut Ini Serum Lokal Terbaik yang Ampuh Atasi Masalah Jerawat, Kulit Auto Glowing

Kapan Harus ke Dokter?

apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati

Rupanya jerawat menjadi masalah kulit yang umum terjadi. Sebagian besar jerawat bisa hilang dengan sendirinya atau hanya dengan melakukan perawatan rumah saja. Akan tetapi, jika jerawat kamu sudah mengalami kondisi seperti berikut ini. Perlu kamu pertimbangkan untuk memeriksakannya segera ke dokter kulit.

Muncul Banyak dengan Tiba-Tiba

apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati

Apabila kamu sebelumnya belum pernah muncul jerawat, namun tiba-tiba jerawat muncul banyak di tubuh kamu antara lainnya wajah, punggung, atau bagian yang lainnya. Inilah saatnya kamu perlu untuk pergi ke dokter.

Dokter akan melakukan sebuah evaluasi dengan menyeluruh, sebab ada beberapa keadaan kulit yang mempunyai tampilan seperti jerawat. Jerawat yang muncul dengan bersamaan bisa menjadi pertanda adanya gangguan dari kesehatan lain.

Tidak Kunjung Sembuh

apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati

Meskipun dapat diobati sendiri, namun perlu kamu periksakan ke dokter apabila kamu telah membersihkan wajah secara rutin serta memakai obat jerawat yang terjual bebas, tetapi jerawat tidak sembuh juga. Kamu bisa memberi waktu 10 sampai 12 minggu atau kurang lebihnya 3 bulan sampai dengan jerawat sudah membaik.

Apabila kamu melihat adanya sebuah perkembangan pada jangka waktu tersebut, atau keadaannya malah bertambah parah. Saat itulah sebaiknya kamu pergi mengunjungi dokter.

Baca juga:Ingredients Skincare untuk Sembuhkan Jerawat di Wajah

Jerawat Meradang

apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati

Apabila jerawat yang ada di wajah kamu terlihat meradang, sebaiknya sesegera mungkin kamu mengunjungi dokter tanpa mencoba menggunakan obat yang terjual bebas. dokter akan melakukan sebuah evaluasi jenis jerawat yang sedang kamu alami serta memberikan resep yang sesuai dengan kondisi tersebut. Maka apakah jerawat bisa hilang sendiri tanpa diobati? semua tergantung pada jenis jerawat serta kondisinya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.