Apakah Kuku Lepas Bisa Tumbuh Kembali?  Ketahui Cara Merawatnya!
Nails

Apakah Kuku Lepas Bisa Tumbuh Kembali? Ketahui Cara Merawatnya!

Kuku merupakan bagian yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Tanpa perawatan, kuku bisa saja patah hingga lepas. Lalu, apakah kuku lepas bisa tumbuh kembali? Nah, hal ini tergantung perawatan yang kamu lakukan pada kuku.

Memiliki kuku yang cantik memang menyenangkan dan bisa bikin tambah percaya diri. Maka dari itu sangat diperlukan perawatan yang tepat agar kuku kamu bisa sehat, kuat, dan cantik.

Apakah Kuku Lepas Bisa Tumbuh Kembali, Simak Penjelasannya!

Kuku terkadang mengalami berbagai masalah, Mulai dari mudah patah hingga kuku copot sendiri. Jika kamu mengalami kuku copot, biasanya selama beberapa bulan kamu akan menjumpai jari kaki atau tangan tersebut tidak ada kukunya.

Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karena apabila kuku tersebut sudah lepas, kuku kaki atau tangan kamu tidak bisa menempel kembali dengan kulit yang berada di bagian bawahnya.

Pada dasarnya, selama pada bagian dasar kuku tidak rusak, maka kuku kamu yang terlepas akan tumbuh kembali. Baik itu kuku yang lepas secara medis atau yang spontan.

Akan tetapi, untuk pertumbuhannya memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu kurang lebih sekitar 6 bulan sampai dengan 1 tahun.

Jadi, buat kamu yang bertanya-tanya apakah kuku lepas bisa tumbuh kembali? Maka jawabannya adalah bisa. Namun itu tadi, waktunya tidak bisa cepat.

Baca Juga:Cara Memanjangkan Kuku dengan Cepat Agar Cantik dan Sehat

Ketahui Penyebab Kuku Lepas

Kuku memang kerap mengalami masalah, salah satunya yaitu kuku lepas. Kuku bisa lepas semua atau kuku copot setengah.

Penyebab kuku lepas sebenarnya cukup banyak. Adapun penyebabnya yang perlu kamu tahu antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Trauma berulang

2. Terlalu lama direndam air

3. Paparan kimia

4. Infeksi jamur Dermatofita

5. Kudis

6. Diabetes mellitus

7. Kehamilan

8. Menjalani kemoterapi

9. Alergi terhadap produk kuku

10. Kekurangan zat besi

Berbagai macam penyebab tersebut bisa mengakibatkan kuku menjadi rapuh, mudah patah, hingga copot dengan sendirinya.

Cara Menumbuhkan Kuku dengan Cepat

Tak hanya memberikan obat kuku lepas, agar kuku bisa tumbuh dengan baik, maka kamu perlu merawatnya dengan baik dan benar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Merawat Kuku dengan Baik

Perawatan kuku yang baik dan benar mampu merangsang pertumbuhan kuku dan juga bisa mengurangi kerusakan. Adapun untuk perawatannya, Anda bisa melakukan hal seperti ini:

1. Jagalah kuku supaya tetap bersih dan kering agar tidak banyak bakteri yang masuk

2. Pakailah gunting kuku yang lurus serta tajam

3. Gunakan pelembab untuk kuku dan tangan dengan lotion. Oleskan lotion ke kuku, terutama pada dasar tempat kutikula tersebut berada.

4. Jangan biasakan memotong kuku terlalu pendek.

Gunakan Biotin

Biotin adalah jenis vitamin B7 yang memiliki peran yang penting untuk mengubah asupan menjadi sebuah energi.

Selain itu, Biotin juga kerap dijadikan sebagai sebagai suplemen yang bisa membantu memelihara serta meningkatkan kekuatan kuku dan rambut.

Biotin bisa Anda jumpai pada beberapa bahan makanan. Mulai dari ragi, telur, kacang-kacangan, ikan sarden, biji-bijian, pisang, hingga jamur.

Dengan melakukan berbagai macam perawatan kuku ini, maka kuku kamu yang copot perlahan bisa kembali tumbuh dengan cantik dan sempurna.

Lain halnya jika kamu membiarkannya saja dan tidak menjaga kebersihan kuku. Maka kuku kamu bisa jadi tidak bisa tumbuh dengan sempurna.

Baca Juga:Penyebab Kuku Terangkat dari Kulit dan Cara Mengobatinya

Ketika kuku Marshalova copot, kamu tidak perlu khawatir dan bertanya-tanya apakah kuku lepas bisa tumbuh kembali. Sebab, kamu bisa mendapatkan kuku kamu kembali dengan perawatan yang baik dan benar.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.