Apakah Kulit Berjerawat Boleh Eksfoliasi? Berikut Ini Hal yang Harus Diperhatikan!
Skincare

Apakah Kulit Berjerawat Boleh Eksfoliasi? Berikut Ini Hal yang Harus Diperhatikan!

Masih jadi pertanyaan bagi sebagian Marshalova, apakah kulit berjerawat boleh eksfoliasi? Eksfoliasi kulit merupakan sebuah proses perawatan wajah yang masih menjadi perbincangan. Beberapa orang melakukan perawatan ini untuk mengatasi permasalahan kulit mati mereka. Namun, yang masih menjadi pertanyaan, apakah eksfoliasi aman dilakukan saat kulit kita sedang mengalami jerawatan?

Apakah Kulit Berjerawat Boleh Eksfoliasi, Yuk Simak Penjelasannya!

Jerawat menjadi salah satu permasalahan wajar dan sering dialami oleh sebagian dari kita. Namun, timbulnya permasalahan kulit ini nyatanya sangat mengganggu penampilan kita, bukan? Selain itu, kulit yang berjerawat cenderung membutuhkan perawatan tersendiri, dan wajib memperhatikan jenis perawatan serta skincare yang akan kita pakai. 

Salah satunya adalah saat kamu ingin melakukan proses eksfoliasi. Proses ini jika dilakukan secara teratur, akan membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan mampu mencegah timbulnya jerawat. Namun, tentu menjadi sebuah permasalahan jika kulit wajah telah terlanjur mengalami jerawat. Apakah tetap bisa melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga :Jenis Serum Eksfoliasi untuk Pemula, Wajib Kamu Coba!

Hindari Eksfoliasi dengan Scrub

Melakukan eksfoliasi bagi kulit berjerawat memang tidak bisa sembarangan. Ada baiknya bagi kamu untuk menghindari berbagai jenis produk eksfoliasi yang menggunakan jenis scrub. Hal ini, karena saat kulit berjerawat, menggunakan eksfoliasi terlalu keras akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya, sehingga wajib untuk dihindari.

Pilih Jenis Chemical Peeling

Pertanyaan mengenai apakah kulit berjerawat bisa eksfoliasi, memang membuat kita sangat cemas. Alih-alih ingin membuat kulit lebih sehat, jika penggunaannya tidak tepat pastinya ini akan membuat permasalahan baru yang timbul. 

Oleh karenanya, kamu wajib untuk menggunakan jenis eksfoliasi yang aman, seperti jenis chemical peeling. Jenis chemical peeling ini mengandung alpha exfoliation atau eksfoliasi kimia, yang mengandung AHA dan BHA dengan fungsi yang cukup banyak untuk kulit.

Jangan Lakukan Eksfoliasi Sesering Mungkin, dengan Proses yang Berlebihan

Jika Anda sedang berjerawat, hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan. Pertanyaan mungkinkah bisa kulit berjerawat boleh eksfoliasi ini, tentunya bisa asalkan dilakukan secara sewajarnya, dan dengan proses yang tepat. Seperti yang kita ketahui, bahwa efek dari melakukan eksfoliasi secara berlebihan, menimbulkan berbagai permasalahan kulit seperti gatal, kemerahan, hingga nyeri yang berakibat sedang, hingga berat seperti eksim.

Itulah mengapa, agar proses eksfoliasi tetap aman, Anda hanya boleh melakukannya sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu. Setelah kulit mengalami pengelupasan, jangan lupa wajib bagi kamu untuk segera mengaplikasikan tabir surya.

Lakukan Eksfoliasi Setelah Membersihkan Wajah

Apakah kulit berjerawat boleh eksfoliasi? Tentu bisa. Namun, Anda wajib melakukannya setelah memastikan bahwa kulit wajah dalam kondisi bersih secara menyeluruh. Cara melakukannya cukup menuang chemical exfoliator, menggunakan berbagai jenis seperti toner, hingga serum menggunakan kapas, dan aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar secara lembut. Jangan lakukan pembersihan ini dengan menekan, atau menggosok terlalu keras. Karena akan memperparah kulit berjerawat kamu, bahkan sampai menimbulkan iritasi.

Baca juga :Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berjerawat, Yuk Simak!

Pakai Pelembab

Hal yang paling penting setelah melakukan eksfoliasi pada kulit berjerawat, wajib bagi kamu untuk segera mengaplikasikan pelembab. Mengapa demikian? Alasannya adalah moisturizer yang terkandung dalam pelembab ini mampu membantu menenangkan kulit, setelah melakukan eksfoliasi. 

Proses ini jika dilakukan secara rutin, dapat membantu meningkatkan kondisi kulit menjadi lebih sehat. Jadi, jangan khawatir selama melakukannya secara tepat, kamu akan mendapatkan berbagai manfaatnya, lho. Hanya saja pastikan untuk melakukannya secara aman, dan menggunakan bahan-bahan alami yang juga direkomendasikan bagi kulit berjerawat.

Sekarang sudah tahu bukan penjelasan dari apakah kulit berjerawat boleh eksfoliasi?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.