Apakah Peditox Aman untuk Dipakai Anak-anak? Simak ini Sebelum Terlambat!
Hair

Apakah Peditox Aman untuk Dipakai Anak-anak? Simak ini Sebelum Terlambat!

Berbicara tentang kesehatan rambut anak, seorang ibu tentu ingin anaknya memiliki rambut yang sehat dan indah. Namun, dengan banyaknya permasalahan rambut yang mulai membuat ibu lebih intens dalam merawat kesehatan rambut anak. Salah satu hal yang membuat khawatir yakni keberadaan kutu di rambut anak. Mungkin ada yang masih penasaran apakah Peditox aman untuk dipakai anak-anak?

Perlu kamu tahu bahwa anak-anak lebih rentan terkena kutu rambut. Hal ini karena sering melakukan kontak fisik dengan lingkungan sekitarnya seperti area sekolah dan lingkungan rumah. Selain penularan yang relatif cepat, untuk membersihkan kutu rambut juga sulit. Sehingga ibu perlu mencari obat kutu rambut yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Apakah Peditox Aman untuk Dipakai Anak-anak?

Peditox adalah obat khusus yang banyak orang gunakan untuk membasmi kutu dan telur yang menempel pada rambut. Kandungan dari Peditox ini terdapat 1 persen permethrin. Bahan ini termasuk bahan insektisida yang anti dengan serangga. Misalnya seperti parasit, kutu hingga tungau. Meski formulasi ini termasuk dalam kategori salah satu bahan kimia, namun penggunaan permethrin masih dalam dosis yang sesuai.

Baca Juga :7 Manfaat Essence Wardah Renew You untuk Wajah

Peditox ini berisikan lotion atau cairan yang bisa kamu oleskan pada kulit kepala dan rambut. PT. Combiphar yang memproduksi obat ini yang bisa kamu temukan di apotek. Bahkan tanpa harus membutuhkan resep dari dokter. Peditox termasuk rekomendasi obat kutu rambut yang aman untuk anak. Selain penggunaannya yang mudah, harga obat ini juga cukup murah karena tergolong obat generic.

Meski untuk menggunakan Peditox ini sebenarnya cukup mudah. Namun, saat menggunakannya pada rambut anak akan berakibat rasa panas pada kulit kepala. Kamu harus berhati-hati saat menggunakan Peditox, pastikan jangan sampai terkena mata. Lebih baik setelah menggunakan peditox dengan memakaikan anak penutup kepala. 

Penggunaan Peditox harus tetap sesuai dengan aturan yang ada. Sebab, obat ini tidak cocok untuk anak-anak di bawah 6 tahun. Sebagai gantinya, bisa mencoba cara alami dengan menggunakan bawang merah. Caranya oleskan potongan bawang merah ke seluruh kulit kepala hingga rata dan biarkan semalaman. Bawang merah memang memiliki aroma khas yang kuat dan kutu-kutu tidak menyukainya.

Cara Pakai Peditox yang Benar

Sebelum menggunakan Peditox, pastikan rambut tidak lepek atau berminyak. Jangan memakai Peditox saat rambut dalam kondisi kotor, sehingga perlu membersihkan rambut terlebih dahulu. Tentunya dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Setelah itu, perlu untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk khusus dalam membasmi kutu.

Selanjutnya bisa mulai mengoleskan Peditox secukupnya pada rambut dan kulit kepala. Terutama, pada area yang memiliki kutu dan telurnya paling banyak. Biasanya, terdapat pada sekitar tengkuk ataupun belakang telinga. Setelah mengoleskannya, akan lebih baik mendiamkannya selama 30 menit dengan menutup rambut dengan kain atau plastik.

Baca Juga :Jangan Asal Pakai, Simak 7 Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Apabila sudah 30 menit, bisa membilasnya hingga bersih. Langkah selanjutnya meminta bantuan orang lain untuk menyisirkan rambut dengan sisir khusus (serit). Tujuannya agar bisa menjatuhkan kutu dan telurnya dari rambut. Apabila pada pemakaian pertama masih ada kutu dan telurnya yang masih hidup, kamu perlu mengulanginya kembali pada 7 hingga 10 hari setelah pemakaian pertama.

Perlu kamu tahu bahwa tidak ada anjuran penggunaan untuk jangka panjang karena khawatir akan memberikan efek samping yang berlebihan pada rambutmu. Apakah peditox aman untuk dipakai anak-anak? Jawabannya iya, namun tetap harus memperhatikan anjuran penggunaan yang benar.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.