Marsha Beauty Makeup - 28/03/2023

Apakah Saat Puasa Boleh Memakai Lipstik? Inilah Hukum Memakai Lipstik Saat Puasa

Apakah Saat Puasa Boleh Memakai Lipstik? Inilah Hukum Memakai Lipstik Saat Puasa

Puasa menjadi salah satu ibadah yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Siapapun yang beragama Islam dan bertakwa kepada Allah diwajibkan untuk menjalankan puasa. Namun, bagi seorang perempuan, apakah saat puasa boleh memakai lipstik?

Bagaimanakah hukum dalam Islam memandang perempuan menggunakan lipstik ketika mereka berpuasa? Marshalova, kamu mungkin bingung mengenai hukum tentang memakai lipstik bagi perempuan yang berpuasa. Tapi tenang, jawaban ini pasti akan sangat membantumu!

Apakah Saat Puasa Boleh Memakai Lipstik?

Bagi seorang perempuan, lipstik adalah bagian penting dalam berpenampilan. Tanpa lipstik, mungkin kamu akan terlihat pucat dan juga mempengaruhi rasa percaya diri. Namun, bagaimana jika kamu sedang berpuasa?

Apakah Islam memperbolehkan penggunaan lipstik ketika perempuan sedang berpuasa? Bagaimana sih hukum menggunakan lipstik itu sendiri saat puasa?

Pada dasarnya, Islam menjelaskan bahwa tidak boleh memakai lipstik pada siang hari di bulan Ramadhan saat berpuasa dengan catatan apabila lipstik akan larut, bercampur dengan ludah, dan turun ke perut.

Namun demikian, penggunaan lipstik pada siang hari di bulan Ramadhan masih diperbolehkan selama produk lipstik itu tidak mengandung zat yang larut dan masuk ke perut atau jika perempuan memuntahkannya setiap kali dia merasakan rasanya di mulutnya.

Memakai lipstik pada siang hari di bulan Ramadhan juga tidak membatalkan puasa selama produk itu tidak tertelan (masuk ke rongga). Ya, 'rasa' lipstik di bibir tidak membatalkan puasa kecuali jika ditelan sesudahnya.

Hukum Memakai Lipstik Saat Puasa

Apabila disimpulkan, maka hukum dari memakai lipstik ketika perempuan sedang berpuasa adalah boleh. Menjadi tidak boleh dan batal puasanya ketika lipstik itu tertelan di mulut dan masuk ke dalam perut, Marshalova!

Hal ini berdasarkan pendapat ulama tentang mengunyah permen karet saat puasa. Para ulama menyatakan bahwa orang yang berpuasa tidak boleh mengunyah permen karet saat berpuasa jika larut atau mengandung zat yang dapat larut dan masuk ke perut.

Jika tidak larut dan tidak mengandung zat apa pun yang larut dan masuk ke dalam perut, atau orang yang berpuasa meludahkannya ketika dia menemukan rasa di mulutnya, maka masih boleh.

Orang yang berpuasa harus menjaga puasanya dan berhati-hati agar tidak membatalkannya dengan cara apa pun. Oleh karena itu, seorang wanita harus berhati-hati ketika memakai lipstik saat sedang berpuasa.

Dalam Sabil al-Muhtadin karya Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari Rahimahullah mengatakan:

“Mencicipi makanan tidak membatalkan puasa jika hanya sisa rasa yang sampai ke tenggorokan, karena rasa adalah athar (sisa rasa) bukan ‘ain (makanan itu sendiri).”

Jika seseorang mencicipi makanan saat berpuasa, kemudian dia memuntahkannya tetapi masih ada sisa rasa dan jika dia menelannya maka puasanya tetap sah, karena 'ain (makanan itu sendiri) telah dimuntahkan dan hanya athar (sisa rasa) yang tersisa.

Tips Menggunakan Lipstik Saat Puasa

Marshalova, supaya puasa kamu tidak batal karena menggunakan lipstik, berikut adalah beberapa tips yang bisa coba dilakukan:

  1. Cobalah untuk memilih lipstik yang padat.
  2. Hindari untuk menggunakan lipstik yang liquid agar tidak meluber ke dalam mulut.
  3. Cari lipstik yang hasil akhirnya benar-benar matte di bibir.
  4. Jangan menjilat lipstik setelah diaplikasikan ke bibir.

Marshalova sudah tahu jawaban dari apakah saat puasa boleh memakai lipstik bukan? Setelah tahu bagaimana hukumnya, pastikan bahwa kamu berhati-hati agar lipstik tidak masuk ke mulut ya! Jika sampai lipstik masuk ke mulut, sudah pasti puasamu batal!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.