Apakah Sarung Bantal Bisa Menyebabkan Jerawat? Yuk Cek Jawabannya
Lifestyle

Apakah Sarung Bantal Bisa Menyebabkan Jerawat? Yuk Cek Jawabannya

Jerawat mungkin menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami, baik dari kalangan anak perempuan atau laki-laki, ya, Girls. Tentu hal ini juga sangat mengganggu penampilan, serta membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Namun kamu juga harus tahu mengenai apakah sarung bantal bisa menyebabkan jerawat? Kamu sangat wajib memahami hal tersebut, karena penyebab jerawat pun ada berbagai macam.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat yang Paling Ampuh

Jerawat sendiri biasanya terletak di pipi, dahi, atau di mana saja. Sehingga kamu harus tahu dan waspada mengenai penyebabnya, supaya tidak mudah terkena jerawat. Bahkan ada banyak juga produk untuk menghilangkan jerawat, sehingga beberapa orang mungkin menyepelekan hal tersebut.

Kita akan memberikan beberapa penyebabnya sehingga kamu bisa menghindarinya. Namun, apakah pikiran kotor dapat menimbulkan jerawat?

Ulasan Mengenai Apakah Sarung Bantal Bisa Menyebabkan Jerawat? Ketahui Penyebabnya

Meskipun jerawat menjadi permasalahan yang tidak terlalu serius, namun kenyataannya sangat berpengaruh ke tingkat kepercayaan diri seseorang. Terutama bagi mereka kaum perempuan, tentu akan sangat membenci permasalahan jerawat. Oleh karena itu, kita akan menjelaskan beberapa penyebabnya dan silakan disimak dengan baik-baik.

Definisi Jerawat

Salah satu gangguan yang terjadi pada kulit dan mempunyai hubungan dengan produksi minyak berlebih. Biasanya hal tersebut dapat menyebabkan peradangan atau penyumbatan pori-pori. Sedangkan masalah peradangan dapat ditandai dengan munculnya benjolan kecil, dan di dalamnya terdapat kandungan nanah di atas kulit.

Biasanya gangguan tersebut dapat terjadi di area tubuh seperti leher, punggung, dada, atau wajah. Sedangkan masalah jerawat sendiri biasa terjadi pada usia muda maksimal 14-17 tahun, ya, Girls. Ketahui juga mengenai kebiasaan yang membuat jerawat hilang.

Penyebab Jerawat di Kulit Wajah

Setelah kamu belajar mengenai definisi jerawat, maka di bawah ini kita akan menjelaskan mengenai penyebab dari masalah tersebut. Sedangkan untuk kamu yang penasaran, silakan disimak penjelasan berikut.

1. Akibat Penggunaan Kosmetik

Ketika kamu sering menggunakan make up, sebaiknya pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit wajah. Hal tersebut supaya wajah tidak mudah jerawat dan kulit tetap sehat. Karena kandungan zat di setiap produk kosmetik, terkadang bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu kamu harus seksama dan jangan asal membeli kosmetik.

2. Karena Produksi Minyak Berlebih

Salah faktor yang sangat berpengaruh ke jerawat adalah adanya produksi minyak berlebih. Hal tersebut memang wajar dialami oleh perempuan atau laki-laki, sehingga tidak perlu khawatir. Sedangkan hormon testosteron dapat memicu timbulnya jerawat dan mampu merangsang kelenjar minyak secara berlebihan di kulit wajah.

3. Akibat Stress Berlebih

Tekanan hidup baik mengenai keluarga atau pekerjaan, terkadang mampu menjadi salah satu penyebab jerawat di wajah. Hal ini diawali dengan adanya stress berlebih, sehingga akan berpengaruh ke gaya hidup seseorang juga. Oleh karena itu, jerawat akan jauh lebih mudah muncul saat seseorang tersebut mengalami stress. Tentunya kamu juga harus belajar mengenai makanan yang menyebabkan jerawat.

4. Karena adanya Siklus Hormonal

Setiap orang pasti akan melewati masa pergantian siklus hormonal, khususnya saat mereka sudah memasuki masa pubertas. Hal tersebut berlangsung karena produksi hormon, dapat merangsang minyak berlebih di kulit wajah, lho, Girls.

Baca juga: Masker Wajah untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Ini Rekomendasinya!

Apakah Sarung Bantal Bisa Menyebabkan Jerawat?

Dokter spesialis kulit wajah selalu mengingatkan, bahwa seseorang sangat wajib mengganti sarung bantal maksimal 3x seminggu. Hal tersebut karena sarung bantal yang tidak bersih atau kotor, dapat menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk rajin menggantinya, sebab sarung bantal mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan kulit wajah.

Kamu yang tidak tahu mengenai apakah sarung bantal bisa menyebabkan jerawat? Maka artikel di atas sangat cocok untuk kamu simak, ya, Girls.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.