Apakah Sheet Mask Boleh Dibawa Tidur? Ini Cara Menggunakan Sheet mask yang Tepat
Skincare

Apakah Sheet Mask Boleh Dibawa Tidur? Ini Cara Menggunakan Sheet mask yang Tepat

Sheet mask adalah salah satu skincare yang dapat membuat kulit kamu terlihat paling bercahaya, dan bisa menghidrasi, menghilangkan bengkak, mencerahkan, mengencangkan  dan tidak diragukan lagi membuat rileks. Namun apakah sheet mask boleh dibawa tidur? Seperti apa dampaknya?

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit memang banyak orang yang salah paham dalam penggunaan sheet mask. Mereka justru menggunakan sheet mask dalam waktu lama dan tidak jarang ada yang bisa sampai dibawa tidur. Namun bagaimana cara penggunaan yang tepat?

Apakah Sheet Mask Boleh Dibawa Tidur?

Kebanyakan orang ingin membiarkan sheet mask menempel di kulit sedikit lebih lama dari waktu yang disarankan. Umumnya, di packaging sheet mask sudah tertera berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan sheet mask.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari sheet mask, biasanya dibutuhkan waktu 20 menit sebagai waktu maksimum untuk mengaplikasikan masker sebelum melepasnya. Namun, ketika kamu membiarkan sheet mask terlalu lama di wajah, maka itu dapat merusak kulit kamu.

Ya, membiarkan sheet mask mengering di wajah, atau bahkan membiarkannya menempel lebih lama dari yang direkomendasikan, dapat membuat bahan yang tampaknya tidak berbahaya mengering dan mengiritasi kulit.

Jadi, bukan manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya, namun sebaliknya. Apalagi jika bahan atau kandungan dalam sheet mask adalah charcoal, minyak pohon teh, ekstrak tumbuhan, asam. Sheet mask yang digunakan sampai tertidur atau menempel di kulit terlalu lama bisa menyebabkan iritasi.

Jadi,Apalagi sheet mask sendiri terbuat dari serat sintetis. Dengan serat sintetis, maka menggunakannya terlalu lama dapat menyedot kadar airnya dan membuat wajah kamu jadi kering. Jadi, bolehkah sheet mask dibawa tidur? Jelas jawabannya adalah tidak, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sheet Mask yang Bagus untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Cara Menggunakan Sheet Mask yang Tepat

Kalau kamu baru pertama kalinya menggunakan sheet mask, inilah cara yang tepat dalam mengaplikasikannya ke wajah:

1. Mulailah Dengan Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Semua kotoran, minyak, dan riasan di wajah harus kamu bersihkan dahulu sebelum mengaplikasikan sheet mask. Pembersihan ini akan membantu memastikan bahwa kamu akan menerima semua manfaat yang diberikan oleh masker wajah.

Sebelum menggunakan sheet mask, bagusnya oleskan sedikit krim mata untuk membantu melindungi area yang sangat sensitif ini dari dehidrasi.

Baca Juga: Mana yang Lebih Oke, Sheet Mask vs Clay Mask Kenali Dulu Beda dan Fungsinya

2. Tunggu 10-20 Menit

Setelah kamu membersihkan wajahmu, maka tidak perlu menunggunya untuk kering. Kamu bisa aplikasikan sheet mask langsung di wajahmu dan tunggu 10 hingga 20 menit. Ingat, berhati-hatilah dengan waktu dan ikuti petunjuk pada label.

Pastikan untuk mengikuti waktu yang disarankan jika inginkan manfaat optimal dari bahan-bahan di sheet mask. Ingat, jangan gunakan dalam waktu lama atau lebih dari waktu yang disarankan.

3. Lepaskan Sheet Mask Dengan Hati-hati

Sheet mask dirancang untuk melekat pada kulit dan jangan terlalu kasar saat melepasnya. Setelah dilepas, maka jangan gosok kulit kamu sampai kering. Saat masker sudah mengering, maka waktunya sheet mask dilepas.

Menggunakan sheet mask sendiri tidak perlu dilakukan sehari-hari, beda dengan produk skincare lainnya. Kamu bisa menggunakan sheet mask seminggu sekali atau maksimal tiga kali seminggu. Tergantung pada jenis kulitmu, maka kulit normal hingga kering harus menggunakannya lebih minim.

Sementara kulit normal hingga berminyak dapat menggunakannya lebih sering. Apakah sheet mask boleh dibawa tidur, jawabannya sudah jelas bahwa itu tidak diperbolehkan. Cukup gunakan dalam beberapa menit saja dan kulit kamu akan lebih lembap, cerah dan sehat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.