Awas! Ini Daftar Makanan yang Menyebabkan Jerawat Gatal
Skincare

Awas! Ini Daftar Makanan yang Menyebabkan Jerawat Gatal

Marshalova, pernahkah kamu menghindari makan sesuatu karena alasan takut jerawatan? Jerawat umumnya disebabkan pori-pori tersumbat sebum berlebih, sel kulit mati yang bertumpuk, atau bakteri. Akan tetapi, banyak pula orang yang meyakini jenis makanan tertentu juga menyebabkan jerawat. Benarkah makanan bisa menyebabkan jerawat? Lalu, apa saja makanan yang menyebabkan jerawat gatal? Yuk cari tahu!

Jerawat dan jenis makanan tertentu

Hubungan jerawat dengan pengkonsumsian makanan tertentu memang belum dibuktikan secara pasti. Tapi dari penelitian diketahui beberapa jenis makanan meningkatkan produksi sebum dan mempengaruhi kadar hormon IGF-1 (insulin like growth factor 1).

Jerawat kerap dialami remaja, terutama yang tengah memasuki pubertas. Selama pubertas tubuh remaja produksi hormone IGF-1 lebih tinggi dan hal ini mempengaruhi produksi sebum menjadi berlebih dan membuat kondisi wajah mendukung terjadinya jerawat. Inilah mengapa sebagian besar orang mengamini makanan dapat menyebabkan jerawat. Marsha Beauty kali ini menyuguhkan beberapa jenis makanan penyebab jerawat gatal.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Ampuh untuk Menghilangkan Jerawat, Pejuang Jerawat Wajib Konsumsi!

Ternyata Ini Makanan yang Menyebabkan Jerawat Gatal

Hati-hati memilih makanan ya, berikut ini makanan yang menyebabkan jerawat gatal, di antaranya sebagai berikut:

Makanan Tinggi Glikemik

makanan yang menyebabkan jerawat gatal

Makanan dengan kadar gula tinggi (makanan tinggi glikemik) begitu beragam, seperti nasi putih, pasta, sereal instan, roti putih, cake, permen, dan termasuk minuman kemasan seperti soda. Pengkonsumsian makanan dengan indeks glikemik tinggi memaksa tubuh memproduksi banyak hormon insulin agar cukup untuk mencerna banyak gula yang masuk tubuh.

Tingginya kadar hormon insulin ternyata juga menyebabkan kadar hormon lain meningkat yang disertai respon produksi sebum kulit dalam jumlah tinggi. Respon produksi sebum berlebih inilah yang diyakini akan menyebabkan jerawat ketika mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi glikemik.

Susu dan Makanan Olahan dari Susu

makanan yang menyebabkan jerawat gatal

Seseorang yang gemar minum susu dan es krim atau olahan dari susu lainnya berisiko 4 kali lebih berisiko bermasalah jerawat. Hal ini sesuai hasil penelitian mengenai susu yang tertulis di Journal of The European Academy of Dermatology and Venereology.

Dalam susu sapi juga diketahui terdapat kandungan asam amino. Kandungan tersebut bisa memacu hati memproduksi hormon IGF-1 lebih banyak. Jika kadar hormon IGF-1 dan hormon insulin tinggi hal tersebut berikutnya membuat produksi sebum meningkat. Sebum berlebih sendiri menjadi salah satu faktor penyebab jerawat.

Baca Juga: Breakout Selama Pandemi Ini Dia Tips Menghilangkan Jerawat Meski Stay at Home

Cokelat

makanan yang menyebabkan jerawat gatal

Pengkonsumsian cokelat dalam jumlah banyak beresiko membuat kondisi kulit berjerawat jadi semakin banyak dan parah. Hal ini sebenarnya karena cokelat bisa melepas ikatan protein

Ikatan protein yang terlepas ini memungkinkan serangan bakteri terasa lebih ganas. Termasuk bakteri P acnes yang menyebabkan jerawat bisa lebih mudah menginfeksi kulit.

Whey Protein

makanan yang menyebabkan jerawat gatal

Whey protein termasuk jenis protein kaya asam leuison dan glutamin. Jenis protein yang banyak ditambahkan dalam produk suplemen olahraga.

Whey protein bisa menyebabkan jerawat karena pengonsumsiannya meningkatkan hormon IGF-1. Di mana kadar IGF-1 yang tinggi itulah yang memungkinkan terjadinya jerawat karena peningkatan produksi sebum.

Junk Food

makanan yang menyebabkan jerawat gatal

Junk food termasuk makanan tidak sehat yang tinggi akan kadar lemak, gula, dan kalori. Semakin tinggi persentase makanan berminyak yang masuk tubuh, tentu meningkatkan sebum di kulit.

Dari hasil study diketahui seseorang yang rutin mengkonsumsi junk food berisiko 24% bermasalah dengan jerawat. Jal ini seperti yang ditulis dalam Journal of the European Academy of Dermatology.

Itulah beberapa jenis makanan yang menyebabkan jerawat gatal. Setelah mengetahuinya kini Marshalova bisa lebih selektif memilih makanan jika tidak ingin meningkatkan persentase jerawatan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.