Bahan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur, Bisa Menyebabkan Masalah Wajah!
Skincare

Bahan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur, Bisa Menyebabkan Masalah Wajah!

Bahan skincare yang tidak boleh dicampur jika digunakan akan mengakibatkan berbagai masalah kulit. Maka dari itu, sebagai pengguna skincare aktif perlu tahu juga apa saja kandungan tidak boleh dicampur atau digunakan bersamaan.

Hal ini mengantisipasi timbulnya iritasi atau masih kulit wajah lainnya. Ya, sekarang memang sudah banyak produk skincare dengan hasil maksimal dan terpercaya bisa untuk dipilih disesuaikan dengan jenis kulit.

Namun sayangnya juga ada beberapa masih belum paham kandungan skincare secara berlapis-lapis itu akan menimbulkan berbagai masalah kulit apabila digunakan tidak tepat. Ada juga sejumlah bahan skincare dapat mengurangi khasiat perlindungan jika dicampur atau digunakan bersamaan.

Inilah Bahan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur!

Ada beberapa skincare yang tidak boleh gunakan secara bersamaan hal ini akan menimbulkan dampak negatif pada wajah. Bukanya memberikan wajah mulus dan cantik, justru akan menyebabkan masalah kulit wajah berbahaya. Berikut beberapa kandungan dan bahan skincare dilarang untuk dicampur atau digunakan secara bersamaan perlu Marshalova ketahui.

Retinol Dengan AHA/BHA

Retinol boleh dicampur dengan Niacinamide dan Hyaluronic Acid kombinasi bahan aktif ini bisa membuat kulit menjadi lebih lembap dan mengurangi sebelum atau minyak di kulit wajah.

Namun kandungan retinol ini juga tidak boleh dicampur bersamaan dengan AHA/BHA. Meskipun tidak termasuk ke dalam zat eksfoliasi seperti AHA.BHA.

Retinol mempunyai peeling agent berfungsi mempercepat sel kulit untuk melakukan regenerasi. Maka dari itu, jangan memakai kedua bahan skincare ini secara bersamaan, sebab bisa menimbulkan eksfoliasi berlebihan pada wajah.

Selain itu, ada juga dampak alin seperti kulit menjadi sensitif, munculnya ruam kemerahan pada wajah, dan kulit kering mengelupas.

BHA Dan Benzoyl Peroxide

Bahan skincare yang tidak boleh dicampur urutan kedua ada BHA dan Benzoyl Peroxide. Alih-alih untuk mengutamakan jerawat dengan cepat, menggabungkan BHA dan Benzoyl Peroxide akan memicu jerawat aktif dan iritasi lho. Maka dari itu agar hal itu tidak terjadi jangan sekali-kali mencobanya ya!

Baca juga: Pilihan Tepat Ini Dia Produk Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

AHA/BHA Dan Niacinamide

Kandungan Niacinamide tidak boleh dicampur dengan kandungan AHA/BHA. Memang benar, bahwa Niacinamide atau Vitamin B3 unui sangatlah baik memperbaiki tekstur dan kondisi kulit. Namun, kandungan ini bekerja pada pH kulit netral.

Semnaetra untuk AHA/BHA mmebuat pH kulit mendji kusam. Sehingga, menggabungkan keduanya tidaklah baik karena bisa mengurangi kinerja kedua kandungan dan bahkan bisa membuat kulit iritasi.

Vitamin C Dan AHA

Menggunakan kedua kandungan Vitamin C dan AHA ini akan mengganggu keseimbangan pH kulit dan bisa memicu iritasi pada kulit. Solusinya, dengan memberikan jarak penggunaan kedua kandingan ini. Seperti skincare Vitamin C di waktu pagi hari dan AHA untuk malam hari.

Baca juga: Cara Pakai Wardah Renew You Treatment Essence Tepat Hasil Maksimal

Salicylic Acid Dengan Retinol

Salicylic Acid dengan Retinol yakni bahan skincare cukup keras dan bisa membuat iritasi kulit. Apabila dipakai bersamaan, risiko terkena iritasi dua kali lebih tinggi.Selain itu, juga bisa menyebabkan kulit mengalami dampak buruk dari sinar UV lebih tinggi meski sudah menggunakan sunscreen.

Retin-A Dan Scrub

Terakhir ada Retin-A dan Scrub. Retin-A merupakan kandungan turunan dari Vitamin A untuk meningkatkan pergantian sel kulit.

Scrub yakni butiran halus atau dikenal dengan Physical Exfoliator sebagai pengangkat sel mati juga kotoran menumpuk pada kulit. Makanya hindari penggunaan secara bersamaan Retin-A dengan Scrub demi menjauhi eksfoliasi berlebihan bisa menimbulkan kulit iritasi dan merah.

Nah, sekarang Marshalova sudah tahu bukan apa saja bahan skincare yang tidak boleh dicampur secara bersamaan untuk kulit wajah? Harus terus berhati-hati ya dalam memakai skincare agar kulit cantik kamu selalu terawat!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.