Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran Jangan Sepelekan Bisa Fatal
Lifestyle

Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran Jangan Sepelekan Bisa Fatal

Bahaya main handphone sambil tiduran, ternyata masih menjadi hal yang disepelekan. Banyak orang yang memilih bermain handphone sambil tiduran. Pada kenyataannya juga hal tersebut merupakan suatu yang asik. Bahkan banyak dari kita yang menganggap apa yang kita lakukan tersebut dapat membantu mengobati pegal-pegal badan ketika seharian lelah bekerja. Apakah Marshalova juga demikian?

Tapi pada kenyataannya, apa yang sudah kita lakukan tersebut merupakan suatu kesalahan. Meskipun banyak dari kita yang sering menyepelekan, ternyata tanpa dirasakan dampak buruk dari hal tersebut bisa berakibat fatal. Pernahkah kamu memikirkannya? Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa menggunakan handphone kita bisa mendapatkan ataupun mengetahui banyak hal. Namun tak selamanya handphone atau ponsel itu selalu memberikan dampak baik.

Keberadaan HP ataupun telepon genggam sekarang ini semakin susah untuk kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak sedikit dari kita juga yang merasa resah ketika tidak memegang HP dalam jangka waktu tertentu. Walaupun menyenangkan, terdapat beberapa efek yang akan terjadi kepada kita ketika kita main HP sembari tiduran. Tahukah kamu apa saja dampak negatifnya?

Baca Juga: Tips Mix And Match Outfit Agar Tampil Tidak Boring, Gaya Stylish dan Keren!

Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran, Simak

Bermain ponsel sambil berbaring menjadi suatu kegiatan yang sangat sering kita lakukan. Meskipun menyenangkan apabila Marsha lova melakukannya secara terus-menerus membuat kegiatan tersebut berdampak buruk untuk kesehatan kita. Tidak hanya kesehatan fisik saja melainkan juga mengancam kesehatan mental.

Terlebih lagi, bagi Marshalova yang memainkan ponsel sambil tiduran sebelum tidur. Untuk mempermudah Marshalova mengetahui apa saja dampak buruk dari kegiatan tersebut, langsung saja simak seperti berikut ini penjelasan lengkapnya.

Insomnia

Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran

Untuk bahaya main handphone yang pertama dapat menyebabkan insomnia. Ketika menampilkan gambar, nantinya layar HP akan memancarkan sinar blue Light. Senyawa tersebut mempunyai fungsi guna menampilkan warna-warna yang berbeda. Sinar tersebut memang tidak menimbulkan pengaruh yang buruk untuk mata. Tetapi berpengaruh buruk untuk kerja otak.

Lebih tepatnya sinar tersebut dapat menekan produksi hormon melatonin yang terdapat pada otak. Sedangkan hormon itu sendiri merupakan hormon yang bisa mengatur siklus hidup seseorang. Apabila hormon tersebut ditekan secara terus-menerus maka orang tersebut akan kesulitan untuk tidur. Hal inilah yang menjadi penyebab insomnia ketika malam hari. Padahal tidur yang cukup akan membuat badan sehat. Tidak cukup waktu tidur maka produktivitas ketika siang hari juga akan terganggu. Insomnia itu sendiri juga merupakan penyebab kenapa seseorang itu merasa lelah.

Buta Sementara

Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran

Bukan hanya itu saja, tetapi kebutaan sementara juga merupakan dampak buruk main HP sambil rebahan. Dalam sebuah jurnal yang berjudul transient smartphone blindness dokter ahli saraf yang berada di National Hospital of neurology yakni Gordon plant. Ia melakukan studi kepada dua wanita secara tiba-tiba yang mengalami transit monocular visual loss, atau lebih tepatnya adalah kebutaan sementara.

Wanita tersebut mengaku hanya bisa menggunakan satu mata untuk melihat. Satu mata lainnya tidak bisa melihat objek dengan jelas. Ternyata kebutaan tersebut merupakan dampak dari kebiasaan mereka menggunakan ponsel sambil berbaring pada ruangan yang gelap. Dokter tersebut juga menjelaskan bahwa orang yang menggunakan ponsel sambil rebahan akan menyebabkan 1 mata tertutup. Jadi kamu harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan HP.

Baca Juga: Rekomendasi Kado Pernikahan untuk Teman Paling Berkesan

Cemas

Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran

Selanjutnya yang merupakan bahaya main handphone sambil tiduran adalah, gangguan kecemasan. Terlebih lagi menggunakan ponsel tersebut untuk membuka media sosial. Melihat ada beberapa unggahan yang membuat kamu itu sedih dan kesal. Mungkin dampaknya juga tidak seberapa tetapi merasa kesal dan sedih sebelum tidur itu merupakan sesuatu hal yang tidak dianjurkan.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat membuat gangguan kecemasan serta emosional. Terkadang secara tidak sadar pula, emosi negatif juga bisa berujung pada kesulitan untuk Marsha Lova tidur. Selain itu otak juga akan terus dipaksa aktif. Maknanya waktu istirahat otak juga semakin berkurang bukan?

Risiko Terhadap Kanker dan Tumor Otak

Bahaya Main Handphone Sambil Tiduran

Hal penting yang harus kamu ketahui adalah, memainkan ponsel sambil tiduran juga berisiko terkena kanker dan tumor otak. Ketika Marsha lupa bermain HP sambil tiduran itu sebenarnya mengenai pencahayaan hanya minum sekali. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko terkena kanker mata dan tumor otak. Hal ini juga disebabkan oleh adanya radiasi yang dipancarkan smartphone tersebut memberikan pengaruh terhadap terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar.

Untuk itu, setelah mengetahui beberapa bahaya main handphone sambil tiduran tersebut, Mari berperilaku bijak terhadap penggunaan ponsel dalam kehidupan sehari-hari. Di samping ponsel dapat mempermudah kita melakukan komunikasi dan yang lainnya, harapannya ponsel tersebut tidak memberikan kita kerugian.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.