Battle Exfoliating Serum Terbaik: Implora vs Somethinc vs Elformula, Mana yang Paling Bagus?
Skincare

Battle Exfoliating Serum Terbaik: Implora vs Somethinc vs Elformula, Mana yang Paling Bagus?

Kulit yang kusam, berkomedo, atau berjerawat bisa banget diperbaiki dan disembuhkan dengan cara eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengikisan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori untuk mempercepat regenerasi kulit. Ada dua jenis eksfoliasi, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Jika physical exfoliation dilakukan dengan menggunakan facial scrub, maka chemical exfoliation dilakukan dengan bahan-bahan kimia aktif yang terkandung dalam sebuah produk seperti toner atau serum. Belakangan ini ada 3 exfoliating serum yang viral, yaitu Implora Peeling Serum, Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution, dan Elformula Intensive Peeling Solution. Bagaimana kalau 3 produk itu diadu? Mana yang paling bagus? Langsung saja yuk, simak battle 3 exfoliating serum lokal menurut beauty vlogger Jemima Livia berikut ini. Check this out!

Persamaan Exfoliating Serum: Implora VS Somethinc VS Elformula

Persamaan yang dimiliki ketiga exfoliating serum lokal ini adalah sama-sama memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA dengan konsentrasi yang berbeda-beda.

Kandungan AHA pada Implora Peeling Serum berasal dari Glycolic Acid dan Lactic Acid dengan total kadar AHA 3%. Glycolic Acid dan Lactic Acid memiliki fungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, memudarkan noda hitam dan bekas jerawat, menghaluskan tekstur kulit, dan mengencangkan kulit. Kemudian, kandungan BHA pada Implora Peeling Serum berasal dari Silanediol Salicylate yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori, mengatasi jerawat, dan mengontrol produksi minyak di wajah dengan total kadar BHA 2%. Sedangkan, kandungan PHA diambil dari Succinic Acid yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat sel-sel kulit mati, dan memberikan efek anti radang dengan total kadar PHA 3%.

Lanjut ke Somethinc Peeling Solution, kandungan AHA-nya sama-sama berasal dari Glycolic Acid dan Lactic Acid dengan total kadar AHA 3%. Berbeda dari Implora Peeling Serum yang mengandung BHA 2%, serum dari Somethinc ini mengandung BHA 1% yang berasal dari Salicylic Acid yang berfungsi untuk membersihkan blackheads maupun whiteheads. Sedangkan, kandungan PHA diambil dari Lactobionic Acid dengan kadar total PHA 2% yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih gentle, memperbaiki skin barrier, dan melembapkan klulit.

Berbeda dari dua exfoliating serum sebelumnya yang mengandung AHA yang berasal dari Glycolic Acid dan Lactic Acid, Elformula Intensive Peeling Solution hanya mengandung AHA yang berasal dari Glycolic Acid saja dengan kadar yang paling tinggi, yaitu AHA 8%. Kemudian, kandungan BHA-nya juga berasal dari Salicylic Acid dengan kadar yang paling rendah di antara dua serum lainnya, yaitu BHA 0,45%. Untuk kandungan PHA-nya berasal dari Gluconolactone yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, anti aging, mengurangi kerutan di wajah, dan memperbaiki skin barrier. Kadar total PHA di dalamnya adalah sebesar 1%.

Baca Juga: Battle Sunscreen Viral Azarine vs Carasun

Perbedaan Exfoliating Serum: Implora VS Somethinc VS Elformula

Selain mengetahui persamaan yang dimiliki oleh ketiga exfoliating serum tersebut, ada pula beberapa perbedaan yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli exfoliating serum:

Implora Peeling Serum

Tekstur:Tidak terlalu kental ataupun cair. 

Warna: Merah keunguan.

Kelebihan: Serum ini tidak mengandung alkohol dan parfum, sehingga aman untuk semua jenis kulit terutama kulit sensitif.

Komposisi Pendukung:Serum ini mengandung Licorice Extract yang dapat mencerahkan kulit serta memudahkan bekas jerawat. Selain itu, ada Niacinamide yang bisa mencerahkan kulit, mengontrol produksi sebum, dan mengatasi jerawat. Ada pula Aloe Vera yang dapat menenangkan serta melembapkan kulit.

Kekurangan:Mengandung paraben.

Cara Pakai: Perlu didiamkan maksimal selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Rasa Saat Dipakai:Memberikan efek tingling atau cekat-cekit, tapi hilang setelah dibilas.

Cocok untuk Jenis Kulit:Semua jenis kulit dengan kondisi sensitif, berjerawat, atau kemerahan, kecuali untuk kulit yang alergi terhadap paraben.

Harga dan Ukuran:Rp35.000/ 20 ml.

Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

Tekstur:Paling cair dibandingkan dengan dua serum yang lain.

Warna:Merah terang.

Kelebihan:Serum ini tidak mengandung alkohol dan parfum, sehingga aman untuk semua jenis kulit terutama kulit sensitif. Serum ini juga tidak mengandung paraben atau bahan berbahaya lainnya. Selain itu, hanya serum dari Somethinc saja yang fungal acne safe.

Komposisi pendukung:Serum ini mengandung Niacinamide yang dapat mencerahkan kulit, Panthenol yang dapat menenangkan dan menyejukkan kulit, Hyaluronic Acid yang dapat melembapkan kulit, serta beberapa ekstrak tanaman yang berperan sebagai antioksidan dan dapat meredakan peradangan.

Cara Pakai:Perlu didiamkan maksimal selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Rasa Saat Dipakai:Memberikan efek tingling atau cekat-cekit, tapi hilang setelah dibilas.

Cocok untuk Jenis Kulit:Semua jenis kulit dan semua kondisi kulit.

Harga dan Ukuran:Rp115.000 / 20ml.

Elformula Intensive Peeling Solution



Tekstur:Paling kental dibandingkan dengan dua serum yang lain.

Warna: Merah pekat atau marun.

Kelebihan:Memberikan efek eksfoliasi yang lebih gentle karena memiliki komposisi pendukung yang dapat menenangkan peradangan, melembapkan, dan memperbaiki tekstur kulit.

Komposisi Pendukung:Serum ini mengandung BSASM, yaitu gabungan dari 7 komposisi yang terdiri dari Centella Asiatica Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Licorice Extract, Tea Tree Extract, Chamomile Extract, dan Rosemary Extract yang dapat menyejukkan kulit, meredakan peradangan, mengurangi iritasi, dan melembapkan. 

Kekurangan:Masih mengandung alkohol dan fragrance sehingga jangkauan penggunaannya tidak luas alias tidak bisa untuk semua jenis kulit. Bagi kamu yang punya riwayat iritasi atau sensitif terhadap kandungan alkohol dan fragrance, sebaiknya lebih berhati-hati dan mempertimbangkan untuk menggunakan serum ini.

Cara Pakai:Hanya perlu didiamkan maksimal selama 1 menit saja, kemudian bilas hingga bersih.

Rasa Saat Dipakai:Memberikan efek tingling atau cekat-cekit yang paling lama dibandingkan dua serum lainnya karena konsentrasi AHA yang paling tinggi.

Cocok untuk Jenis Kulit: Semua jenis kulit kecuali tipe kulit yang sangat kering, semua kondisi kulit kecuali yang alergi terhadap parfum, dan tidak cocok untuk kulit pemula.

Harga dan Ukuran: Rp120.000 / 30gr.

Nah, itu dia battle exfoliating serum atau peeling serum lokal dari Implora, Somethinc, dan Elformula. Dari ketiga serum tersebut, mana nih yang jadi jagoanmu? Pilih yang paling sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu ya, supaya bisa memberikan hasil yang maksimal!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.