Beberapa Faktor yang Menjadi Penyebab Kulit Kering Kusam dan Hitam, Sudah Tahukah Kamu?
Skincare

Beberapa Faktor yang Menjadi Penyebab Kulit Kering Kusam dan Hitam, Sudah Tahukah Kamu?

Penyebab kulit kering kusam dan hitam sangat beragam. Tentunya Marshalova tidak ingin hal tersebut terjadi. Dengan demikian, kamu bisa mengenali apa yang menjadi penyebab kulit kamu tidak sehat.

Terlebih bagian kulit kering kusam dan hitam tersebut terjadi pada wajah. Maka kepercayaan diri kamu akan berkurang. Umumnya masalah kulit tersebut bisa terjadi pada perempuan ataupun laki-laki.

Biasanya dikaitkan dengan sejumlah faktor. Antara lain seperti penuaan, polusi, serta stres. Untuk itu, berikut ini beberapa faktor penyebab kulit kering kusam dan hitam.

Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering Kusam dan Hitam

Dengan kamu mengetahui penyebabnya, maka kamu dapat mencegah serta menguranginya dengan melakukan hal yang bisa memulihkan keadaan kulit kamu. Berikut ini faktor yang mengakibatkan kulit menjadi kering kusam dan hitam diantaranya.

Baca juga:Sesimpel Ini Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Lingkungan Sekitar

Atmosfer serta udara merupakan tempat kamu pijak untuk sehari-harinya. Hal tersebut bukan saja memiliki pengaruh pada paru-paru saat kamu menghirupnya. Melainkan juga bisa berpengaruh pada kulit apabila menempel.

Ketika udara sudah tercemar, maka memiliki kandungan banyak partikel kecil yaitu kotoran. Sehingga bisa menyebabkan kulit kamu mempunyai tekstur kusam dan tidak rata. Partikel tersebut yang bisa membuat kulit terlihat menjadi suram serta mengakibatkan kulit kamu mempunyai kerutan banyak.

Maka dari itu, kamu perlu mencuci wajah, sehingga kotoran yang telah terkumpul ketika malam hari. Atau bisa juga menggunakan tisu pembersih wajah sebelum tidur.

Stres

Untuk penyebab kulit kering kusam dan hitam selanjutnya yaitu stres. Saat kamu sedang stres bisa membuat kamu mengalami banyak masalah. Pasalnya stres bisa diekspresikan dalam beragam bentuk pada tubuh kita. Salah satunya yaitu memperoleh masalah pada kulit.

Sehingga kamu perlu mengurangi stres dan juga istirahat yang cukup. Agar kulit kamu menjadi lebih terjaga serta bisa juga kamu mencoba pijat wajah. Dalam hal ini bisa merangsang aliran darah dan juga akan memberikan kulit yang lebih bercahaya juga terjaga.

Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, penuaan juga bisa menjadi salah satu faktor kulit kamu menjadi kering kusam dan hitam. Hal tersebut dikarenakan kulit akan mengalami perubahan. Adanya tingkat pergantian sel yang lambat serta terdapat pula penurunan sintesis kolagen. Dalam artian, kulit akan mengalami kehilangan elastisitas dan juga semangat kulit. Sehingga bisa mengakibatkan adanya garis-garis halus dan kusam.

Memakai Produk yang Salah

Sama seperti melakukan eksfoliasi terhadap wajah, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu jenis skincare wajah yang akan kamu gunakan apakah sudah sesuai dengan jenis kulit. Apabila jenis kulit kering maka, disarankan kamu untuk menghindari kandungan penyerap minyak atau mattifying ketika memperoleh perawatan pada kulit.

Kekeringan Kulit

Kekeringan pada kulit bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering kusam dan hitam. Pasalnya, kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban. Maka hal tersebut bisa mengakibatkan hilangnya cahaya serta kekenyalan kulit.

Kulit yang kering bisa juga diakibatkan karena adanya suhu yang turun, tidak cukup dalam melembabkan, atau terdapat keadaan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Baca juga:Exfoliating Toner untuk Pemula Simak 5 Tips Mudah Memilihnya

Sel Mati yang Menumpuk

Adanya tingkat pergantian sel yang menjadi lebih lambat, maka sel-sel mati lebih tepat berada di atas epidermis dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hal tersebut bisa mengakibatkan adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Untuk itu, bisa menghilangkan cahaya alami kulit serta membuat kamu menjadi lebih kusam serta tidak bercahaya.

Itulah beberapa penyebab kulit kering kusam dan hitam yang perlu kamu perhatikan. Pastikan selalu menggunakan skincare sesuai jenis kulit. Tak ketinggalan juga melakukan treatment pada kulit agar kulit tetap kenyal, bercahaya, dan lembab.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.