Bekas Luka yang Menghitam Apakah Bisa Hilang? Simak 7 Tips Agar Pudar Lebih Cepat
Body

Bekas Luka yang Menghitam Apakah Bisa Hilang? Simak 7 Tips Agar Pudar Lebih Cepat

Kamu pernah terjatuh lalu bekasnya belum pudar hingga sekarang. Jangan khawatir, terkadang koreng bisa sembuh namun membutuhkan waktu yang lama. Namun bekas luka yang menghitam apakah bisa hilang?

Koreng adalah jaringan kulit akan regenerasi. Biasanya yang menghitam itu justru luka yang berangsur sembuh. Lalu luka yang hitam tersebut akan memberikan tempat untuk kulit baru. Bekas luka ini biasa disebut hiperpigmentasi.

Baca juga :Intip Beberapa Gaya Outfit Olivia Rodrigo untuk diikuti, Bikin Penampilanmu Makin Kece!

Penasaran, Bekas Luka yang Menghitam Apakah Bisa Hilang?

Pembentukan koreng adalah tahap proses penyembuhan luka. Bekas ini akan bisa pudar pelan-pelan seiring berjalannya waktu. Tanpa perawatan sekalipun, koreng dapat hilang dengan sendirinya meski membutuhkan waktu lama, tergantung pada tingkat keparahannya

Namun pasti kamu akan risih jika ada bekas luka di area tubuh, apalagi di bagian tubuh yang mudah orang tahu. Ada beberapa cara agar bekas luka mu lekas pulih:

Jangan Dikelupas Sendiri

terkadang bekas luka memang gatal dan tangan kita tidak tahan untuk menggaruk bahkan mengupas bekas luka yang hitam. Apabila kamu mengupasnya justru bisa menimbulkan kemerahan yang berakhir luka kembali.

Kompres Pakai Air Dingin atau Hangat

Kompres bekas luka pakai air hangat agar meningkatkan aliran darah supaya pasokan oksigen pun turun bertambah. Saldo oksigen yang cukup, nantinya mampu merangsang sel-sel di sekitar luka. Hal ini akan membantu regenerasi kulit lebih cepat. Kompres air dingin tujuannya agar meredakan peradangan dan nyeri di sekitar luka.

Gunakan Perban atau Plester

Perban dan plester  adalah perpaduan yang pas untuk menyembuhkan luka. Pakailah perban atau plester karena bisa menyebabkan rasa sakit saat sudah waktunya untuk melepasnya. Setelah koreng terbentuk, kamu justru perlu menutupinya jika robek, merembes, atau berdarah.

Gunakan Neosporin

Neosporin yaitu salep penghilang bekas luka, yang memiliki kandungan antibiotik di dalamnya. Antibiotik penting untuk mencegah munculnya bakteri. Obat salep favorit ini bisa membantu menyembuhkan bekas koreng.

Penggunaannya dapat menyebabkan ruam yang sangat gatal dan mengeluarkan cairan sehingga Marshalova harus mencobanya sedikit terlebih dahulu.

Gunakan Vitamin E

Penyebab bekas luka menghitam yaitu hiperpigmentasi pasca inflamasi. Konsumsi vitamin E agar mempercepat  penyembuhan luka, menghilangkan koreng (bekas luka) dan memperbaiki bekas luka. Kamu juga bisa membeli salep yang mengandung vitamin E.

Konsumsi Makanan Bergizi

Kamu yang baru saja operasi bedah bisa mengkonsumsi setidaknya 2.000 mg vitamin C. Selain itu cara inipun diyakini bisa  menghilangkan bekas koreng. Selalu konsumsi makanan bergizi yang kaya akan protein, selenium, zinc, vitamin A, dan vitamin C. Daftar makanan dibawah ini kisa kamu jadikan referensi:

- Telur rebus yang mengandung zinc dan protein tinggi

- Ikan salmon dengan kandungan asam lemak omega-3 untuk membantu meningkatkan respon imun

- Daging jeroan untuk membantu proses produksi sel jaringan ikat di kulit

- Kerang juga dapat membantu mengeringkan luka karena mengandung zinc

- Daging unggas memiliki kandungan asam amino glutamin dan arginin yang membantu perlindungan sel kulit

- Sayuran hijau memang makanan terbaik untuk kulit, karena mengandung antioksidan tinggi serta vitamin C

Menghilangkan dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam bisa dengan bahan alami, diyakini mampu membantu dan akhirnya lama-kelamaan hilang. Kamu bisa menggunakan kunyit, mentimun, teh hijau, minyak kelapa, lidah buaya, bubuk kayu manis, bawang putih, madu. Oleskan saja bahan alami tersebut ke luka yang menghitam (koreng). cara menghilangkan bekas luka yang menghitam

Baca juga :Apakah Lulur Bisa Menghilangkan Bekas Luka? Kenali Dulu dari Kandungan Bahannya

Demikian uraian mengenai bekas luka yang menghitam apakah bisa hilang? Jawabannya iya, seiring berjalannya waktu tanpa perawatan. Apabila kamu menerapkan tips diatas, maka akan cepat terbantu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.